Move On, Ini Agenda Besar Timnas Indonesia Selanjutnya

"Sudah lupakan Piala AFF, fokus ke kompetisi lainnya..."

Berita | 10 January 2023, 13:20
Move On, Ini Agenda Besar Timnas Indonesia Selanjutnya

Libero.id - Timnas Indonesia masih belum bisa merasakan juara Piala AFF 2022, sederet agenda lain menanti.

Shin Tae-yong gagal memenuhi target untuk timnas Indonesia, yakni menjadi juara Piala AFF 2022. Ini merupakan Piala AFF kedua untuk Shin bersama Indonesia, setelah edisi sebelumnya mampu jadi runner-up karena kalah dari Thailand.

Kegagalan kali ini dipastikan usai Merah-Putih ditumbangkan Vietnam pada leg kedua semi-final, di Stadion My Dinh, Senin (9/1) malam WIB. Vietnam sebagai tuan rumah berhasil menang dengan skor 2-0, usai imbang tanpa gol di Gelora Bung Karno.

Berikutnya, masih ada sederet tugas dan agenda yang menanti timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong. Meski semuanya tak level senior, atau apakah masih sepenuhnya kelompok usia dipercayakan kepada pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Piala Asia U-20 2023

Maret nanti, Shin Tae-yong masih punya tugas besar yakni mengawal timnas Indonesia U-20 pada Piala Asia U-20 2023, yang digelar di Uzbekistan.

Event ini penting untuk timnas Indonesia yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Indonesia bisa mengasah kemampuan mereka di sini, bahkan diharapkan berprestasi.

Indonesia berada di Grup A, tergabung dengan tuan rumah Uzbekistan, Suriah, dan Irak. Jelas bukan grup yang mudah, tapi jadi ujian yang mantap sebelum event besar dilaksanakan di Indonesia.

SEA Games 2023

Pada Mei nanti, SEA Games 2023 akan dilaksanakan di Kamboja. Sama seperti Piala AFF, event ini akan jadi yang kedua untuk Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-22 atau U-23 akan dikerahkan untuk kejuaraan antarnegara Asia Tenggara ini. Tentunya, target emas menjadi wajib untuk Indonesia.

Kemungkinan besar Shin Tae-yong tak akan jadi pelatih kepala. Sosok asal Korea Selatan itu sudah sibuk dengan timnas lain, dan Nova Arianto jadi pilihan saat ini.

Piala Dunia U-20 2023

Ini jadi event yang paling ditunggu, meski melibatkan timnas Indonesia U-20. Bagaimana pun, tampil di Piala Dunia adalah hal yang sulit dijangkau Indonesia, dan bisa menjadi tuan rumah meski hanya event U-20, adalah sebuah berkah.

Jelas targetnya tak muluk, tapi tampil sebagik mungkin adalah sebuah keharusan. Lolos dari fase grup adalah harapan realistis untuk kita semua.

Piala Asia 2023

Akhirnya timnas Indonesia bisa kembali tampil di Piala Asia, dan kali ini Piala Asia akan dilaksanakan di tempat tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar.

Sebuah kesempatan baik yang harus bisa dimaksimalkan timnas Indonesia. Siapa pun pelatihnya nanti, diharapkan timnas Indonesia bisa memberi perlawanan bagus di event yang akan digelar Juni ini.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network