Termasuk Witan Sulaeman, Analisis 4 Pemain yang Bakal Dicoret Shin Tae-yong untuk Piala Asia 2023

"Setuju atau tidak nih lur?"

Analisis | 28 June 2023, 08:13
Termasuk Witan Sulaeman, Analisis 4 Pemain yang Bakal Dicoret Shin Tae-yong untuk Piala Asia 2023

Libero.id - FIFA Matchday Juni 2023 ini bisa menjadi ajang untuk para pemain selangkah lebih pasti mengamankan tempat di skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023.

Di lain sisi Shin Tae-yong juga agaknya perlu mengevaluasi sejumlah nama pemain yang dipanggil di laga Indonesia vs Palestina danIndonesia vs Argentina beberapa waktu yang lalu itu.

Bagaimanapun juga Skuad Garuda butuh pemain-pemain terbaik yang tepat untuk mengisi masing-masing pos yang dibutuhkan.

Lalu dari 26 pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong itu siapakah pemain yang berpotensi dicoret oleh Shin Tae-yong jika dilihat dari performa mereka yang sudah-sudah, terutama di dua laga FIFA Matchday Juni 2023 lalu.

4. Edo Febriansyah - Persib Bandung

Mantan pemain Rans Nusantara FC ini memang mendapat kesempatan bermain. Edo Febriansyah masuk menggantikan Pratama Arhan di akhir babak kedua pada laga Indonesia vs Palestina.

Posisi pemain berusia 25 tahun itu sebagai bek sayap terancam sebab ada nama Yakob Sayuri, Shayne Pattynama hingga Sandy Walsh. Melihat kebutuhan akan tipikal pemain yang lebih mobile maka kemampuan Edo Febriansyah sepertinya belum bisa menjadi daya tawar kuat.

3. Fachrudin Aryanto - Madura United

Bek kawakan ini mulai jarang dimainkan oleh Shin Tae-yong. Termasuk dalam dua laga FIFA Matchday Juni 2023 lalu.

Solidnya pemain-pemain muda seperti Rizky Ridho Ramdhani dan Elkan Baggott, belum lagi ketambahan pemain-pemain naturalisasi dan faktor penurunan performa karena mengalami cedera di liga 1 musim lalu membuat nama Fachrudin Aryanto pelan-pelan tersingkir.

Status pemain Madura United berusia 34 itu sebagai kapten tim juga sudah mulai diambil alih oleh Asnawi Mangkualam.

2. Andy Setyo - Persikabo 1973

Berposisi sebagai bek tengah, Andy Setyo yang sudah lama tidak dipanggil Timnas Indonesia langsung dihadapkan pada persaingan ketat di lini belakang.

Nama-nama seperti Elkan Baggott, Rizky Ridho Ramdhani, Jordi Amat, dan lainnya membuat kehadiran Andy Setyo hampir tak berarti apa-apa.

1. Witan Sulaeman - Persija Jakarta

Di laga FIFA Matchday kali ini, Witan Sulaeman sebenarnya masih diberi kesempatan oleh Shin Tae-yong. Tentu juru taktik asal Korea Selatan itu punya penilaian dan maksud tersendiri mengapa tetap memainkan punggawa Persija Jakarta itu meski akhir-akhir ini penampilannya menurun hingga jadi bulan-bulanan netizen Indonesia.

Dengan banyaknya kesempatan yang diberikan untuk eks Lechia Gdansk dan FK Senica itu dan tak menunjukkan progres yang berarti sepertinya Shin Tae-yong mulai berpikir serius untuk mengistirahatkan Witan Sulaeman lebih dulu.

Masih banyak stok gelandang yang bisa menggantikan posisi Witan Sulaeman sekalipun sebagai pemain pelapis. Sebut saja Rachmat Irianto, Stefano Lilipaly, Ricky Kambuaya, dan lainnya.

Bagaimanapun juga level Piala Asia 2023 tak sama seperti Piala AFF 2022 dan SEA Games 2023.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 100%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan


Daun Media Network