Selamat Ulang Tahun!

Tidak Ada Teco di Bench Bali United Saat Lawan Persebaya, Ini Alasannya

"Tanpa Teco, hasilnya mengecewakan, kalah 1-3. Jadi, di manakah dirimu Coach?"

Feature | 05 January 2022, 22:59
Tidak Ada Teco di Bench Bali United Saat Lawan Persebaya, Ini Alasannya

Libero.id - Ada pemandangan aneh saat Bali United menghadapi Persebaya Surabaya, Rabu (5/1/2022) malam. Tidak ada Stefano Cugurra Teco di bench, meski statusnya masih pelatih kepala Serdadu Tridatu. Pria asal Brasil itu juga tidak sedang terpapar Covid-19 atau menjalani hukuman PSSI. Lalu, di mana Teco?

Pertandingan Liga 1 2021/2022 setelah pergantian tahun dibuka dengan Arema FC dengan Persikabo 1973 yang dilanjutkan Persebaya Surabaya versus Bali United. Hasilnya, Bali kalah 1-3. 

Meski Serdadu Tridatu bertanding melawan Bajul Ijo, Teco ternyata tidak tampak di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar. Yang terlihat di bangku cadangan adalah para asisten pelatih seperti Antonio Claudio, Marcelo Pires, I Made Wardana, Yogie Nugraha, hingga Muhammad Rasyid. 

Lalu, di mana Teco? Ternyata, mantan pelatih Chiangrai United tersebut sedang berada di kampung halamannya Brasil. 

Bukan untuk menjalani liburun Natal Tahun Baru, melainkan menjalani kursus kepelatihan lisensi A Pro. Itu merupakan lisensi tertinggi pelatih di Amerika Selatan yang setara dengan AFC Pro di Asia atau UEFA Pro di Eropa.

Teco mengaku senang menjalani pelatihan, meski harus meninggalkan para pemain Bali yang sedang bertanding. Pasalnya, ilmu sepakbola yang didapatkan dari instruktur-instruktur CBF maupun CONMEBOL sangat berguna bagi masa depan Teco dan Bali.

10 Foto Wags yang Eksis di Era 90-an

10 Foto Wags yang Eksis di Era 90-an

"Prosesnya bagus dari kursus ini. Saya senang karena di kelas bersama beberapa pelatih di Serie A Brasil. Ada Cuca, Rogerio Ceni, Renato Gaucho, Guto Ferreira, dan pelatih-pelatih yang kerja di luar Brasil, seperti Korea, Ekuador dan Afrika. Harapan saya selesai kursus ini bisa lebih banyak pilihan dan bervariasi di latihan Bali United," kata Teco di situs resmi Serdadu Tridatu.

Nama-nama pelatih yang sedang menjalani kursus juga merupakan legenda sepakbola di Brasil. Sebut saja Ceni, yang  merupakan kiper legendaris Sao Paulo. 

Ada lagi ada Cuca. Pemilik nama asli Alexi Stival itu baru saja membawa Atlético Mineiro memenangi gelar juara Campeonato Mineiro, Campeonato Brasileiro Serie A, dan Copa do Brasil. Selain itu, juga ada Renato yang merupakan mantan pemain timnas dan kini menangani Flameno. Lalu, Guto, yang kini menangani Bahia.

Pengalaman berharga itu diharapkan menjadi modal Teco ketika kembali ke Indonesia sebagai pelatih profesional dengan ilmu yang semakin banyak. 

(andri ananto/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan