Kisah Sihir Memukau Rivaldo dari Kaki Bengkok karena Kemiskinan

"Kritik pada Rivaldo tak jauh-jauh dari keras kepalanya. Dia dianggap tak mau mendengar perkataan pelatih, terutama untuk hal penempatan posisi."

Biografi | 19 February 2021, 04:52
Kisah Sihir Memukau Rivaldo dari Kaki Bengkok karena Kemiskinan

Libero.id - Pemain kidal yang memiliki nama lengkap Rivaldo Vitor Borba Ferreira ini merupakan salah satu pemain terbaik pada masanya. Rivaldo dibesarkan di daerah kumuh Recife, Pernambucano, Brasil, hingga populer sebagai pesepak bola.

Di waktu kecil, Rivaldo punya kehidupan sulit. Dia mengalami kaki bengkok dan kehilangan beberapa gigi karena hidup dalam kemiskinan. Dia kemudian mengalami kesulitan lebih lanjut ketika ayahnya ditabrak dan terbunuh. Rivaldo baru berusia 15 tahun saat itu.

Dalam kasus Rivaldo, kisah rags to riches adalah narasi global yang dalam sepak bola sering dijual sebagai kisah romantis murahan. Tapi, kenyataannya seringkali jauh berbeda. Film Fernando Meirelles pada 2002, yakni City of God adalah penggambaran yang jauh lebih realistis.

Tumbuh di favela (sebutan untuk daerah kumuh) berarti tumbuh di bagian kota yang secara historis diabaikan oleh pemerintah. Dan, di sanalah Rivaldo tumbuh. Dampak psikologis dari kondisi seperti itu merupakan faktor yang cukup besar, dan sayangnya inilah yang diabaikan ketika komentator menganalisis mengapa misalnya Rivaldo dan Louis van Gaal tidak cocok.

Stres emosional pada dasarnya membentuk bagaimana orang merasa, berperilaku, dan memandang dunia. Dibesarkan dalam masyarakat yang penuh kekerasan dan agresi, stres ada di mana-mana tanpa henti, dan hasilnya adalah kewaspadaan berlebihan yang tidak berhenti. Jadi, wajar bila Rivaldo agak sedikit bengal dan keras kepala.

Ketika Anda tinggal di favela dan secara aktif mengalami kemiskinan ekstrem setiap hari, dan Anda kehilangan ayah di usia muda dan dianggap terlalu lemah untuk berhasil. Jika seseorang hidup dengan cara seperti itu, mereka cenderung menerima respons emosional yang kuat saat merasa terancam.

Jadi, ketika Louis van Gaal kembali ke Barcelona pada 2002, Rivaldo rela memutuskan kontraknya dengan harapan menghindari kerja sama dengan pelatih asal Belanda itu. Keputusan Rivaldo sangat disayangkan saat itu, karena berstatus pemenang Piala Dunia bersama Brasil, mencetak lima gol, dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen.

Itu cerita yang sama 18 bulan kemudian ketika dia bentrok dengan tokoh otoritas di AC Milan. Ketika kontraknya dihentikan hanya beberapa bulan setelah dia mencetak gol dalam kemenangan final Coppa Italia atas Roma, dia menggambarkan pengalaman itu sebagai "memalukan."

Rivaldo dan Timnas Brasil

Kritik pada Rivaldo tak jauh-jauh dari keras kepalanya. Dia dianggap tak mau mendengar perkataan pelatih, terutama untuk hal penempatan posisi. “Dia hanya memainkan satu pertandingan yang sangat bagus untuk Brasil,” kata mantan pelatih Brasil yang memenangi Piala Dunia, Carlos Alberto Parreira pada November 2000. “Pertandingan persahabatan melawan Argentina ketika dia mencetak tiga gol indah. Dia menjadi masalah terbesar tim. Terbukti, sangat sulit untuk menemukan posisi yang bisa membuatnya efektif.”

Bahkan, koresponden sepak bola Amerika Selatan untuk BBC melontarkan kritik. “Brasil kehabisan kesabaran. Rivaldo telah menjadi pemain timnas selama tujuh tahun tanpa banyak melakukan pertunjukan,” paparnya.

