Nama Klub Sepakbola Terpanjang di Dunia Ini Sulit Masuk di Akal

"Sulit pula membacanya."

Feature | 09 August 2020, 02:02
Nama Klub Sepakbola Terpanjang di Dunia Ini Sulit Masuk di Akal

Libero.id - Kenal Clwb Pel Droed Llanfair­pwllgwyngyll­gogery­chwyrn­drobwll­llan­tysilio­gogo­goch Football Club? Jika tidak, wajar. Pasalnya, itu adalah klub sepakbola dengan nama terpanjang dan paling rumit di dunia.

Tim yang biasa disapa CPD Llanfairpwll FC itu juga berasal dari wilayah yang juga memilik nama panjang dan rumit, Llanfair­pwllgwyngyll­gogery­chwyrn­drobwll­llan­tysilio­gogo­goch. Desa yang biasa disebut Llanfairpwllgwyngyll itu berlokasi di Pulau Anglesey, Wales.

Libero.id

CPD Llanfairpwll FC

Selain rumit dan panjang, Llanfairpwll  juga bukan klub terkenal. Mereka berstatus amatir. Tim berseragam biru-hitam tersebut bermain di Anglesey League. Itu merupakan merupakan kompetisi amatir dan berada di level 6 dalam sistem sepak bola Wales.

Lahir pada 1899 atau sama dengan berdirinya AC Milan, Llanfairpwll belum pernah bermain di kasta teratan kompetisi Wales. Namun, para pendirinya memang sengaja memilih nama yang panjang dan berliku, mencapai 73 huruf, agar diingat orang-orang dari seluruh penjuru bumi.

Sejak didirikan Llanfairpwll berharap dapat menarik minat wisatawan dari seluruh penjuru Wales, Britania Raya, dan Eropa untuk datang. Nama dalam Bahasa Wales itu jika diterjemahkan dalam Bahasa Inggris menjadi Parish [church] of [St.] Mary (Llanfair) [in] Hollow (pwll) of the White Hazel [township] (gwyn gyll) near (go ger) the rapid whirlpool (y chwyrn drobwll) [and] the parish [church] of [St.] Tysilio (Llantysilio) with a red cave ([a]g ogo[f] goch).

Kalimat itu kurang lebih menggambarkan tempat-tempat wisata unggulan yang ada di Llanfairpwllgwyngyll. Sebut saja  Gereja Santa Maria, Geraja Santo Sulio, Stasiun Kereta  Llanfairpwll, Bangunan Kuno Balai Kota, hingga Gua Merah.

"Tidak ada pemain lawan yang tidak bertanya kepada kami mengapa kami memiliki sebuah klub dengan nama seperti ini. Mereka pikir itu lelucon. Padahal, kami sangat serius," kata Presiden Llanfairpwll, Steve Mullen, dilansir Goal Italia.

Berasal dari daerah terpencil yang hanya memiliki 3.000 penduduk benar-benar mempengaruhi kehidupan Llanfairpwll sehari-hari. Hingga 12 tahun lalu, mereka masih bermain di stadion yang sama uniknya dengan nama klubnya. Selain tidak memiliki tribune penonton, kandang Llanfairpwll juga terletak di pinggir rel kerata api. Stadion itu bernama Y Gors (The Gors).

"Bola yang ditendang para pemain ke luar lapangan sering mengenai penumpang kereta. Biasanya mereka (penumpang kereta) sengaja mengeluarkan kepala dari jendela untuk melihat pertandingan," kenang Mullen.

Meski sudah pindah ke stadion baru dengan nama yang sama, masalah Llanfairpwll belum berakhir. Sebagai tim yang terletak di ujung utara Wales, tantangan utama Llanfairpwll adalah cuaca. Ketika musim dingin, lapangan selalu tertutup salju. Saat musim panas, Pulau Anglesey sering dilanda hujan deras yang membuat rumput stadion tumbuh tak terkendali.

Kandang baru Llanfairpwll diberi nama Maes Eilian alias Eilian's Field. Nama itu diambil dari Legenda lokal tetant orang suci yang selalu menghadirkan keajaiban-keajaiban bagi masyarat di menit-menit terakhir.

"Kami akan terus dicari orang dari seluruh dunia. Mereka yang penasaran dengan Llanfairpwll akan berusaha mencari keberadaan kami," pungkas Mullen.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network