Jelaskan Pengertian Permainan Bola Kasti

"Simak penjelasan berikut ini"

Analisis | 27 January 2023, 02:41
Jelaskan Pengertian Permainan Bola Kasti

Libero.id - Permainan bola kasti merupakan salah satu jenis permainan bola kecil yang populer hingga sekarang. Olahraga ini telah diajarkan sejak bangku sekolah dasar (SD) dan sangat digemari anak-anak. Olahraga ini melatih kekompakan tim dan kecepatan berlari.

Secara praktik, permainan bola kasti mirip dengan bisbol, karena sama-sama dimainkan dengan cara memukul. Secara umum, permainan ini menggunakan gerakan dasar seperti berlari, memukul, menangkap, dan melempar.

Permainan bola kasti sendiri dimainkan oleh dua tim. Salah satu tim menjadi pemukul dan yang lainnya menjadi gelandang. Dalam olahraga bola kasti, kerjasama dan kekompakan para pemain dalam tim sangat dibutuhkan.

Itu karena permainan bola kasti adalah olahraga yang menggunakan media bola kecil sebagai objek permainan, dan adanya tongkat pemukul yang terbuat dari kayu yang dimainkan secara beregu.  Bola kasti tergolong olahraga tradisional yang selalu mengutamakan kekompakan, kelincahan dan kegembiraan.

Permainan kasti adalah suatu permainan di lapangan yang menggunakan bola kecil . Permainan ini dilakukan secara beregu, oleh dua regu. Setiap regu terdiri dari 12 pemain

Dalam permainan ini, pemain dibagi menjadi dua tim, dengan satu tim bergiliran menjadi penjaga dan yang lainnya secara bergantian memukul bola. Terdapat beberapa pos yang ditandai dengan tiang, dan pemain penyerang (yang gilirannya) tidak dapat "ditampar" atau dilempar bola.

Pemain penyerang bergiliran memukul bola yang melewati pemain bertahan. Para pemain bertahan berjaga-jaga di lapangan, mencoba menangkap pukulan para pemain penyerang.

Saat bola dipukul, pemain penyerang berlari ke pos berikutnya atau "rumah" yang telah ditentukan oleh garis. Jika seorang pemain yang berlari ke tiang atau rumah dan bisa "ditampar" atau dilempar, maka dia akan dinyatakan mati dan kedua tim berubah, tim penyerang menjadi tim bertahan dan sebaliknya.

Tim dengan poin terbanyak di akhir permainan dinyatakan sebagai pemenang permainan kasti.

Dalam bermain bola kasti, setidaknya terdapat lima teknik dasar yang harus dikuasai para pemain.

1. Teknik Menangkap Bola

Teknik menangkap bola dengan benar sangat diperlukan dalam permainan ini. Hal tersebut tidak hanya akan mencegah cedera, melainkan juga memudahkan mempersiapkan diri di lapangan. Selain itu, kemampuan untuk menangkap dan melempar dengan cepat dapat membantu pelari yang mencoba untuk mencapai pos berikutnya.

2. Teknik Melempar Bola

Melempar adalah keterampilan dasar yang paling penting dari seorang pemain. Lemparan yang akurat dan cepat akan menyulitkan lawan untuk mencetak gol dan memajukan pelari. Memiliki teknik lempar yang tepat akan memungkinkan untuk mencapai target dengan konsistensi yang lebih besar.

3. Teknik Melambungkan Bola

Pertahanan tim yang baik dapat mempersulit lawan untuk mencetak angka dan memberikan kepercayaan ekstra bagi pelempar dan penerima. Penting untuk melatih dasar-dasar melempar bola di tanah, di udara, dan mengetahui ke mana harus melempar bola.

Seorang pemain lapangan yang baik akan melatih taktik tertentu sehingga mereka tahu persis ke mana harus melempar bola jika dipukul mengenai mereka.

4. Teknik Memukul Bola

Memukul bola adalah bagian dari permainan yang paling menyenangkan. Mungkin sulit untuk memukul bola ke area dengan pemukul bola, terutama jika hanya memiliki waktu sepersekian detik.

Seorang pemukul yang baik membutuhkan koordinasi tangan dan mata yang sangat baik, waktu reaksi yang cepat, teknik yang baik dan kepercayaan diri.

5. Teknik Berlari

Penyerang yang agresif dalam berlari dapat memberi banyak tekanan pada tim bertahan. Lari dalam permainan ini tidak hanya cepat, melainkan juga harus cerdas. Dalam arti sasar akan situasi permainan saat ini (termasuk jumlah out dan posisi tim bertahan) sama pentingnya dengan berkeliling base dengan cepat.

Peraturan Permainan Bola Kasti

1. Dimainkan dengan dua tim, dengan masing-masing tim terdiri dari 9 pemain. 

2. Tim yang melambungkan bola terdiri dari pelempar, penangkap, basemand pertama, baseman kedua, baseman ketiga, shortstop, tiga outfielder kiri, tengah, dan kanan.

3. Permainan berlangsung selama 9 babak, dan kedua belah pihak harus bermain satu kali. 

4. Jika permainan seri setelah 9 babak, babak tambahan akan ditambhkan sampai pemenang ditentukan. 

5. Jika tim pemukul kedua di kedua inning ke-9 sudah unggul dalam poin, mereka tidak perlu menyelesaikan inning pemukul mereka.

6. Setelah urutan memukul ditentukan, maka tidak dapat diubah sepanjang permainan. Pengganti diperbolehkan, akan tetapi harus memukul sesuai urutan pemain sebelumnya yang mereka gantikan.

7. Jika seorang pemukul berhasil memukul dari pelempar, maka mereka harus berusaha mencapai setidaknya base pertama. Kemudian dapat berlari ke sejumlah pos sebelum ditandai. Setiap pos harus disentuh oleh pemukul ketika berlari melewatinya.

8. Pemukul mendapat hingga 3 pukulan sebelum keluar. Pukulan dianggap ketika pemukul mengayunkan bola dan meleset. Saat berada di pos, pemukul dapat berlari ke pos berikutnya kapan saja.

9. Pemain dapat dikeluarkan dengan strike out  jika mengacu pada baseman yang kehilangan bola tiga kali, force out jika seorang pemain gagal mencapai pos sebelum pemain bertahan, fly out jika bola dipukul di udara dan ditangkap tanpa memantul, dan tag out jika pemain bertahan dengan bola menandai baseman dengan bola saat mereka berlari. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network