Main Jelek di Laga Perdana, STY: Cuaca Panas

"Sudah siapkah kita melawan Vietnam dan Malaysia?"

Berita | 09 December 2021, 23:39
Main Jelek di Laga Perdana, STY: Cuaca Panas

Libero.id - Timnas Indonesia memang menang dengan skor yang cukup meyakinkan dari Kamboja, yakni 4-2, tetapi secara keseluruhan permainan skuad Garuda masih compang camping dan perlu banyak yang harus dibenahi.

Dalam laga yang digelar di Bishan Stadium, Singapura, pada Kamis (9/12) malam WIB itu tercatat secara statistik akhir Indonesia punya tingkat akurasi umpan cuma 25 persen, pengusaan bola 42,8 persen, dan catatan buruk lainnya.

Hal itu sangat terasa di babak kedua, stamina para pemain Indonesia tampak loyo. Tim asuhan Shin Tae-yong sangat sering  kehilangan bola, dan  payah dalam melakukan umpan-umpan pendek atau panjang, Kamboja pada akhirnya mendominasi jalannya laga, untungnya skuad Garuda bisa tetap mempertahankan keunggulan.

Dan atas performa kurang maksimal itu, mantan pelatih timnas Korea Selatan menjelaskan bahwa anak besutannya terkendala cuaca panas di Singapura. Terlebih, selama ini mereka beradaptasi dengan cuaca dingin di pemusatan latihan jelang Piala AFF yang dihelat di Turki.

''Kami bermain di pemusatan latihan di tempat sejuk, tetapi ke Singapura cuaca sangat panas. Jadi, kondisi down dan itu menjadi bagian yang akan kami diperbaiki,'' kata Shin Tae-yong usai laga.

Pernyataan yang cukup aneh, mengingat hampir semua pemain Indonesia merasakan bagaimana terik nya matahari negeri zamrud khatulistiwa.

Dan memang performa babak kedua skuad Garuda sangat bertolak belakang dari yang mereka tampilkan di 45 menit pertama. Di paruh pertama, Evan Dimas dan rekan-rekan tampil enerjik dan bisa mencetak tiga gol.


''Pertandingan pertama sangat sulit. Tetapi, kami mencetak gol cepat jadi bisa mendapatkan hasil maksimal. Setelah babak pertama, kami anggap lawan terlalu mudah, dan itu jadi membuat susah kami sendiri,'' jelas Shin Tae-yong lebih lanjut.


Meski demikian, Shin Tae-yong tak lupa juga untuk memberi apresiasi atas perjuangan skuad Garuda. Tentu dengan banyak catatan: ''Saya mengucapkan selamat kepada pemain atas kemenangan pertama. Saya percaya, ke depannya akan lebih baik lagi,'' tutupnya.

Di laga itu, empat gol timnas Indonesia masing-masing dicetak oleh Rachmat Irianto (4' dan 33'), Evan Dimas (17') dan Ramai Rumakiek (54'). Sementara, dua gol balasan Kamboja dicetak oleh Yue Safy (37') dan Prak Mony Udom (60').

Selanjutnya, Indonesia akan memainkan laga kedua dengan melawan Laos pada Minggu (12/12/2021) sore WIB. Semoga permainan timnas jauh lebih menyenangkan untuk dilihat.

(gigih imanadi darma/mag)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network