Perbaiki Sepakbola Indonesia, Pelatihan VAR Tahap Pertama Selesai: Diikuti 42 Wasit

"Semoga makin bagus kualitas wasit Indonesia ?"

Berita | 07 July 2023, 14:06
Perbaiki Sepakbola Indonesia, Pelatihan VAR Tahap Pertama Selesai: Diikuti 42 Wasit

Libero.id - Pelatihan Video Assistant Referee (VAR) tahap pertama telah rampung hari ini, Jumat (7/7/2023). Sebanyak 42 wasit telah menjalani sesi pelatihan tersebut sejak Rabu (5/7/2023).

Namun pelatihan belum sepenuhnya kelar para wasit tersebut terus digodok hingga enam bulan kedepan.

42 wasit tersebut terdiri dari 18 wasit Liga 1 dan 24 sisanya untuk Liga 2. Tahapan pelatihan VAR ini nanti ada juga berupa referee asessor.

Terakhir nantinya mereka akan dinilai oleh FIFA langsung sebelum resmi diterjunkan menggunakan VAR. Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Ratu Tisha.

"Pelatihan ini jangka waktunya sampai enam bulan bisa. Ini adalah yang pertama, di sini akan ada dua acara yaitu pelatihan untuk VAR Training dan pelatihan untuk referee assesor. Jadi ini ada dua acara yang berbeda. Dan pelatihan itu baik untuk referee assesor maupun var training akan dilakukan berkesinambungan dalam jangka waktu satu semester ke depan," ujar Ratu kepada awak media.

"Kita akan menunggu penilaian dari FIFA-nya, karena kan langsung datang dari FIFA var educator untuk mereka menentukan nanti berapa tahap training yang dibutuhkan sampai dengan satu semenster ke depan," lanjutnya kemudian.

Adapun pelatihan-pelatihan tersebut berupa VAR Protokol Basics, Var New Way to Decide, VAR Line, Intervention Challenges, Intervention Hand Ball, hingga Intervention Fouls. 

Pelatihan ini tidak lepas dari tugas para wasit dalam menggunakan VAR di lapangan nanti.

Terlepas dari itu, para wasit-wasit ini merupakan hasil seleksi dari kerja sama dengan Jepang. Menarik untuk melihat kinerja para wasit-wasit tersebut menggunakan VAR nantinya. 

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network