5 Hal yang Perlu Dilakukan Mbappe untuk Menangkan Ballon d'Or 2021

"Top skor Ligue 1 di tangan, berikutnya adalah..."

Analisis | 17 April 2021, 04:20
5 Hal yang Perlu Dilakukan Mbappe untuk Menangkan Ballon d'Or 2021

Libero.id - Kylian Mbappe tidak diragukan lagi adalah aset terpanas di sepakbola saat ini. Pemain Prancis itu menegaskan posisi prestisnya dengan mencetak dua gol brilian dalam pertandingan terakhirnya melawan Bayern Muenchen di perempat final Liga Champions.

Mbappe juga tercatat sebagai tumpuan terakhir ketika PSG menjalani pertandingan rumit melawan Barcelona di kompetisi yang sama. Itu tak lepas karena Neymar absen karena cedera.

Dalam 38 penampilan musim ini, Mbappe telah terlibat dalam 41 gol (32 gol, 9 assist). Catatan itu menjadikannya pencetak gol terbanyak di Ligue 1 dan kedua di Liga Champions. PSG sedang dalam performa yang bagus, terutama di Liga Champions. Mereka kini tercatat sebagai salah satu favorit mengangkat gelar.

Mbappe juga siap memainkan peran kunci di Piala Eropa 2021 bersama skuad Prancis, yang datang ke turnamen ini sebagai juara bertahan Piala Dunia (2018). Banyak berharap Mbappe dapat mewujudkan mimpinya di turnamen tersebut.

Keinginan itu dilandasi peluangnya menyabet gelar Ballon d'Or, walau penghargaan prestisius itu dibatalkan tahun lalu karena pandemi Covid-19. Peniadaan acara penganugerahan merampas kemenangan Robert Lewandowski, pemain Polandia dan Bayern yang diklaim sebagai kandidat terkuat pemenangnya.

Selain Piala Eropa, Copa America juga dijadwalkan tahun ini. Fakta itu memberikan pesaing terbesar Mbappe untuk memperoleh penghargaan. Namun, mari kita lihat lima hal yang perlu dilakukan Mbappe meraih Ballon d'Or 2021:

5. Menangkan Sepatu Emas Ligue 1

Untuk memenangkan Ballon D'Or pada Desember nanti, langkah pertama Mbappe adalah memenangkan sepatu emas Ligue 1 musim ini. Pemain berusia 22 tahun saat ini berada di posisi terdepan dengan 20 gol. Dia juga berada di urutan kedua dalam daftar assist di antara rekan satu timnya.

Mbappe berada dalam performa terbaiknya untuk mencetak gol, baik di kancah domestik maupun Eropa. Dalam 26 penampilan, pemain Prancis itu memiliki rata-rata 0,92 gol per pertandingan, dengan tingkat konversi gol sebesar 31%. Mbappe membuat rata-rata 10,4 sentuhan impresif di dalam kotak per 90 menit pertandingan Ligue 1, dengan total 65 percobaan tembakan.

Mbappe diyakini dapat memenuhi target ini, karena dia menikmati keunggulan lima gol atas Wissam Ben Yedder, yang berada di urutan kedua di antara pencetak gol terbanyak Ligue 1 musim ini.

4. Memenangkan Sepatu Emas Liga Champions

Berikutnya pada daftar Mbappe adalah memenangkan Sepatu Emas Liga Champions. Tampaknya, peluang Mbappe lebih besar karena striker Borussia Dortmund, Erling Haaland, tak lagi melanjutkan misinya mencetak gol di Liga Champions. Dortmund tersingkir saat berjumpa Manchester City di perempat final.

Sementara Mbappe melakukan comeback mengesankan, yakni mencetak delapan gol dalam empat pertandingan Eropa terakhirnya. Empat gol diperoleh saat melawan Barcelona, termasuk hat-trik pada leg pertama sekaligus memberikan pukulan mematikan kepada mantan juara Spanyol itu. Haaland saat ini memimpin grafik dengan 10 gol atas namanya, dengan Mbappe di urutan kedua dengan 8 gol.

3. Menangkan Ligue 1 dan Liga Champions

Penghargaan individu seperti Ballon d'Or sangat menekankan pada trofi domestik dan Eropa - terbukti dengan kemenangan Luca Modric setelah mengangkat gelar Champions League ke-13 Real Madrid musim itu, dan Mbappe akan menargetkan PSG pertama musim ini.

