Kenalkan Esmee Brugts, Calon Bintang Timnas Wanita Belanda

"Wanita yang tak mau kalah dengan pemain pria."

Biografi | 16 July 2022, 00:41
Kenalkan Esmee Brugts, Calon Bintang Timnas Wanita Belanda

Libero.id - Tidak hanya di Sepakbola Pria, Belanda juga menjadi adalah salah satu negara yang memiliki banyak stok pemain berbakat untuk sepakbola wanita.

Selain bintang Arsenal, Vivianne Miedema, yang sukses membawa Belanda menjuarai EURO Wanita 2017, nama Esmee Brugts juga sepertinya pantas disebut sebagai calon bintang Belanda berikutnya di timnas sepakbola Wanita Negeri Kincir Angin.

Wanita kelahiran 28 Juli 2003 itu memulai kariernya di level internasional bersama timnas Belanda dari tingkat U-15 sampai U-23. Dia berhasil mencetak beberapa gol dalam perjalanan kariernya.

Hingga akhirnya, Brugts mendapatkan kesempatan debut di timnas senior Belanda pada 16 Februari 2022. Momen itu tercipta saat pertandingan Belanda melawan Brasil selama Tournoi de France 2022.

Pemain yang baru berusia 18 tahun itu kini telah mencetak gol pertamanya untuk tim nasional Belanda dalam pertandingan melawan Siprus pada 8 April 2022.

Sementara di level klub, Esmee Brugts awalnya mulai bermain sepakbola dengan anak laki-laki saat dia masih berusia lima tahun untuk SV Heinenoord.

Namun, dia pindah ke FC Binnenmaas delapan tahun kemudian untuk bermain di sana selama empat tahun.

FC Binnenmaas adalah klub sepakbola amatir Belanda di Maasdam, sebuah desa kecil ini terletak sekitar 100 kilometer dari kota Eindhoven. Dari sanalah Brugts tumbuh dan berkembang hingga menjadi sekarang. 

Saat ini dia adalah pemain berusia 18 tahun yang dapat bermain sebagai sayap kiri atau sebagai pemain No.10. Dia mewakili negaranya di Kejuaraan Eropa Wanita musim panas ini sebagai upaya Belanda untuk mempertahankan gelar yang mereka menangkan pada 2017. 

Pelatih Brugts di Binnenmaas, Marcus Heinerman, baru-baru ini telah menceritakan empat tahun saat dia melatih sang calon bintang itu. Ketika Heinerman pertama kali melihatnya, di mana saat itu Brugts sedang bermain untuk SV Heinenoord, klub di desa asalnya.

Setahun akan berlalu sebelum Binnenmaas akhirnya mendapatkan penyerang berbakat untuk bergabung, tapi dia pantas untuk ditunggu.

Ketika ditanya apa yang membuatnya menonjol, Heinerman tidak ragu-ragu menjawab "Mentalitasnya".  

“Dia selalu ingin memberikan yang terbaik. Bahkan, ketika musim berakhir, dia masih ingin berlatih. Dengan anak laki-laki, ketika kami kalah dalam permainan, dia selalu kritis terhadap dirinya sendiri. 'Itu pasti lebih baik. Itu harus lebih baik. Itu pasti lebih baik'," ujar pelatih Brugts itu.

“Dia selalu berkelahi dengan anak laki-laki untuk mendapatkan bola” – sementara keterampilan teknisnya segera terlihat.

“Kerja kakinya sangat bagus. Setiap bola yang dia ambil, itu terkendali,” tambah Heinerman.

Kini, bakat Brugts tidak butuh waktu lama untuk menarik perhatian Asosiasi Sepak Bola Belanda. Semuanya bergerak sangat cepat untuk Brugts, yang menempati peringkat 12 dalam daftar NXGN 2022 sejak pindah ke Eindhoven.

Dia menjadi bagian dari tim PSV, memenangkan Piala Belanda, mencetak gol di Liga Champions. Dan, pada Februari 2022, dia membuat debut seniornya di Belanda.

Hanya pada penampilan ketiganya untuk negaranya dia mencetak gol pertamanya. Ketika Brugts melakukan debutnya di Euro musim panas ini, dia adalah pemain pengganti yang tidak digunakan dalam hasil imbang 1-1 dengan Swedia pekan lalu. Itu menjadi penampilan ketujuhnya.

Apakah kesuksesan seperti itu datang untuk Brugts dengan Belanda musim panas ini atau tidak, mari kita nantikan. Yang jelas, dia pasti memiliki momen besar dengan negaranya di beberapa titik dalam kariernya.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network