12 Kandidat Pelatih Baru Barcelona, Tinggal Tunggu Resmi Quique Setien Dipecat

"Ternyata tidak cuma Xavi Hernandez kandidat terkuat."

Feature | 16 August 2020, 13:30
12 Kandidat Pelatih Baru Barcelona, Tinggal Tunggu Resmi Quique Setien Dipecat

Libero.id - Kekalahan 2-8 dari Bayern Muenchen benar-benar mencoreng nama besar Barcelona sebagai kesebelasan terbaik di dunia. Tentu saja nama pelatih Blaugrana, Quique Setien menjadi sorotan dan hanya masalah waktu untuk mendepaknya dari Camp Nou.

Mantan pelatih Real Betis itu ditunjuk sebagai pengganti Ernesto Valverde pada bulan Januari lalu dengan sejumlah kegagalan, pertama gagal mempertahankan gelar La Liga dan kedua, Messi dan kawan-kawan harus tumbang di babak 8 besar Liga Champions.

Musim ini sendiri, Blaugrana finis di posisi kedua klasemen La Liga dengan terpaut lima poin dari Real Madrid sebelum mereka benar-benar dipermalukan oleh Bayern Munich di Liga Champions.

Sekarang, Setien akan segera angkat kaki dari Camp Nou, lalu siapakah pelatih atau manajer yang cocok untuk mengambil pekerjaan yang sangat sulit di Camp Nou? Berikut 12 kandidat pelatih yang mungkin akan mengisi kekosongan posisi entrenador Barca:

12. Mauricio Pochettino

Libero.id

Kredit: transfermarkt.com

"Saya tidak akan pernah menjadi manajer Barcelona atau Arsenal karena saya sangat identik dengan Tottenham dan Espanyol," ujar Pochettino.

"Saya dibesarkan di Newell's Old Boys dan tidak akan pernah mengelola Rosario Central. Itu adalah keputusan saya karena saya lebih suka bekerja di ladan  saya di Argentina daripada di beberapa tempat.” Sepertinya sulit untuk membujuk pria Argentina itu untuk menukangi Barca, tapi tidak ada yang mustahil dalam sepak bola, mari kita tunggu saja.

11.Xavi Hernandez

Xavi tampaknya enggan untuk kembali ke Barcelona karena kekacauan yang terjadi - dan untuk para penggemar Blaugrana, anda tidak bisa menyalahkannya. Xavi saat ini sedang fokus dengan perkerjaannya di Qatar, yakni mengelola Al Sadd.

10. Javier Garcia Pimienta

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Memang dilahirkan di Barcelona dan sempat menjadi bagian dari El Barca di era 90-an, Pimienta adalah seorang Cules sejati dan kini sedang melatih tim Barcelona B sejak tahun 2018. Memang kariernya cukup mengecewakan sebagai pemain, namun ia dikenal dengan dedikasinya mengabdikan diri sebagai pelatih tim junior disana.

9. Ronald Koeman

Koeman menghabiskan enam tahun di Barcelona sebagai pemain dan tentunya memiliki pengalaman manajerial untuk diberi pekerjaan itu. Tapi, saat ini Koeman adalah pelatih kepala dari timnas Oranje dan sulit untuk menawar Koeman, bahkan dengan segelontor dana yang banyak, karena ini berurusan dengan masalah nasionalismenya.

8. Patrick Kluivert

Orang Belanda lainnya yang menghabiskan enam tahun di Barcelona. Kluivert saat ini adalah direktur akademi di klub tersebut tetapi pengalaman melatihnya hanya sebatas di tim-tim kecil seperti Jong FC Twente dan timnas Curacao.

7. Julian Nagelsmann

Libero.id

Kredit: dierotenbullen.com

Pelatih berusia 33 tahun itu benar-benar membuat takjub dunia dengan penampilannya bersama RB Leipzig musim ini. Bagaimana tidak, untuk pertama kalinya dalam sejarah dan di usianya yang masih sangat belia, ia mampu membawa Dayot Upamecano dan kawan-kawan ke semifinal Liga Champions plus sejumlah rekor-rekor yang berhasil ia serta timnya pecahkan. Manajemen El Barca perlu mempertimbangkan nama Nagelsmann.

6. Marcelo Gallardo

Pemain asal Argentina itu saat ini sedang menikmati karir melatihya bersama River Plate - pekerjaan yang dia lakukan sejak tahun 2014.

5. Laurent Blanc

Blanc sebenarnya sempat bermain singkat sebagai pemain Barcelona pada musim 1996/97. Sejauh ini, karir Blanc terbilang cukup apik dengan melatih Bordeaux, timnas Prancis dan PSG tetapi belum pernah bekerja kembali sejak dia dipecat pada 2016.

4. Marcelo Bielsa

Berhasil membawa Leeds United kembali lagi ke Liga Premier dengan sejumlah persona dan etika yang berhasil menarik perhatian dunia, Bielsa mungkin bisa cocok untuk Barca, apalagi dirinya juga pernah melatih tim asal Spanyol seperti Espanyol dan Athletic Bilbao.

3. Massimiliano Allegri

Libero.id

Kredit: juventus.com

Meski karir melatihnya terbilang suskes bersama Juventus dengan sejumlah gelar Serie A, Allegri tetap dipecat karena gagal membawa pulang trofi ‘Si Kuping Besar’. Tapi kita sedang membahas seseorang yang mumpuni dan pengalamanya sudah banyak dalam melatih tim besar, Allegri pernah menangani dua raksasa Eropa, yakni AC Milan dan Juventus.

2. Jordi Cruyff

Pria lain yang pasti memiliki DNA Barca. Secara harfiah, ia adalah anak dari Legenda Barca dan orang yang memperkenalkan gaya tiki-taka di tanah Matador yakni Johan Cruyff. Jordi saat ini mengelola klub Liga Super China, Shenzhen FC.

1. Maurizio Sarri

Dipecat oleh Juventus, lalu dipekerjakan oleh Barcelona? tampaknya sulit membayangkan Sarri Ball berdiri di pinggir lapangan sambil menghisap rokok dan meneriakkan perintah kepada Lionel Messi musim depan, tapi tak ada yang mustahil, justru gaya bermainnya adalah penerapan tiki-taka yang lebih modern dan itu adalah aset yang bagus untuk El Barca.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network