Sementara PSG harus menjadi tim yang dapat menaklukkan Eropa, mereka baru-baru ini berjuang keras di liga domestik. Mereka saat ini berada di urutan kedua dengan menyisakan tujuh pertandingan - sesuatu yang tidak pernah terjadi dalam beberapa tahun terakhir - tiga poin di belakang pemuncak liga, Lille. Apa yang semakin menambah penghinaan terhadap cedera adalah Les Parisiens memberikan keuntungan bagi Lille - setelah kekalahan kandang 1-0.

Mbappe tidak merasakan permainan yang mulus di Prancis akhir-akhir ini - mungkin karena klubnya memberikan fokus maksimal pada trofi Liga Champions. Namun, banyak hal masih bisa terjadi selama tujuh pertandingan, dan Anda pasti berharap kelas Mbappe dkk dapat bersinar di beberapa laga terakhir Ligue 1.

Menyusul Manchester City dan Chelsea, PSG menjadi favorit bandar judi untuk mengangkat kompetisi paling bergengsi di Eropa. Namun, mereka mungkin harus lebih tinggi mempersiapkan diri ketika melalui persaingan Liga Champions.

Agar Mbappe memiliki peluang kuat untuk mengangkat Ballon d'Or, dia harus memenangkan setidaknya satu, atau lebih disukai menjuarai kedua turnamen tersebut.

2. Memenangkan Bola Emas di Piala Eropa 2021

Sementara La Decimotercera Madrid adalah unsur penting dalam penghargaan Ballon d'Or Modric, impian Kroasia ke final Piala Dunia pertama mereka juga membantu Modric memenangkan penghargaan individu tertinggi sepakbola tersebut.

Pemain Kroasia itu memainkan peran besar dalam membantu negaranya mencapai final Piala Dunia pertama mereka, dan Mbappe akan memiliki kesempatan untuk melakukan hal serupa dengan Prancis di Piala Eropa nanti. Modric mencetak dua gol dan satu assist di musim panas Piala Dunia, memberinya Bola Emas.

Orang Prancis itu akan mencari cara untuk meniru, atau lebih baik dari pemain Kroasia itu di Piala Eropa mendatang. Apalagi, Eropa adalah rumah bagi beberapa penyerang terbaik di dunia sepakbola, seperti Lewandowski, Cristiano Ronaldo, Romelu Lukaku, dan Harry Kane.

Mbappe tidak diragukan lagi akan menghadapi tantangan berat dalam mencentang kotak ini di daftar periksa. Namun, dengan pemain kelas dunia seperti Antoine Griezmann, Kingsley Coman, Ousmane Dembele, dan N'Golo Kante di tim Prancis, pemain berusia 22 tahun itu akan memiliki bantuan yang baik dalam mengejar Bola Emas atau Sepatu Emas.

1. Menangkan Piala Eropa 2021

Ini mungkin akan menjadi daftar harapan Mbappe musim ini, terlepas dari penghargaan individu. Setelah memenangkan Piala Dunia bersama Prancis pada 2018. Pemain muda tersebut juga berkesempatan memperoleh gelar ganda ketika mereka memulai kampanye melawan Jerman di Munich pada 15 Juni 2021.

Sementara Prancis akan masuk sebagai salah satu favorit untuk mengangkat Piala Eropa. Mereka akan menghadapi beberapa musuh tangguh di Portugal, Jerman, Inggris, Spanyol, Belgia, dan masih banyak lagi. Apalagi, skuad Inggris besutan Gareth Southgate sangat dimanjakan dengan pilihan pemain, terutama dibarisan tengah. Mereka bertekad akan mengincar trofi Eropa pertama mereka. 

Portugal adalah juara bertahan dan telah menghasilkan beberapa pemain terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Dikemas dengan talenta elite seperti Ronaldo, Bernardo Silva, Bruno Fernandes dan Joao Felix, Portugal akan mempertahankan gelar yang kuat. Spanyol telah memenangkan gelar Eropa tertinggi, tapi mereka akan menghadapi tantangan berat bersama dengan Belgia, Italia, dan Belanda.

Dikemas dengan pemain kelas dunia, termasuk Mbappe, Prancis berharap dapat menang atas negara-negara sepakbola terbesar di Eropa. Jika Mbappe bisa memenangkan klub utama Eropa dan trofi internasional di musim yang sama, akan sulit untuk menolak Ballon'd'Or pertamanya.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network