Media Vietnam Analisis Lemparan Pratama Arhan, Sarankan Tim ASEAN Waspada

"Lemparan ala Rory Delap itu dianggap wajib dimiliki pemain Vietnam."

Analisis | 16 May 2023, 14:05
Media Vietnam Analisis Lemparan Pratama Arhan, Sarankan Tim ASEAN Waspada

Libero.id - Dua lemparan Pratama Arhan yang memporak-porandakan pertahanan timnas Vietnam U-22 benar-benar berkesan untuk komunitas sepakbola Vietnam. Buktinya, sebuah media di Vietnam secara khusus membahas teknik lemparan ala Rory Delap itu. Mereka menyarankan timnas Vietnam dan negara ASEAN lain menirunya.

Pratama Arhan tidak akan bermain di final SEA Games 2023 karena mendapatkan kartu merah saat semifinal melawan The Golden Star.

Tapi, kemampuan pemain Tokyo Verdy dalam menghasilkan throw-in ternyata membuat Vietnam kagum. Media Vietnam, Zingnews, merasa kemampuan Pratama Arhan sangat langka dan harus dimiliki pemain The Golden Star. Sebab, throw-in bisa jadi salah satu opsi jika serangan konvensional buntu.

"Selain dua gol dalam laga melawan Vietnam di semifinal, Indonesia juga mencetak gol ke gawang Filipina dari lemparan Pratama Arhan di fase grup. Bahkan, pertahanan tinggi Filipina kesulitan dengan trik ini," tulis Zingnews.

Kemampuan lemparan Pratama Arhan yang sudah teruji  tak bisa diremehkan. Apakagi ditambah dengan kecakapan para pemain Indonesia dalam memanfaatkan kemelut di area penalti lawan. Zingnews meminta negara-negara pesaing yang ada di kawasan Asia Tenggara harus berhati-hati jika kelak bertemu Indonesia.

"Pratama Arhan memang berhak menyesal tidak bisa main di final SEA Games 2023. Tapi, penampilannya sejak awal turnamen membawa banyak harapan," lanjut Zingnews.

Pada Januari 2023, Pratama Arhan mendapat penghargaan dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) sebagai salah satu dari 11 talenta muda Asia yang layak ditonton untuk 2023. Dia dianggap setara dengan Zidane Iqbal dari Irak, yang sekarang bermain di Manchester United U-23.

"Sepakbola Asia tidak kekurangan talenta muda di posisi bek kiri dan Pratama Arhan dari Indonesia adalah contoh pemain muda yang menjanjikan di posisi ini. Dengan lebih dari 20 caps untuk timnas, baru berusia 21 tahun dan terpilih sebagai Pemain Muda Terbaik di Piala AFF 2020, Pratama Arhan tidak diragukan lagi adalah salah satu talenta paling menarik di sepakbola Indonesia saat ini," tulis AFC seperti dilansir Zingnews.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network