Terlalu Dominan di ASEAN, Thailand Diundang Ikut Piala Asia Barat 2023

"Bismillah Indonesia nyusul.."

Berita | 02 January 2023, 17:25
Terlalu Dominan di ASEAN, Thailand Diundang Ikut Piala Asia Barat 2023

Libero.id - Dominasi Timnas Thailand di kawasan Asean alias Asia Tenggara sudah bukan rahasia lagi. Ambil salah satu contoh, di  gelaran Piala AFF, dari 13 edisi tim Gajah Perang sudah menjuarai 5 kali. Belum termasuk runner-up. Belum lagi di turnamen-turnamen selevel seperti sea games.

Thailand bisa dibilang adalah kekuatan utama sepakbola Asia Tenggara, maka tidak mengherankan kalau tim besutan Mano Polking itu diundang untuk mengikuti turnamen dalam skala yang lebih besar.

Belum lama ini Federasi Sepak Bola Asia Barat (WAFF) mengirim undangan ke Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) untuk mengikuti turnamen Piala Asia Barat 2023.

Turnamen tersebut akan berlangsung pada bulan Maret dan diadakan di Uni Emirat Arab dengan partisipasi 12 negara.

Termasuk, Yordania, Lebanon, Palestina, Irak, Suriah, Arab Saudi, Yaman, Bahrain, Kuwait, Oman dan perwakilan tim undangan dari Asia Tenggara adalah Thailand.

Namun, pihak Thailand disebut belum secara resmi menerima undangan tersebut. Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), Patit Supapong mengatakan:"Keinginan kami untuk berpartisipasi dalam turnamen ini seperti keinginan Jepang untuk berpartisipasi dalam EURO. Thailand sangat tertarik dengan WAFF Championship. dan sedang dalam pembicaraan untuk bergabung" .

Namun, Kejuaraan Asia Barat akan berlangsung dari 20 Maret hingga 2 April sedangkan kalender FIFA Days hanya berlangsung dari 20 Maret hingga 28 Maret, sehingga Teerasil Dangda cs diperkirakan akan sulit untuk hadir.

FAT saat ini bekerja sama dengan klub dan penyelenggara Liga Thailand untuk membujuk kompetisi domestik ditunda selama beberapa hari agar Timnas Thailand dapat bermain di WAFF Championship 2023 alias Piala Asia Barat.

Pathit Supapong menegaskan: “Ini bukan kesempatan yang mudah bagi timnas Thailand untuk bersaing dengan banyak tim berperingkat lebih tinggi. Tentunya tim Thailand harus memainkan minimal 3 pertandingan agar peringkat di ranking FIFA bisa naik.

"Dan ini akan mempengaruhi penentuan unggulan dalam undian putaran final Piala Asia 2023, termasuk kualifikasi Piala Dunia 2026 di Asia."

Menurut Siam Sport, pekan ini FAT akan memberikan jawaban kepada pihak panitia penyelenggara apakah akan mengikuti Piala Asia Barat 2023 atau tidak.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network