Mengingat Apa yang Terjadi saat Terakhir Newcastle Menghabiskan Rp 1,5 Triliun

"Tak semua berjalan lancar alias tepat sasaran."

Analisis | 01 November 2021, 14:19
Mengingat Apa yang Terjadi saat Terakhir Newcastle Menghabiskan Rp 1,5 Triliun

Libero.id - Setelah diakuisisi oleh Pangeran Arab Saudi, kini Newcastle United dilaporkan dapat menghabiskan sekitar 50 juta pounds (Rp 973 Miliar) pada Januari awal tahun nanti.
Manajemen beserta staf pelatih The Magpies juga punya kesempatan lebih banyak lagi menghabiskan banyak uang di musim panas. Namun, jumlah itu tak serta merta berdampak besar jika tak dipergunakan tepat sasaran.

Untuk itu, mari kita lihat apa yang terjadi terakhir kali ketika Newcastle menghabiskan banyak uang.
Tunjangan jendela musim dingin mendatang mereka setara dengan kira-kira 1 x Joelinton dan 1 x Yoshinori Muto dalam ekonomi Mike Ashley.

Bagi sebagian orang, angka itu akan tampak kecil. Sebagian karena Newcastle sekarang adalah klub terkaya di dunia; sebagian karena Football Manager 2022 telah menempatkan anggaran lebih menyenangkan (dan mungkin perlu?) 200 juta pounds (Rp 3,8 triliun).

Melemparkan Uang Tunai Pada Suatu Masalah Tidak Selalu Berhasil

Selama masa jabatannya di Newcastle, Mike Ashley, memiliki reputasi sebagai salah satu pemilik Liga Premier yang paling hemat. Sebagian besar musim reputasi itu dibenarkan.

Namun, selama musim 2015/2016, Ashley sempat melawan tren tersebut. Newcastle memiliki pembelanjaan bersih tertinggi kedua di liga musim itu, hanya di belakang Manchester City, dan mereka membuang banyak uang ke bintang-bintang seperti Georginio Wijnaldum. Anehnya, penerima semua uang tunai itu adalah Steve McClaren, yang baru-baru ini bekerja dengan sedikit uang di Derby.

Tidak mengherankan bahwa semua pengeluaran itu membuat Newcastle mengalami musim yang menarik. Wijnaldum mencetak empat gol dalam satu pertandingan, sementara sesama rekrutan baru, Aleksandar Mitrovic, dan Jonjo Shelvey memberi efek positif di Saint James Park.

Tapi, apakah itu berhasil? Atau, apakah menghabiskan banyak uang benar-benar membuat Newcastle lebih buruk?

Mengangkat Bebannya

Pada hari terakhir musim 2014/2015, di mana Newcastle menghindari degradasi hanya dengan empat poin, Ashley membuat dua komentar mencolok.

Yang pertama adalah kabar baik bagi penggemar Newcastle. Mengakui kesalahan atas musim buruk klub, Ashley menyatakan niatnya untuk mulai menghabiskan uang.

“Kami memiliki klub pada pijakan keuangan yang sangat sehat, sehingga kami dapat menghabiskan di bursa transfer,” katanya. "Kita mungkin memiliki kereta, tetapi sekarang kita perlu mengunci kuda, dan kita akan melakukannya."

Namun, yang kurang disambut adalah komentar Ashley berikutnya.

“Sekarang (niat saya) pasti untuk memenangkan sesuatu,” ucapnya membual. “Dan omong-omong, saya tidak akan menjual (klub) sampai saya melakukannya.”

Pada akhirnya, Ashley memenuhi salah satu janjinya.

Pada 11 Juli 2015, sang maestro pakaian olahraga itu menghabiskan 14,5 juta pounds (Rp 282 miliar)— lebih banyak dari yang pernah dia habiskan untuk pemain sebelumnya — untuk membeli Wijnaldum dari PSV.

Sebelum bulan itu berakhir, dia telah mentransfer 21,5 juta pounds (Rp 418 miliar) lagi ke Anderlecht untuk Mitrovic dan Chancel Mbemba.

Pembelanjaan itu mendekati 50 juta pounds pada akhir Agustus. Florian Thauvin dibeli seharga 12 juta pounds (Rp 233 miliar) dari Marseille, sementara pemain muda Northampton Town, Ivan Toney, senilai 500,000 pounds (Rp 9,7 miliar).

Terlebih lagi, sang pemilik tidak memusnahkan pasukannya yang ada. Satu-satunya jalan keluar yang menyedihkan adalah Davide Santon, yang bergabung dengan Inter seharga 3 juta pounds (Rp 58 miliar) dan Legenda klub, Jonas Gutierrez, yang dibebaskan dengan status bebas transfer.

