Alasan Kenapa RB Leipzig Disebut Raja Bursa Transfer

"Kecerdikan Leipzig di bursa transfer selalu dinanti."

Analisis | 23 July 2021, 11:23
Alasan Kenapa RB Leipzig Disebut Raja Bursa Transfer

Libero.id - Andre Silva, Angelino, Marsch, Upamecano dan Konate.  Merupakan beberapa nama pemain yang direkrut RP Leipzig dengan harga miring, namun dibawah sistem dan gaya kepelatihan Leipzig nama-nama itu bakal dan telah berguna lebih dari harga yang dibayarkan.

Beberapa diantara mereka dijual ke klub lain dengan harga yang cukup fantastis jika dihitung dari margin saat pembelian.

Banyak faktor yang mendukung hal tersebut. Termasuk pelatih. Tapi itu bukan faktor tunggal. Kalau boleh kita sebut nama dalam rentang waktu 7 tahun kebelakang maka Ralf Rangnick layak mendapat penghormatan yang tinggi.

Ia menjalankan tugas dengan sangat baik sebagai pelatih kepala dan direktur sepak bola Leipzig. Kini Ralf Rangnick meninggalkan klub Jerman itu, tetapi proyek sepak bola yang ia jalankan masih terasa jejak dan gemuruhnya.

Sejak mendapatkan promosi ke Bundesliga pada tahun 2016, Leipzig telah membuat banyak langkah besar di bursa transfer. Mereka menjual Naby Keita ke Liverpool seharga 60 juta euro atau jika dihitung kurs sekarang setara dengan 1 Triliun, setelah mengontraknya hanya seharga 29,75 juta dari RB Salzburg dan lalu ada nama Timo Werner yang ditandatangani dari Stuttgart seharga 22,2 juta lalu dibiarkan pergi ke Chelsea seharga 53 juta euro.

Bisnis cerdik mereka juga tidak berhenti di jendela musim panas ini, dan mereka telah menjual Dayot Upamecano ke Bayern Munich (42,5 juta), Ibrahima Konate ke Liverpool (40 juta) dan Marius Wolf (9,5 juta) ke Borussia Monchengladbach serta 25 juta yang dibayar Bayern untuk pelatih kepala mereka Julian Nagelsmann .

Secara total pendapatan Leipzig dari jendela transfer musim panas ini adalah 92 juta euro, menjadikan mereka klub dengan penghasilan tertinggi dalam hal transfer.

Entah kebetulan atau tidak, nominal itu hampir setara dan dipergunakan untuk merekrut pemain lain sebagai pengganti. 91,62 juta dari 92 juta euro telah dihabiskan untuk memperkuat skuad mereka, bagaimanapun, dengan penandatanganan Andre Silva (23 juta euro dari Eintracht Frankfurt), Josko Gvardiol (18,8 juta euro dari Dynamo Zagreb), Angelino (18 juta euro dari Manchester City).

Ada juga Mohamed Simakan (15 juta euro dari Strasbourg), Benjamin Henrichs (15 juta euro dari Monaco) dan Caden Clark (1,82 juta euro dari New York Red Bulls).

Hal-hal di atas menjelaskan kepada kita, betapa luar biasanya klub satu ini. Dan lebih dari cukup untuk kita sebut sebagai 'The King of Transfer'. Akan seperti apakah kiprah RP Leipzig musim 2021/22 yang sebentar lagi bakal berlangsung? Mari kita nantikan.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network