Seperti Italia di Euro 2020, Argentina Juga Diperingatkan Konspirasi Copa America 2021

"Pernyataan Presiden Brasil dianggap legenda Paraguay sebagai sinyal merugikan Argentina. Kok, bisa?"

Berita | 09 July 2021, 20:11
Seperti Italia di Euro 2020, Argentina Juga Diperingatkan Konspirasi Copa America 2021

Libero.id - Hanya beberapa jam setelah Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, mengeluarkan pernyataan yang menyebut Selecao akan mengalahkan Argentina 5-0, respons bermunculan. Salah satunya dari Legenda Paraguay, Jose Luis Chilavert, yang meminta Lionel Messi mewaspadai faktor non teknis.

Dalam pertemuan dengan beberapa pemimpin Amerika Selatan, Bolsonaro menggoda rekannya dari Argentina, Alberto Fernandez, menjelang final Copa America 2021. Dia mengatakan Selecao akan mengalahakan La Albiceleste dengan kemenangan mutlak. 

"Satu-satunya persaingan (antara Brasil dan Argentina) akan terjadi akhir pekan ini di Estadio do Maracana. Brasil ingin menang 5-0," kata Bolsonaro, yang kemudian membuat gerakan lima jari, dilansir Marca.

Meski hanya bercanda, ungkapan Bolsonaro ternyata mendapatkan respons negatif dari berbagai kalangan di Amerika Selatan. Reputasi presiden sayap kanan itu sebagai orang yang dianggap korup dan menghalalkan segala cara demi ambisi politik, langsung memunculkan berbagai spekulasi liar. Salah satunya konspirasi memenangkan Brasil di final Minggu (11/7/2021) pagi WIB.

Sosok yang mengatakan Argentina harus mewaspadai hal-hal non teknis di pertandingan nanti antara lain Chilavert. Sembari mengecam CONMEBOL, mantan kiper Velez Sarsfield itu memperingatkan Lionel Messi bahwa wasit final, Esteban Otojich, bisa mendukung Brasil.

Chilavert menyatakan pendapatnya tentang Ostojich dan mengisyaratkan bahwa Argentina harus bisa mencetak lebih dari satu gol jika tidak ingin menangis di akhir pertandingan. "Timnya Messi harus bersiap untuk mengalahkan Brasil, Neymar, VAR, dan wasit," ujar Chilavert kepada Radio Continental.

"Corrupbol (korupsi di CONMEBOL) mengerikan. Mereka memilih Ostojich (untuk menjadi wasit final) setelah apa yang dia lakukan dalam pertandingan Paraguay vs Peru. Dia mengerikan. Dia secara tidak adil mengeluarkan (kapten Paraguay) Gustavo Gomez. Kemudian, dia usir pemain Peru (Andre Carrillo) juga," kata Chilavert. 

Ostojich adalah wasit FIFA asal Uruguay yang bekerja memimpin sejumlah pertandingan Copa America 2021. Selama ini, sang wasit lebih dikenal sebagai operator VAR dan sejumlah final kompetisi Amerika Selatan seperti Copa Sudamericana 2018 dan Copa Libertadores 2019. 

"Saya akan senang jika Messi mendapatkan gratis (peluang) tiga atau empat kali dan mencetak tiga atau empat gol. Jika ragu, mereka akan memilih tuan rumah. Jenius Messi dan rekan satu timnya harus bermain 1.000% untuk memenangkan pertandingan," tambah Chilavert. 

Kiper Argentina Emiliano Martinez menjadi sasaran kritik karena memprovokasi para pemain Kolombia dalam adu penalti di semifinal. Tapi, Chilavert mendukung penjaga gawang Aston Villa itu. "Martinez adalah penjaga gawang yang fantastis. Dia memenuhi semua persyaratan," ucap The Bulldog. 

"Ada alasan mengapa dia bermain di liga kompetitif seperti Liga Premier. Saya suka bahwa beberapa karakter dikejutkan oleh apa yang telah dia lakukan sebelum penalti. Itu menunjukkan bahwa, pertama, untuk berada di gawang anda harus memenuhi peran: memiliki kepribadian, kuat secara psikologis dan memiliki kemampuan teknis," pungkas Chilavert.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network