Sedang Tren, Klub Liga 1 Bersihkan Ruang Ganti Stadion Setelah Pertandingan

"Meski meniru Jepang di Piala Dunia 2018, aksi ini layak diberi acungan dua jempol."

Feature | 09 December 2021, 17:24
Sedang Tren, Klub Liga 1 Bersihkan Ruang Ganti Stadion Setelah Pertandingan

Libero.id - Ada fenomena menarik yang terjadi di sejumlah klub Liga 1 2021/2022. Jika dulu banyak yang tidak peduli dengan kebersihan ruang ganti stadion, sekarang kondisinya berbeda. Beberapa tim terciduk membersihkan locker room sebelum meninggalkan stadion. 

Tidak lama lagi, Liga 1 musim ini akan memasuki akhir putaran pertama. Banyak pertandingan menarik tersaji. Ada yang puas dengan penampilan skuadnya. Tapi, beberapa lain sangat mengecewakan.

Pergantian pelatih juga menjadi hal yang lumrah di sepakbola Indonesia karena tuntutan suporter yang mengingingan setiap pertandingan berujung kemenangan. Bayangkan, tujuh pelatih harus dipecat dengan enam diantaranya terjadi sepanjang November 2021.  

Selain itu, sejumlah insiden juga mewarnai kompetisi sepakbola kasta tertinggi di Indonesia. Permainan keras yang menjurus kasar tetap mendominasi. Protes berlebihan juga masih banyak. Begitu pula dengan keputusan wasit yang kontroversial belum bisa lepas sepenuhnya dari pertandingan-pertandingan Liga 1. 

Namun, bukan hanya hal negatif yang terjadi. Pemandangan indah juga bisa dinikmati para pendukung. Beberapa klub peserta ternyata sudah memiliki kesadaran yang tinggi terkait kebersihan.

View this post on Instagram

A post shared by Persebaya (@officialpersebaya)

Meski tidak semua klub melakukannya, tim-tim seperti Persebaya Surabaya, Arema FC, hingga Bhayangkara FC dengan bangga memposting di akun media sosial masing-masing tentang aktivitas membersihkan locker room setelah pertandingan. Tak lupa, mereka menempatkan tulisan ucapan terima kasih. 

Ide membersihkan ruang ganti sebenarnya bukan murni dari sepakbola Indonesia. Ini datang pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Saat itu, aksi tim nasional Jepang viral setelah gambar kebersihan ruang ganti tersebar di media sosial.

Contohnya, ketika Jepang disingkirkan Belgia dari perempat final. Kekalahan dramatis 2-3 membuat Samurai Biru tersingkir dan harus kembali ke Tokyo. Sebelum meninggalkan stadion, mereka membersihkan ruang ganti seperti terlihat baru. Tak lupa, tulisan "Terima kasih" dalam bahasa dan alfabet Rusia mereka tuliskan di kertas.

Publik semakin kagum karena sejumlah foto dan rekaman video yang tersebar menunjukkan suporter Jepang memunguti sampah di tribun. Itu menunjukkan peradaban yang sangat tinggi dari bangsa Jepang.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network