McClaren memiliki skuad yang berkilauan untuk diajak bekerja sama. Tapi, bisakah dia memenangkan trofi dan secara tidak langsung mengamankan kepergian Ashley?

Budaya Keunggulan

Mungkinkah Itu Bisa Terjadi di Sepak Bola.

Agar adil bagi McClaren, dia memang mencoba menanamkan ‘budaya keunggulan’ di klub. Ini melibatkan penerapan aturan berpakaian yang sangat formal pada hari pertandingan — Mbemba dan Florian Thauvin dengan penasaran mengenakan tuksedo — dan melarang sumpah serapah.

Newcastle tidak memenangkan satu pun dari delapan pertandingan liga pertama mereka. Selama waktu itu, mereka tersingkir dari Piala Liga oleh tim Championship Sheffield Wednesday.

Hasil imbang dengan Manchester United dan Chelsea menunjukkan sesuatu yang mendekati tekad, tetapi kekalahan 6-1 dari Manchester City membuat moral The Magpies tetap rendah.

Dividen terbesar dari investasi musim panas datang pada 18 Oktober. Setelah jeda internasional, Newcastle mengalahkan Norwich 6-2 di James Park, dengan Wijnaldum mencetak empat gol dan Mitrovic juga mencetak gol.

Tapi, kegembiraan itu hanya berlangsung seminggu sebelum tim McClaren kalah dari Sunderland, 3-0, dalam derby Tyne-Wear.

Pengeluaran musim panas Newcastle membuat Ashley enggan menarik pelatuk kepada McClaren - sebuah langkah yang akan menghabiskan lebih banyak uang. Dan, setiap kali hasil menjadi sangat buruk, manajer akan memberikan satu atau dua hasil: kemenangan atas Liverpool dan Spurs pada Desember membawa mereka keluar dari zona degradasi.

Kemudian, periode perayaan yang mengerikan diikuti oleh hasil imbang 3-3 melawan Man United dan menang 2-1 atas West Ham.

Tetapi, reaksi Ashley terhadap hasil yang buruk adalah membeli lebih banyak pemain daripada mengganti manajer. Jonjo Shelvey dan Andros Townsend tiba pada Januari dengan harga masing-masing sekitar 12 juta (Rp.233 miliar).

Klub juga mengirim 5 juta pounds (Rp 97 miliar) ke Bordeaux untuk pria misterius Henri Saivet. Dalam lima setengah tahun, Saivet hanya akan bermain delapan kali untuk Newcastle.

Membersihkan Kekacauan

Ashley akhirnya menyerah. Dia memecat McClaren pada 11 Maret 2016, menggantikannya - agak tidak mungkin - dengan Rafael Benitez.

Tapi, saat itu sudah terlambat. Bahkan, ketika Benitez menghabiskan lebih dari 80 juta pounds (Rp 1,5 triliun) dalam membeli bakat baru dalam skuad, Newcastle tidak bisa menyelamatkan diri.

Dari enam laga tersisa, Newcastle hanya mendapatkan 12 poin. Hasil itu membawa mereka finis di peringkat 18, dua poin di bawah Sunderland. Benitez dihibur dengan nyanyian “kami ingin Anda bertahan” setelah kemenangan 5-1 atas Tottenham di hari terakhir.

Garis depan klub yang mengerikan tidak membantu banyak hal. Penandatanganan pinjaman Seydou Doumbia tidak berdampak, pahlawan satu kali Papiss Cisse telah diperiksa secara mental, sementara pemain 6 juta pounds (Rp 116 triliun), Emmanuel Riviere, pemain yang dibeli dari Monaco musim sebelumnya, terbukti menjadi salah satu striker terburuk klub.

Agar adil bagi Ashley dan timnya, sebagian besar pemain 2015/2016 ternyata baik-baik saja.
Hanya Florian Thauvin yang benar-benar menjadi bencana, tetapi sang gelandang telah menunjukkan bahwa dia memiliki bakat untuk bermain untuk Newcastle. Dia hanya lebih suka bermain di French Riviera, seperti kebanyakan dari kita.

Wijnaldum luar biasa, Mitrovic mencetak lebih banyak gol (delapan) daripada menerima kartu merah (dua), dan Mbemba yang berusia 21 tahun jelas memiliki kemampuan lebih dari Steven Taylor.

Tetapi, manajemen yang buruk dan hubungan lemah yang ada di dalam skuad membuat semua pengeluaran itu sia-sia. Terlebih lagi, beberapa perekrutan yang lebih fantastis — Saivet memberikan beban keuangan pada klub untuk musim yang akan datang.

Saat ini, Newcastle bisa membeli Henri Saivet 10 kali lipat dan masih menghindari bahaya finansial. Tapi, klub harus waspada: pengeluaran besar tidak akan selalu menyelamatkan Anda.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Newcastle United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network