Terulang Lagi, Pemain Liga 1 2021/2022 Salah Gunakan Identitas di Jersey

"Apakah Persija tidak belajar dari kasus salah jersey PSIS dan Persibo? Entahlah!"

Analisis | 12 January 2022, 14:25
Terulang Lagi, Pemain Liga 1 2021/2022 Salah Gunakan Identitas di Jersey

Libero.id - Kesalahan sepele terus terjadi di kompetisi sepakbola kasta tertinggi Indonesia. Jika beberapa bulan lalu Jandia Eka Putra salah mengejakan jersey Joko Ribowo, kali ini giliran Riko Simanjuntak. Kok, bisa?

Entah apa yang terjadi pada kitman di beberapa klub Indonesia musim ini, fakta menunjukkan kesalahan elementar terjadi dan berpotensi merugikan klub. Pada 22 November 2021, saat PSIS Semarang melawan PSM Makassar, Jandia salah menggunakan seragam Ribowo bernomor 33. Seharusnya, 30. 

Akibatnya, fatal. Manajemen Laskar Mahesa Jenar harus membayar denda karena dianggap menggunakan pemain ilegal. Saat itu, Komite Disiplin (Komdis) PSSI menyatakan Jandia didenda Rp10 juta untuk jenis pelanggaran memakai jersey tidak sesuai dengan identitasnya. 

Jandia dianggap menyalahi regulasi Liga 1 Pasal 44 ayat 3. Pelanggaran terhadap pasal ini akan dikenakan sanksi denda Rp10 juta. 

"Ini tidak disengaja dan mungkin karena sama-sama kuning. Sebagai orang tuanya adik-adik @psisfcofficial saya minta maaf pada seluruh pecinta bola di tanah air," tulis Komisaris PSIS, Junianto, di akun Instagram pribadinya, @anto_van_java, saat itu.

Tapi, hukuman itu tergolong ringan karena pada kasus yang sama di Liga 3 Jawa Timur saat Persibo Bojonegoro melawan Mitra Surabaya, 2 Desember 2021. Pada laga itu, Persibo didakwa memainkan pemain tidak sah karena menggunakan identitas nomor punggung yang tak sesuai dalam daftar susunan pemain. 

Akibat pelanggaran itu, Persibo dihukum denda Rp50 juta dan kalah 0-3. Tapi, denda itu kemudian diringankan menjadi hanya Rp20 juta setelah banding yang diajukan diterima Komite Banding (Komding) Asprov PSSI Jatim.

Sialnya, seperti tidak belajar dari kasus sebelumnya, Persija mengulangi kesalahan yang sama saat berhadapan dengan Persipura Jayapura di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (11/1/2022) malam. Kali, ini melibatkan Riko dan Samuel Simanjuntak.

Saat itu, Persija menurunkan Riko sejak menit awal laga. Tapi, Riko tidak menggenakan seragam bernomor pungggung 25. Mantan pemain Semen Padang itu mengenakan jersey bernomor punggung 31 bertuliskan "S Simanjuntak". Jersey itu milik Samuel.

Beruntung, inisden memalukan tersebut tidak berlangsung lama karena ofisial Persija segera menyadarinya. Riko kemudian mengganti seragamnya. Tapi, Persija tetap terancam terkena sanksi karena pengawas pertandingan sudah melihat kejadian tersebut.

Selain itu, rekaman gambar ketika Riko mengenakan jersey Samuel viral di berbagai platform media sosial. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network