Kisah Cherif Souleymane, Satu-satunya Pemain Keturunan Afrika di Jerman Timur

"Alasan pertama datang sebelum menjadi pesepakbola."

Biografi | 24 October 2021, 00:31
Kisah Cherif Souleymane, Satu-satunya Pemain Keturunan Afrika di Jerman Timur

Libero.id - Saat ini kita hanya mengetahui satu kompetisi teratas Jerman, yang tak lain adalah Bundesliga. Pada masanya Jerman pernah menjadi dua bagian, Timur dan Barat.

Adalah pesepakbola asal Guinea, negara kecil di benua Afrika, bernama Cherif Souleymane yang pernah bermain untuk klub-klub Jerman Timur.

Menariknya, Souleymane menjadi pesepakbola tanpa dia rencanakan. Dia menginjkan kaki di Jerman Timur pada 1962. Saat itu usianya masih 17 tahun dan berniat untuk belajar, tetapi nasib membawanya ke hal-hal yang tak terduga. Dalam setahun, Souleymane membentuk kembali sepakbola Jerman Timur.

"Saya belajar arsitektur dengan beasiswa pemerintah, bukan untuk bergabung dengan klub," katanya kepada BBC Sport Africa.

Namun, dia segera menemukan dirinya bermain di kompetisi tingkat kedua negara itu setelah bakatnya terlihat saat bermain untuk tim universitasnya di Neubrandenburg, sekitar 130 kilometer dari utara Berlin.

"Pelatih klub olahraga Neubrandenburg lokal kemudian bertanya apakah saya bisa bergabung dan saya menjawab ya."

Tak lama kemudian, dia merasa mewakili semua orang kulit hitam di lapangan.

"Saya adalah satu-satunya pemain kulit hitam di seluruh Jerman Timur pada saat itu dan saya bangga akan hal itu - saya merasa luar biasa," kata Souleymane, yang baru saja merayakan ulang tahunnya ke-77.

Satu-satunya pemenang penghargaan Pemain Terbaik Afrika di Guinea itu menikmati waktu yang menyenangkan bersama klub kota kecil, di mana dia terkenal di masyarakat - dicintai oleh para penggemar karena keterampilan dan kemampuannya mencetak gol.

Neubrandenburg adalah sebuah kota di wilayah Mecklenburg-Western Pomerania di Jerman.

Kehebatannya sebagai striker membantu Neubrandenburg dipromosikan ke papan atas Jerman Timur, tetapi dia dengan cepat dipaksa untuk pergi karena orang asing dilarang dari 'DDR-Oberliga' pada saat itu.

"Saya menghabiskan dua musim bersama Neubrandenburg dan mencetak banyak gol," katanya.

"Musim pertama kami finis di urutan ke-12 dan saya finis sebagai pencetak gol terbanyak, dan tahun berikutnya saya membantu tim memenangkan liga."

"Saya kemudian pergi untuk bergabung dengan klub rival Neustrelitz, tempat saya menghabiskan satu musim dan kami finis kedua di liga."

“Anak-anak menyentuh saya untuk melihat apakah saya memiliki batu bara di kulit saya.”

Namun, semuanya tidak mulus bagi Souleymane karena dia mengklaim dia menghadapi rasisme selama waktunya di negara itu, meskipun sebagian besar diterima oleh komunitas kecilnya.

Dia tidak membiarkan hal itu mempengaruhi dirinya. "Saya sangat baik dan tenang, meskipun itu normal bagi pendukung oposisi untuk mengarahkan nyanyian rasis kepada saya," katanya.

“Masalahnya adalah saya berada di kota di mana mereka hampir tidak melihat orang kulit hitam. Beberapa bertanya kepada saya, di mana saya belajar bermain sepak bola, karena mereka tidak percaya bahwa itu adalah pemain kulit hitam yang mencetak gol.”

"Faktanya anak-anak menyentuh tubuh saya untuk melihat apakah saya memiliki batu bara di kulit saya, untuk membuktikan bahwa saya seorang pria kulit hitam.”