Dia hanya memainkan satu pertandingan yang sangat bagus untuk Brasil? Pemain timnas selama tujuh tahun, tanpa banyak pertunjukan?

Ketika komentar-komentar ini dibuat, Rivaldo telah mencapai hal-hal berikut di panggung internasional: 26 gol dalam 49 pertandingan, pemenang Piala Konfederasi 1997, pemenang Copa America 1999, runner-up Piala Dunia 1998, tim Piala Dunia FIFA All-Star 1998 , dan Copa America Golden Boot & Player of the Tournament 1999.

Tidak mengherankan, dalam waktu setahun setelah Parreira ditunjuk sebagai pelatih Brasil untuk ketiga kalinya pada 2003, Rivaldo pensiun dari timnas.

Orang-orang Brasil yang religius akan berterima kasih kepada Tuhan, karena Parreira menolak tawaran untuk melatih Brasil menjelang Piala Dunia 2002 karena jika dia mengambilnya, kita tidak akan melihat penampilan Rivaldo yang luar biasa seperti yang kita saksikan musim panas itu. Kita mungkin tidak akan melihatnya sama sekali.

Sebagai gantinya, kita diberkati dengan Phil Scolari yang menjadikan Rivaldo sebagai pusat kreativitas tim di Piala Dunia dengan lima golnya. “Saya selalu mengutamakan skuad,” kata Scolari kepada France Football pada 2002. “Tapi, kesuksesan sebuah skuad hanya mungkin jika pemain hebat membantunya.”

“Itu adalah kasus Rivaldo. Bagi saya dia adalah pemain terbaik di Piala Dunia. Secara taktis dan juga dalam tembakannya, dia sangat kuat. Saya tidak menyebutkan kerangka berpikir barunya,” tutur Scolari.

Rivaldo dan Sikap Politiknya

Di favela, seperti tempat Rivaldo dibesarkan, keterlibatan pemerintah sangat jarang. Setiap kritik dan umpan balik yang disarankan dari orang-orangnya hanya berakhir pengabaian.

Ketika masyarakat menyadari bahwa itulah yang terjadi, mereka meningkatkan kritik mereka dan mereka bersuara.
Pada 2013, menjelang Piala Dunia 2014, yang diselenggarakan oleh Brasil - dan dengan Rio Janeiro menjadi tuan rumah Olimpiade dua tahun kemudian - tiba-tiba saja pemerintah ingin membantu favela ini.

“Pihak berwenang bahkan tidak akan memasuki komunitas kami di masa lalu dan tidak disebutkan pemindahan kami, tetapi kemudian Brasil memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia dan segalanya berubah,” timpalnya.

Alih-alih belajar dari ini, pemerintah Brasil, seperti pemerintah di seluruh dunia, ingin memperkenalkan proyek pembangunan. Itu berarti penggusuran atau pemindahan komunitas sosial. Rivaldo adalah produk dari lingkungan ini dalam kurun 25 tahun sebelum harapan palsu dan janji untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia dan Olimpiade diberikan.

Karena itu, tidak mengherankan bahwa tahun lalu Rivaldo secara terbuka mendukung kampanye presiden dari politisi sayap kanan Jair Bolsonaro, meskipun banyak yang percaya bahwa kepresidenannya akan membawa jurang yang semakin besar antara yang terkaya dan termiskin dalam masyarakat Brasil.

Tentu dengan harapan Jair Bolsonaro dapat membantu jutaan orang seperti Rivaldo kecil keluar dari kemiskinan. “Masalah sebenarnya di Brasil,” Rivaldo memulai postingan Instagram selama kampanye pemilihan, “[adalah] krisis ekonomi, pengangguran, kekerasan, kesehatan, pendidikan, dan korupsi.”

“Apa yang kita bicarakan dalam pemilihan ini: ideologi gender, misogini, rasisme dan feminisme. Pahami satu hal: suara Anda akan memilih presiden, bukan ayah,” tuturnya. “Kami membutuhkan dia untuk memperbaiki masalah kami, bukan untuk mengajari kami nilai-nilai. Kami harus mempelajarinya di rumah atau di sekolah,” tutupnya.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network