Chanwit Phoncewin Ungkap Kekuatan Timnas Indonesia yang Mesti Diwaspadai

"Eks pelatih Thailand yang berpengalaman di Piala AFF"

Berita | 28 December 2021, 10:29
Chanwit Phoncewin Ungkap Kekuatan Timnas Indonesia yang Mesti Diwaspadai

Libero.id - Timnas Thailand kembali melenggang ke babak final Piala AFF 2020. Kepastian itu didapat usai tim besutan Alexandre Polking bisa menahan imbang Vietnam tanpa gol di leg kedua semifinal. Dimana sebelumnya pada leg pertama, Teerasil Dangda dan rekan-rekan menang 2-0 tanpa balas atas The Golden Star.

Di partai penentu juara, Thailand akan berhadapan dengan timnas Indonesia, lawan yang tidak lagi asing, sebab kedua negara sudah pernah bertemu di partai final sebanyak 3 kali. The War Elephants sendiri selalu memiliki memori manis kala berjumpa Indonesia di laga pamungkas. Dimana mereka selalu menang dan akhirnya juara.

Termasuk yang terakhir di Piala AFF 2016. Kala itu, Thailand menyabet gelar juara usai menumbangkan Indonesia di partai final dengan agregat 3-2 dan salah satu pelatih yang ikut andil ketika Thailand merajai Asia Tenggara ialah Chanwit Phoncewin.

Nama juru taktik berusia 66  tahun itu tentunya sudah punya gambaran tersendiri mengenai Indonesia, dan Chanwit Phoncewin tak sungkan untuk membeberkan apa-apa saja yang perlu diwaspadai dari tim besutan Shin Tae-yong itu.

Setidak-tidaknya Chanwit menjelaskan bahwa ada tiga kekuatan Indonesia yang patut diwaspadai dan harus jadi perhatian serius Thailand.

“Melawan timnas Indonesia tentu akan menjadi laga yang melelahkan, terutama karena kemampuan khasnya, yakni pressing bersama-sama, yang menjadi sorotan berbahaya. Gaya seperti itu tidak disukai sepakbola Thailand,” ungkap Chanwit dikutip dari media Thailand, SiamSport.

“Ada juga serangan balik yang cepat, kemudian permainan bertahan yang dinilai cukup tangguh. Kami harus menyusun dengan cermat,” tambahnya.

Jadi, kalau boleh diringkas, 3 hal menurut Chanwit Phoncewin itu antara lain: pressing, serangan balik yang cepat, lini belakang yang cukup tangguh.

Selain itu, Chanwit Phonchewin juga menuturkan bahwa laga melawan Indonesia adalah persoalan tentang kerja keras, konsentrasi tinggi dan bagaimana caranya agar para pemain tidak gegabah dalam situasi apapun.

Sebagai catatan, baik Thailand dan Indonesia maju ke partai final dengan sama-sama mempunyai catatan mentereng. Thailand merupakan tim paling sedikit kebobolan dengan hanya satu gol, sedangkan Indonesia adalah tim yang paling produktif dengan torehan 18 gol.

Nantinya, final Piala AFF 2020 antara Thailand dan Indonesia akan berlangsung dalam dua leg. Laga perdana akan digelar pada Rabu (29/12/2021) dan leg kedua akan dilangsungkan tiga hari berselang, Sabtu (1/1/2022), keduanya akan dihelat di National Stadium Singapura.

(gigih imanadi darma/mag)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network