“Tetapi, saya menikmati bermain di sana karena saya terkenal di kota dan dicintai oleh banyak orang karena saya adalah pemain yang bagus. Walikota Neubrandenburg pernah mengundang saya untuk makan malam.”

"Saya masih muda, tetapi itu adalah pengalaman yang bagus karena saya tidak pernah membiarkan diri saya terpengaruh. Itulah mengapa saya terus mencetak gol."

Souleymane bermain di Jerman Timur selama tiga tahun sebelum pulang ke Hafia Conakry, di mana dia menjadi superstar Afrika.

Kemuliaan klub, penyesalan Guinea

Karier Souleymane di Jerman Timur berakhir setelah dia dipanggil oleh Guinea untuk pertama kalinya untuk mengikuti kualifikasi All-African Games di Pantai Gading pada 1965.

Alih-alih kembali ke Eropa setelah itu, dia justru kembali ke ibu kota Guinea, Conakry, atas tuntutan otoritas negara.

"Begitulah studi dan karier sepak bola saya di negara Eropa berakhir," katanya.

"Saya menyesal tidak menyelesaikan studi saya di Jerman Timur. Saya bahkan mendaftar di universitas di Conakry setelah itu, tetapi juga tidak menyelesaikannya."

Namun, kembalinya Souleymane ke Guinea membuka jalan bagi babak gemilang dalam kariernya yang membuatnya memenangkan trofi dan penghargaan individu.

Dia menghabiskan sisa kariernya di Hafia, menjadi bagian dari generasi emas yang membuat klub tidak hanya yang paling sukses di Guinea, tetapi juga yang terbaik di Afrika pada 1970-an.

Pemain serba bisa, yang memulai sebagai striker sebelum turun ke lini tengah dan berakhir sebagai bek, dianggap sebagai bintang karena kemampuannya untuk mencetak gol. Dia juga piawai menciptakan peluang menjadi gol, terutama dengan umpan yang jelas dan manuvernya yang cerdas.

Sebagai penyerang tengah di awal 1970-an, dia membentuk kemitraan mematikan dan tak tertahankan bersama Petit Sory dan N'Jo Lea.

Ketiganya membantu Hafia ke lima final Piala Champions Klub Afrika - cikal bakal Liga Champions Afrika hari ini - dan tiga gelar kontinental pada 1972, 1975 dan 1977.

Dalam kemenangan pertama, dia mencetak gol di kedua leg final melawan Uganda Simba untuk menyelesaikan sebagai pencetak gol terbanyak klub dalam kompetisi dengan empat gol.

Prestasi itu membantunya memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Afrika dari France Football pada 1972.

"Memenangkan Ballon d'Or adalah momen spesial bagi saya, negara saya, dan rekan satu tim saya," katanya. "Itu menempatkan kami di peta sepakbola benua."

Souleymane terpilih sebagai pemain Guinea abad ke-20, setelah membantu tim nasional lolos ke Piala Afrika pertama mereka pada 1970 dan sekali lagi pada 1974 dan 1976.

Dia bermain di ketiga turnamen saat Syli Nationale selesai sebagai runner-up pada 1976, penyelesaian terbaik mereka di turnamen tersebut.

Namun, Guinea menyia-nyiakan keunggulan di menit-menit terakhir pertandingan terakhir mereka melawan Maroko, bermain imbang 1-1 untuk kehilangan satu-satunya gelar yang ditentukan oleh format grup, dan bukan final.

Souleymane masih menyebutnya sebagai "momen terburuk" dalam kariernya.

"Kami harus mengalahkan Maroko untuk memenangkan trofi dan kami hampir saja melakukannya," katanya. "Saya bermain bertahan hari itu, dan mencetak gol untuk memberi kami keunggulan.”

"Kami memimpin 1-0 sampai lima menit sebelum waktu penuh, ketika Maroko menyamakan kedudukan untuk memenangkan turnamen dengan poin."

Dia resmi pensiun pada 1980, sebagai pemain yang panggungnya dimulai di balik Tirai Besi dan tersingkir di tengah banyak penghargaan.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network