Hasil Pekan 33 Tunjukkan Satu Tim Degradasi Ditentukan di Laga Terakhir

"Meski meraih 36 poin, posisi PSS belum aman. Kok, bisa? Ini penjelasannya!"

Analisis | 25 March 2022, 03:32
Hasil Pekan 33 Tunjukkan Satu Tim Degradasi Ditentukan di Laga Terakhir

Libero.id - Kemenangan Barito Putera, PSS Sleman, dan Persipura Jayapura pada pertandingan pekan 33, Kamis (24/3/2022), berarti satu tiket degradasi akan ditentukan pada pertandingan terakhir.

Drama tim-tim panas bawah menghindari degradasi dimulai dengan pertandingan Barito melawan Persita Tanggerang. Laskar Antasari berhasil memetik kemenangan 2-0 pada pertandingan di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar. Bayu Pradana dan Bruno Matos jadi pahlawan pasukan Rahmad Darmawan.

Kemenangan Barito benar-benar membuat PSS tertekan pada pertandingan yang hanya berselisih satu jam. Melawan tim yang sudah degradasi, Persela Lamongan, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Super Elang Jawa terlihat terbebani.

Sempat tertinggal 0-1 melalui Gian Zola, PSS kemudian balik unggul 2-1 lewat penalti Kim Kurniawan dan Mario Maslac. Persela sempat menyakan skor 2-2 melalui Jose Wilkson. Tapi, penalti Dave Mustaine kembali membuat PSS unggul 3-2 dan menjaga asa bertahan di Liga 1 2022/2023.

Tiga poin yang didapatkan Barito dan PSS tampaknya melecut semangat Persipura saat menghadapi PSIS Semarang di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar. Mutiara Hitam unggul 4-0 melalui Ferinando Pahabol, Yevhen Bokhashvili, Ramiro Fergonzi, dan Ramai Rumakiek. Persipura tidak terkalahan dalam enam laga terakhir.

Dengan hasil itu, posisi di klasemen tidak banyak berubah. PSS berada di posisi 13 dengan 36 poin. Lalu, Barito di posisi 14 dengan 35 poin, atau sama dengan PSM Makassar di posisi 15 yang baru akan bertanding Jumat (25/3/2022). Sementara Persipura dengan 33 poin ada di posisi 16.

Sebenarnya, poin maksimal untuk menghindari degradasi adalah 36. Dan, itu sudah didapatkan Super Elang Jawa. Masalahnya, PSSI menggunakan mekanisme head to head untuk menentukan posisi jika ada tim yang poinnya sama.

Artinya, 36 poin yang didapat PSS belum sepenuhnya aman. Sebab, jika kalah di pertandingan terakhir dan Persipura menang, maka PSS akam turun kasta. Itu lantaran PSS kalah 0-4 dan hanya bermain imbang 1-1 dalam dua pertemuan melawan Mutiara Hitam.

Libero.id

Klasemen sementara papan bawah BRI Liga 1 2021/2022.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network