Perbandingan Lini Belakang Liverpool Musim 2014-15 dan 2019-20, Beda Banget

"Memang beda pas banter era dengan masa Juergen Klopp."

Analisis | 24 July 2020, 09:27
Perbandingan Lini Belakang Liverpool Musim 2014-15 dan 2019-20, Beda Banget

Libero.id - Sekarang Liverpool berhak mengklaim diri sebagai salah satu ‘klub terkuat di dunia’, seiring dengan prestasinya di kancah domestik maupun benua Biru. Catatan statistiknya, baik secara individu maupun tim juga luar biasa.

The Anfield Gank kini lebih dikenal dengan kemampuan trio penyerang mereka yang disingkat dengan nama FirManSah (Roberto Firmino, Sadio Mane dan Mohamed Salah).

Selain itu, sejak dipegang oleh Jurgen Klopp, The Reds perlahan tapi pasti mulai memperbaiki rapuhnya lini belakang tim yang selalu jadi masalah.

Bek-bek yang kokoh menjadikan mereka sebagai salah satu tim dengan pertahanan terbaik di Eropa dalam 3 musim terakhir. Hal itu tak lepas dari banyaknya pergantian pemain belakang yang dilakukan dalam 5 tahun terakhir, tepatnya setelah Brendan Rodgers didepak dari Anfield.

Mungkin titik yang cukup memprihatinkan dari lini pertahanan Liverpool terjadi di musim 2014/15, dimana mereka hanya bisa finish di posisi ke-6 Liga Premier dan harus tersingkir lebih awal di ajang Liga Champions.

Tetapi di musim 2018/19, dengan pemain baru dan beberapa nama lama, Liverpool mampu  finish sebagai runner-up Liga dengan hanya berselisih satu angka dari Manchester City, plus mereka mampu menambah raihan gelar Liga Champions-nya menjadi yang keenam. Di musim 2019/20 Liverpool juga semakin baik dalam urusan pertahanan dan memastikan gelar Liga ke-19 nya usai mengalahkan Chelesa 5-3 dini hari tadi.

Berikut perbandingan pemain bertahan Liverpool di musim 2014/15 dengan musim 2019/20;

1.Trent Alexander-Arnold sekarang sangat pantas menyandang gelar sebagai salah satu bek sayap kanan terbaik di dunia dengan prestasi dan catatan statistiknya yang mengesankan bersama Liverpool. Di musim ini, dirinya telah membuat 40 penampilan untuk The Reds, mencetak 4 gol serta 13 assist di Liga Premier, hanya terpaut 5 assist dari Kevin de Bruyne sebagai pemuncak assist di Liga.

Libero.id

Trent Alexander-Arnold dan Javier Manquillo. Kredit: liverpoolfc.com

Sebelumnya, Javier Manquillo adalah bek sayap kanan Liverpool di musim 2014/15. Pemain Spanyol itu adalah pemain pinjaman dari Atletico Madrid dan membuat 19 penampilan untuk The Anfield Gank serta mencatatkan 2 assist. Manquillo sekarang bermain untuk Newcastle United.


2. Joe Gomez adalah pemain yang briilian untuk Liverpool sebagai seorang bek tengah. Di musim ini, pemain berusia 23 tahun itu telah membuat 34 penampilan untuk Liverpool.

Libero.id

Joe Gomez dan Dejan Lovren. Kredit: liverpoolfc.com

Sementara itu, Dejan Lovren sebagai pemain yang telah bergabung sejak musim 2014/15, adalah satu nama yang tak bisa dilupakan begitu saja. Terutama ketika menjadi pilihan utama  Brendan Rodgers di posisi bek tengah. Pria Kroasia itu telah mencatatkan 38 penampilan untuk Liverpool dan mencetak 1 gol. Posisinya di Anfield sekarang, perlahan tapi pasti telah digantikan oleh Gomez.


3. Virgil van Dijk menjadi pemain bertahan kedua yang mampu memenangkan penghargaan PFA Player of the Year Award pada tahun 2019 setelah John Terry yang lebih dahulu mendapatkannya. Di musim ini, pria Belanda itu telah membuat 41 penampilan untuk Liverpool dan mencetak 4 gol serta memberikan 2 assist.

Libero.id

Virgil van Dijk dan Mamadou Sakho. Kredit: liverpoolfc.com

Sebelum van Djik, ada nama Mamadou Sakho yang menjadi pemain reguler untuk Liverpool di musim 2014/15. Pemain yang kini berseragam  Crystal Palace itu, membuat 27 penampilan selama musim tersebut.


4. Andy Robertson, sama bagusnya dengan Trent Alexander-Arnold. Robertson tidak hanya suka membantu lini pertahanan sebagai kewajiban utamanya tetapi dirinya juga kerap kali maju untuk membantu penyerangan. Musim ini, kapten Skotlandia itu telah membuat 41 penampilan untuk Liverpool, mencetak 2 gol dan memberikan 7 assist untuk rekan-rekannya.

Libero.id

Andy Robertson dan Alberto Moreno. Kredit: liverpoolfc.com

Alberto Moreno adalah bagian dari skuat Liverpool di musim 2014/15. Pada musim itu, mantan pemain Sevilla itu membuat 41 penampilan untuk Liverpool, mencetak 2 gol dan memberikan 1 assist.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Liverpool


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network