Kisah Maryam Irandoost, Pejuang Sepakbola Wanita di Iran

"Perjuangannya masih berlanjut hingga kini"

Biografi | 30 August 2021, 21:54
Kisah Maryam Irandoost, Pejuang Sepakbola Wanita di Iran

Libero.id - Jika ada satu orang yang mendapatkan penghormatan besar di dunia sepakbola, tentu saja Maryam Irandoost layak mendapatkannya.

Perjuang wanita yang kini berusia 42 tahun itu terbilang sangat luar biasa, dan kenapa wanita Iran kini bisa bermain sepakbola tidak lepas dari peranan Irandoost, ia yang kini menjadi pelatih tim nasional wanita Iran terus bekerja tanpa lelah dalam memperjuangkan persamaan hak bagi pesepakbola wanita di negaranya.

Karier Maryam Irandoost

Lahir di Bandar-e Anzali tahun 1979, Irandoost adalah anak dari mantan pesepakbola Iran, Nosrat Irandoost. Pengalaman serta didikan dari Nostrat sangat berpengaruh terhadap Irandoost kecil, yang mana pada tahun 1998, Irandoost akhirnya memutuskan untuk bermain sebagai pesepakbola profesional bersama Pegah Gilan, bermain untuk tim wanita disana selama 2 musim, Irandoost kemudian bermain untuk Malavan, tim yang sempat dilatih oleh ayahnya sendiri selama 3 periode yang berbeda.

Bersama tim Ghou-ye Sepid, Irandoost mendapati banyak sekali tantangan untuk wanita bermain sepakbola di negaranya, dan ketika pensiun pada tahun 2003, Irandoost memutuskan untuk ikut andil lebih dalam memajukan persepakbolaan wanita di Iran.

Perjuangan Maryam Irandoost sebagai pelatih

Irandoost sekarang adalah pelatih kepala tim nasional wanita negaranya dan telah mendedikasikan dirinya untuk bekerja demi kesempatan yang sama bagi para pesepakbola wanita di tanah airnya.

Tentu tidak mudah: Pada tahun 2016, klubnya, Malavan, yang berbasis di kota Bandar Anzali di Laut Kaspia, membubarkan tim wanitanya.

"Kami memiliki banyak mulut untuk diberi makan. Ketika sebuah kapal yang dilanda badai mulai tenggelam, kapal itu harus membuang muatan yang berlebihan," adalah bagaimana CEO klub saat itu, Ahmad Donyamali menjelaskan keputusan tersebut.

Dua tahun kemudian Malavan kembali membentuk tim putri mereka, dan seperti sebelumnya, Maryam Irandoost memegang posisi sebagai pelatih kepala.

"Seperti tahanan di balik tembok beton" ujar wanita berusia 42 tahun tersebut.

Permainan wanita secara umum tidak mudah di Iran selama beberapa dekade terakhir. Revolusi Islam 1979 secara efektif mengakhiri sepak bola wanita selama bertahun-tahun di Iran.

"Selama periode itu saya belajar bermain piano dan belajar olahraga, tetapi itu tidak memuaskan saya, ada sesuatu yang hilang. Itu adalah pertempuran yang sangat sulit. Kami seperti tahanan yang dikelilingi oleh tembok beton. Sekarang kami bermain lagi dan ini benar-benar membuat kami bersemangat."

Namun berkat perjuangannya mengkritisi kebijakan Football Federation of Iran (FFIRI) selama lebih dari 10 tahun dan semakin terbukanya peluang untuk wanita di dunia kerja, kini wanita-wanita muda Iran yang ingin menekuni sepakbola tak perlu khawatir lagi menemukan diri mereka diusir dari lapangan sepakbola.

"Itulah yang membuat sepak bola wanita di Iran begitu istimewa," ujar Irandoost sambil berlinang air mata kepada dw.com.

"Pria tidak lagi mengatakan bahwa wanita tidak pantas berada di lapangan sepak bola. Kemajuan sedang dibuat dan ada lebih banyak peluang dan pengembangan pemain yang lebih baik. Peluang ini tidak ada untuk wanita yang lebih tua seperti saya."

Larangan ke stadion selama puluhan tahun untuk wanita Iran

Meskipun kini sudah ada kemajuan, pekerjaan rumah Irandoost dan wanita lainnya masih jauh dari selesai.

Larangan pemerintah Iran terhadap wanita memasuki stadion sepak bola untuk pertandingan pria telah berlaku selama hampir 40 tahun. Pertandingan sepak bola wanita biasanya dimainkan di gimnasium dan semua pemain harus mengenakan jilbab. Lengan, kaki, leher, dan telinga mereka harus ditutup untuk permainan. Irandoost menunjuk pada penghangat lengan dan leggingnya, yang wajib dikenakan para pemain di bawah celana pendeknya.

