Ini Format Baru Liga Champions, Dipercepat Berlaku Musim Depan

"Percepatan itu terjadi karena kisruh Liga Super Eropa."

Berita | 23 April 2021, 02:37
Ini Format Baru Liga Champions, Dipercepat Berlaku Musim Depan

Libero.id - UEFA menyetujui proposal yang berisi tentang regulasi baru Liga Champions, dan ini akan dimulai dari musim 2024-25 dan berjalan setidaknya selama sembilan tahun. Namun demikian, pemberlakuannya bisa dipercepat mulai musim depan.

Apa yang diubah? Apa isi regulasi baru itu?

Liga Champions akan diubah regulasinya yang dari semula 32 klub menjadi 36 klub. Artinya partisipasi dan kemungkinan klub peserta lebih terbuka lebar. Konsepnya ialah penyisihan grup awal dibatalkan dan diganti dengan semacam liga.

Sebagai gantinya jika sebelumnya di babak fase grup, masing-masing klub hanya memainkan 6 pertandingan melawan 3 klub berbeda. Lain halnya dengan  format baru ini dimana setiap klub akan menghadapi 10 pertandingan melawan 10 lawan yang berbeda dan setiap tim akan memainkan 10 pertandingan, lima kandang dan lima tandang.

Dan klub berada di delapan besar akan langsung lolos ke babak sistem gugur, dengan tim-tim tersebut menyelesaikan pertandingan kesembilan hingga ke-24 dalam pertandingan dua leg. Sehingga pertandingan pun dijadwalkan akan diperpanjang hingga minggu terakhir Januari.

Pertanyaannya apakah itu sistem knock-out yang normal?

Tidak sepenuhnya juga. Tapi UEFA sedang mempertimbangkan untuk menyemai seluruh undian dari babak 16 besar, sehingga dua teratas di tahap Liga dapat saling menghindari hingga babak Final.
Dan kemungkinan besar bahwa babak semifinal akan digabungkan dengan rangkaian 'Final Four'

Klub manakah yang akan terlibat?

Pertanyaan lain, 4 klub dari liga manakah yang berkesempatan menjadi peserta liga Champions dengan format baru ini. Kemungkinan besar empat tempat tambahan akan diberikan kepada tim keempat di peringkat kelima Liga-liga Eropa.

Berbicara tentang Liga Europa

Ternyata bukan hanya Liga Champions yang bakal berubah format. Baik Liga Europa dan Liga Konferensi UEFA yang baru, yang akan dimulai musim depan, juga akan diperluas menjadi 36 klub.

Tetapi tim hanya akan memainkan delapan pertandingan di Europa dan enam di tahap liga Konferensi, hal ini memungkinkan program Liga Champions eksklusif, dengan pertandingan juga dimainkan pada hari Kamis, dalam dua minggu.

Lantas apakah ini gagasan tetap?

Secara garis besar ya. Dasar-dasarnya telah disetujui oleh semua pihak terkait dan diperkirakan bahwa perpanjangan dari 125 pertandingan Liga Champions per musim menjadi 225 akan menghasilkan tambahan 500 juta pounds per musim di TV dan paket sponsor saja.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network