Gunakan Asisten Wasit Tambahan, Iwan Bule: Bentuk Komitmen PSSI untuk Memperbaiki Kinerja Wasit

"Apakah kinerja wasit Liga 1 akan semakin membaik? mari kita tunggu saja."

Berita | 06 March 2022, 14:11
Gunakan Asisten Wasit Tambahan, Iwan Bule: Bentuk Komitmen PSSI untuk Memperbaiki Kinerja Wasit

Libero.id - PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar penerapan dan pengarahan kepada asisten wasit tambahan jelang bergulirnya Seri V BRI Liga 1 2021/2022 di Bali.  Acara itu berlangsung dari  tanggal 5-7 Maret 2022.

Dalam acara tersebut, Sekjen PSSI, Yunus Nusi dan Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita akan membuka sekaligus memberikan pengarahan. PSSI berharap adanya kegiatan evaluasi tersebut bisa memberikan efek baik kepada wasit-wasit yang akan menjalani tugas di series terakhir Liga 1 musim 2021/2022.

"Ini bentuk komitmen PSSI untuk meningkatkan dan memperbaiki kinerja wasit. Pada penerapan asisten tambahan wasit ini mereka akan di tes teori dan praktik. Kami akui saat ini lagi disorot dengan banyaknya kejadian kontroversial. Semoga di seri terakhir BRI Liga 1 tidak ada lagi permasalahan dari wasit," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan seperti dilansir dari pssi.org.

Iwan Bule, sapaan akrabnya, juga menegaskan perlunya asisten wasit tambahan atau additional assistant referee (AAR) sebagai alternatif solusi. Ke depan PSSI juga akan menerapkan video assistant referee (VAR).

"Dalam prosesnya, PSSI telah mengedukasi seluruh wasit yang nantinya akan ditugaskan sebagai AAR pada tanggal 10-14 Februari lalu dengan mendatangkan dua orang instruktur wasit FIFA," jelasnya.

Peralatan yang dibutuhkan AAR sudah sampai ke Bali dan rencananya simulasi akan dilaksanakan pekan ini sehingga mulai tanggal 9 Maret sudah bisa dipakai.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network