"Pada Olimpiade 2010, FIFA menuntut agar Iran membiarkan telinga dan leher mereka terbuka," ujar Irandoost.

"Karena federasi Iran menolak, mereka tidak bisa bermain di turnamen. Ini lingkaran setan."

FIFA, yang mempromosikan saling menghormati di turnamen internasional pria – dengan slogan seperti "Why do we love football? Because out there we are all the same!" – jarang membebani penindasan perempuan di negara-negara seperti Iran, Sudan, Mesir atau Libya.

Ketika Presiden FIFA, Gianni Infantino menghadiri final Liga Champions Asia di Teheran pada November 2018 lalu, rezim tersebut secara demonstratif mengundang sekitar 1.000 wanita ke stadion. Ini mengikuti pertandingan persahabatan antara Iran dan Bolivia sebulan sebelumnya, ketika sekitar 100 wanita diizinkan untuk hadir. Ini adalah momen di mana wanita secara legal boleh menonton pertandingan pria secara langsung sejak awal 1980-an. Namun, itu tidak membawa perubahan yang besar setelahanya karena larangan itu tetap berlaku.

Ibu dari tim

"Ketika saya masih kecil, saya biasa pergi ke stadion bersama ayah saya. Tetapi dalam semua hal lain, tim saya hari ini berada dalam situasi yang lebih baik daripada kami saat itu," kenang Irandoost.

"Tim saya adalah keluarga saya, para pemain adalah anak-anak saya dan saya adalah ibu. Dan ibu memiliki pekerjaan tersulit di dunia" ujar Irandoost yang sadar ia memiliki seorang putra berusia 19 tahun.

Sudah malang melingtang di dunia sepakbola selama 23 tahun sebagai pemain & pelatih, tentunya Irandoost paham betul ketidakadilan apa yang dialami oleh wanita Iran, dan itu salah satunya adalah waktu yang dikorbankan para pemain wanita setiap akhir pekan di Iran.

"Kami ingin terbang ke pertandingan seperti pria, daripada harus menghabiskan berjam-jam di bus untuk sampai ke sana. Kami bisa menghabiskan 40 jam di jalan untuk pertandingan tandang - 20 jam di sana, 20 jam kembali."

Perjalanan bus lebih murah daripada terbang, dan sementara tim pria mampu terbang, wanita tidak bisa. Irandoost juga mengeluhkan kesenjangan pendapatan yang sangat besar bagi para pemain di cabang olahraga putra dan putri jauh di luar Iran.

"Bandingkan kontrak Cristiano Ronaldo dengan kontrak Martha atau Alex Morgan," ujarnya.

"Lihatlah kesempatan yang diberikan kepada laki-laki! Bukan hanya di Iran, kita harus mengubah banyak hal di mana-mana dan bekerja sama untuk itu. Sepak bola terkadang membuat saya senang dan sedih pada saat yang sama,"

"Pada usia 10 tahun saya memberi tahu ibu saya bahwa saya ingin menjadi laki-laki hanya agar saya bisa terus bermain sepak bola - bahwa saya ingin ganti kelamin. Ibu saya terkejut. Saya berkata kepadanya: 'Jika kamu tidak' Saya tidak ingin saya mengubah jenis kelamin saya, tolong bujuk orang-orang bahwa saya bisa pergi ke stadion bersama ayah saya! Dan saya bisa terus bermain sepak bola'" jelas Irandoost.

Sebuah pertempuran yang harus dimenangkan

Wanita yang besar di daerah pesisir ini selalu didorong oleh sebuah keinginan besar yang berbunyi; untuk melangkah keluar ke stadion suatu hari, untuk mencium bau rumput, untuk merasakan suasananya.

"Itulah sebabnya saya pergi ke kantor orang-orang yang berkuasa untuk mengubah keadaan. Selama enam bulan saya berbaris ke kantor dengan dada lebar, hanya untuk pergi sambil menangis. Tetapi pada akhirnya, saya sampai di sana" ujar Irandoost.

Pada 2019 lalu, melalui ajang kompetisi Discover Football, tim asuhan Irandoost adalah salah satu peserta kompetisi tersebut dan  pertandingan sepak bola yang dimainkan di Stadion Willy Kressmann, Berlin selama beberapa hari itu, adalah bentuk apresiasi untuk wanita di sepakbola.

Berbicara soal kompetisi, tim wanita sepakbola Iran sendiri memiliki prestasi yang cukup bagus, terutama di kawasan asia, di mana mereka sempat menjadi runner-up di CAFA Women's Championship (2018) serta WAFF Women's Championship (2005, 2007 & 2011), dan Irandoost lah orang yang paling berjasa, karenanya Iran bisa memiliki tim sepakbola wanita yang modern serta progresif.

“Ke depan, saya berharap perempuan bisa masuk ke stadion dan menonton pertandingan sepak bola. Saya senang dan bangga menjadi pemain sepak bola” tutupnya.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network