Kalahkan Thailand 5-2, Medali Emas SEA Games Mudik ke Indonesia Setelah 32 Tahun

"Terima kasih Garuda Muda! Pertandingan yang keras."

Viral | 16 May 2023, 22:23
Kalahkan Thailand 5-2, Medali Emas SEA Games Mudik ke Indonesia Setelah 32 Tahun

Libero.id - Selamat! Puasa panjang medali emas SEA Games berakhir. Momen bersejarah itu terjadi ketika timnas Indonesia U-22 mengalahkan timnas Thailand U-22 pada pertandingan final SEA Games 2023. Skor akhirnya, 5-2! 

Timnas U-22 asuhan Indra Sjafri berhadapan dengan Thailand di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) pukul 19.30 WIB, dengan satu tujuan mengakhiri puasa medali emas SEA Games selama 32 tahun.

Untuk meresalisasikan misi itu, Indra Sjafri menurunkan skuad terbaiknya di starting lin-up, meski tidak ada Pratama Arhan yang mendapat kartu merah di semifinal. Gantimnya, Haykal Alhafiz bermain sebagai fullback kiri dalam skema favorit Indra Sjafri, 4-2-3-1.

Dengan formasi seperti itu, Ramadhan Sananta menjadi penyerang tunggal dengan sokongan Fajar Fathur Rahman, Marselino Ferdinan, dan Witan Sulaeman. Kemudian, dua gelandang tengah penyeimbang ditempati Alfeandra Dewangga dan Taufany Muslihuddin.

Di belakang, selain Haykal Alhafiz di kiri, tiga bek lagi menjadi milik Rizky Ridho Ramadhani, Komang Teguh Trisnanda, dan Bagas Kaffa. Sementara Ernando Ari Sutaryadi di bawah mistar gawang.

Hasilnya, Ramadhan Sananta membuat Indonesia unggul di babak pertama. Gol tandukan keren yang memanfaatkan lemparan Alfreandra Dewangga. Prosesnya mirip dengan gol Komang Teguh Trisnanda ke gawang Vietnam berdasarkan lemparan Pratama Arhan.

Kemudian, di penghujung babak pertama, Ramadhan Sananta memanfaatkan kesalahan koordinasi barisan belakang Thailand untuk mencetak gol kedua. Thailand sempat memperkecil skor dua kali. Skor 2-2 tercipta di injury tima babak kedua.

Lalu, Irfan Jauhari membuat Indonesia unggul di awal babak perpanjangan waktu sebelum Fajar Fathur Rahman dan Beckham Putra Nugraha membuat Indonesia menang 5-2.

Dengan hasil ini, Indonesia mengulang sukses generasi medali emas SEA Games 1991. Saat itu, kemenangan juga didaptkan atas Thailand. Selamat!

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network