Beckham Moncer di Liga 1, Shin Tae-yong Punya Stok Gelandang Jempolan

"Tidak seperti striker, Indonesia selalu punya banyak gelandang kreatif."

Analisis | 08 January 2022, 17:33
Beckham Moncer di Liga 1, Shin Tae-yong Punya Stok Gelandang Jempolan

Libero.id - Beda dengan sektor penyerang, Shin Tae-yong sepertinya tidak akan terlalu sulit menemukan pemain untuk tim nasional Indonesia U-23 pada posisi gelandang. Dua pesepakbola muda di lini tengah tampil moncer pada pekan pertama seri keempat Liga 1 2021/2022. 

Pada Rabu (5/1/2022), Marselino Ferdinan tampil luar biasa saat Persebaya Surabaya mengalahkan Bali United 3-2. Remaja berusia 17 tahun tersebut mencetak satu gol dan berperan pada dua gol lainnya. Dia juga dinobatkan sebagai Man of the Match. 

Dua hari setelah Marselino bersinar, giliran Beckham Putra Nugraha yang berkibar. Saat Perisb Bandung mengalahkan Persita Tangerang 1-0 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (7/1/2022), Beckham juga jadi Man of the Match. 

Gol kemenangan Persib dicetak Bruno Cantanhede pada menit 33 dan hanya melalui titik putih akibat kesalahan Rendy Oscario. Tapi, peran Beckham lauak mendapatkan acungan dua jempol. Pemuda berusia 20 tahun ini tampil impresif dan memberikan warna berbeda bagi permainan Maung Bandung.

Adik Gian Zola tersebut beberapa kali memberikan ancaman melalui umpan terobosan. Beckham juga hampir mencetak gol dengan tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Akibatnya, beberapa kali pemain Pendekar Cisadane terpaksa melakukan pelanggaran keras untuk menghentikan pergerakan Beckham. 

Pada pertandingan itu, Beckham dipasang sebagai gelandang serang dalam skema 4-4-2. Dia ditugaskan berkolaborasi dengan Marc Klok, Muhamad Rashid, Fabri Hariyadi, untuk membantu lini depan Persib yang dihuni David da Silva dan Bruno Cantanhede.

Sejauh ini, Beckham sudah mencatatkan 12 penampilan dari 18 laga yang dilakoni Persib. Pemilik nomor punggung tujuh tersebut sanggup mencetak dua gol dan dua assist.

Dengan kondisi seperti itu, Timnas U-23 tidak akan kesulitan mencari pemain tengah kreatif saat Piala AFF U-23 dilaksanakan di Kamboja, bulan depan. Beckham bisa menjadi opsi bersama Marselino. Apalagi, bermain membela logo Garuda di dada sudah sering dilakukan Beckham. 

Beckham adalah anggota timnas U-19 saat menempati peringkat ketiga Piala AFF U-19 2019. Saat itu, turnamen digelar di Vietnam dan Beckham berhasil mencetak empat gol. 

Saat timnas ditangani Tae-yong, Beckham sempat dipanggil TC di Tajikistan guna persiapan menghadapi Australia pada Kualifikasi Piala AFC U-23, Oktober 2021. Saat itu, Beckham tampil pada pertandingan uji coba melawan Nepal, yang berakhir dengan kemenangan timnas U-23 2-0. 

Tapi, saat giliran menghadapi Australia, Beckham tidak masuk dalam skuad karena hanya 23 nama yang boleh didaftarkan. Beckham menjadi satu dari nema nama yang harus duduk di tribun seleian Febby Eka Putra, Natanael Siringoringo, Rabbani Tasnim, Genta Alparedo, dan Muhammad Firly.

Pencoretan itu bukan karena kualitas Bechkam, melainkan karena kondisi fisik yang belum sepenuhnya siap, dan itu terlihat pada penampilan saat menghapi Nepal. Akibatnya, Beckham harus memberi ruang kepada Marselino, Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek, Eka Febri Setiawan, Kanu Helmiawan, dan Gunansar Mandowen yang lebih siap.

Kini, tiga bulan berselang, semuanya sudah berubah. Beckham semakin matang dengan performa bagus di Liga 1. Artinya, kemungkinan besar Beckham akan menjadi salah satu pemain yang dipanggil untuk Piala AFC U-23. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network