Selamat Ulang Tahun!

Analisis Posisi Phil Foden, Pemain Paling Berpengaruh di Liga Premier

"Statistik yang membuat Foden lebih baik dari Cristiano Ronaldo."

Analisis | 25 October 2021, 21:26
Analisis Posisi Phil Foden, Pemain Paling Berpengaruh di Liga Premier

Libero.id - Setelah dua gol dan satu assist dalam kemenangan 4-1 atas Brighton, bintang muda Manchester City bernama Phil Foden dianggap telah melampaui Cristiano Ronaldo dalam beberapa level.

Sejauh musim ini, Foden telah terlibat dalam lebih banyak gol daripada Ronaldo. Andai saja tak melewatkan bulan pertama musim 2021/2022 karena cedera kaki, Foden mungkin bisa lebih baik lagi.

Pemain berusia 21 tahun itu sekarang telah mengoleksi empat gol dan empat assist. Selain itu, Pep Guardiola juga tampak 'menuntut' Foden dengan perannya yang bukan hanya mencetak gol dan assist.

Misalnya, Foden berlari lebih banyak daripada pemain lain di lapangan dalam kemenangan atas Brighton. Foden tampak memimpin serangan tanpa henti Man City yang memaksa pertahanan tuan rumah melakukan sejumlah kesalahan. Ronaldo, di sisi lain, tidak melakukan hal yang sama untuk Man United.

Kita dapat menjadikan statistik tersebut sebagai acuan performa dari seorang Foden.

Setelah Ilkay Guendogan membawa Man City unggul, gol pembuka Foden datang dari sebuah break cepat di tepi kotak penalti Man City. Foden berlari cepat untuk menyambut umpan Jack Grealish setelah melakukan serangan balik.

10 WAGs Terkaya, Ada Georgina Rodriguez Istri Cristiano Ronaldo

10 WAGs Terkaya, Ada Georgina Rodriguez Istri Cristiano Ronaldo

Pada kesempatan lain, Foden membelokkan tembakan Gabriel Jesus dengan tumit - dan dia juga memiliki setengah lusin tembakan dan bisa saja mencetak hattrick.

Ketika peluang emas datang di  injury time, alih-alih melakukan satu upaya terakhir untuk menambah golnya, Foden justru memberi umpan ke Riyad Mahrez untuk penyelesaian yang mudah. Apakah Ronaldo akan melakukan tindakan tanpa pamrih? Masih bisa diperdebatkan.

"Ada pemain yang bermain di satu posisi dan ada pemain yang bermain sepakbola," kata Guardiola. “Yang dimaksud dengan bermain sepakbola adalah mereka bisa bermain di posisi apapun. Mereka memahami permainannya," kata Pep merujuk pada Foden.

“Dia akan mencetak lebih banyak gol. Tidak masalah. Tidak masalah posisi apa yang dia mainkan. Dia bermain bagus. Terkadang kami membutuhkannya di sini, di sana, kanan, kiri, tidak masalah. Dia penting." ucap Pep lebih tegas.

Merujuk performa dan posisi Foden dalam beberapa laga terakhir,  Guardiola mungkin ingin dia lebih kejam di depan gawang. Perlu juga dicatat bahwa tidak ada pemain yang mencetak lebih banyak untuk Man City sejak awal musim lalu.

Tetapi, Guardiola sadar False-9 tidak mungkin menjadi posisi jangka panjangnya di klub dengan striker yang akan menjadi prioritas di jendela transfer mendatang. Tapi, itu menunjukkan kualitasnya bahwa tidak banyak pemain yang bisa melakukannya dengan lebih baik selain Foden.

(mochamad rahmatul haq/yul)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan