7 Pemain Muda Ini Diprediksi Bersinar Setelah Lionel Messi Pergi Dari Barcelona

"Barcelona tidak akan pernah kehabisan bintang muda. Akademi mereka sudah seperti pabrik pemain."

Feature | 30 August 2020, 00:40
7 Pemain Muda Ini Diprediksi Bersinar Setelah Lionel Messi Pergi Dari Barcelona

Libero.id - Selain mendepak pemain-pemain senior berstatus bintang, Ronald Koeman berjanji kepada suporter Barcelona untuk memberi kesempatan pemain-pemain muda tampil reguler di skuad utama.

Sejarah mencatat, La Masia pernah punya reputasi harum sebagai penghasil pemain-pemain sepakbola hebat. Pep Guardiola, Carles Puyol, Xavi Hernandez, Victor Valdes, Mikel Arteta, Pepe Reina, Andres Iniesta, Cesc Fabregas, Gerard Pique, Sergio Busquets, Pedro Rodriguez, hingga Messi menjadi saksi hidup kehebatan Akademi El Barca di masa lalu. 

Sayangnya sejak Josep Maria Bartomeu berkuasa di Camp Nou, tradisi memuliakan bakat-bakat La Masia luntur. Dia lebih senang mendatangkan pemain berharga mahal dengan status bintang. Hasilnya ternyata mengecewakan karena banyak yang gagal menembus starting line-up.

Kini, dengan penunjukkan Koeman sebagai pelatih baru pengganti Quique Setien, janji mengembalikan tradisi Barcelona sebagai gudang pemain muda didengungkan. "Ketika pemain muda tampil cukup baik, saya pikir inilah saatnya memberi mereka kesempatan," kata Koeman kepada Barca TV saat diperkenalkan secara resmi kepada publik di Camp Nou, beberapa hari lalu.

Selain Ansu Fati, berikut ini 7 pemain muda yang diyakini akan menjadi tulang punggung klub Katalunya tersebut pada musim 2020/2021, baik lulusan La Masia atau bukan:

1. Pedri

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Pedri bukan lulusan La Masia. Pemain berusia 17 tahun itu dibawa ke klub pada akhir musim 2018/2019 dari Las Palmas dan langsung dipinjamkan. Dia baru kembali ke Camp Nou pada awal musim 2020/2021. Sebagai penggemar El Barca, gelandang serang ini disamakan dengan Andres Iniesta karena kualitas teknik, visi saat mengoper bola, serta kemampuan membaca jalannya pertandingan.

Meski bukan produk akademi, hubungan Pedri dengan Barcelona berasal dari keluarga. Kakeknya adalah orang yang mendirikan klub pendukung Barcelona di Tenerife. Di rumahnya, Pedri memiliki piring makan berlambang Barcelona. Sejak kanak-kanak, mimpinya adalah bermain di Katalunya.

2. Ronald Araujo

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Pemain lain yang ingin menarik perhatian Koeman adalah Araujo. Pemuda Uruguay berusia 21 tahun itu berposisi sebagai bek tengah dan bergabung dengan Barcelona B sejak 2018. Dengan postur 191 cm, pemilik nama lengkap Ronald Federico Araujo da Silva tersebut ibarat raksasa di depan Marc-Andre ter Stegen.

Untuk musim 2020/2021, Araujo memiliki potensi masuk starting line-up asuhan Koeman. Dengan Clement Lenglet sedang berjuang untuk bugar dari cedera dan Samuel Umtiti diperkirakan akan pergi pada musim panas ini, Araujo bisa menjadi tandem Pique di jantung pertahanan. Dia sudah membuktikan kualitasnya ketika 6 kali membela tim utama El Barca sepanjang 2019/2020.

3. Monchu

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Memiliki nama lengkap Ramon Rodriguez Jimenez, Monchu mencuri perhatian saat dipercaya membela tim utama Barcelona pada leg II babak 16 besar Liga Champions kontra Napoli, 8 Agustus 2020. Pada duel yang berakhir dengan kemenangan 3-1 El Barca itu, Monchu masuk sebagai pemain pengganti.

Sebagai gelandang, Monchu bisa memberikan stabilitas di lini tengah Barcelona. Musim lalu dia mencetak 10 gol dalam 29 pertandingan untuk Barcelona B. Anak muda kelahiran Palma de Mallorca, 13 September 1999, itu memiliki DNA Barcelona yang kental karena bergabung dengan La Masia sejak 2012 di usia 13 tahun.

4. Alex Collado

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Collado adalah pemain serbabisa, yang mampu bermain brilian sebagai gelandang serang. Dirinya juga bisa melebar sebagai gelandang sayap. Pemain berusia 21 tahun ini memiliki penglihatan yang luar biasa dan merupakan pembaca permainan yang baik. Collado juga memiliki kemampuan untuk mengoper bola dengan sempurna tanpa melihat rekan yang menerima umpan.

Melakukan debut di tim utama Barcelona pada 4 Mei 2019 dalam kekalahan 0-2 dari Celta Vigo, Collado bersiap untuk bertarung dengan pemain baru Barcelona musim 2020/2021, Francisco Trincao, yang baru-baru ini bergabung dari SC Braga. Jika sukses, Collado akan bisa menghapus duka suporter ketika Messi benar-benar meninggalkan Camp Nou.

5. Oriol Busquets

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Tidak ada hubungannya dengan Sergio Busquets, Oriol hanya memiliki kesamanaan nama keluarganya saja. Selain itu, dia menghabiskan musim 2019/2020 dengan status pinjaman di FC Twente. Selama bermain di Eredivisie, Oriol membuat 23 penampilan di semua kompetisi.

Pada usia 21 tahun, Oriol diyakini semakin matang. Dengan janji yang dilontarkan Koeman, gelandang bertahan ini bisa menggantikan Arturo Vidal. Pemain asal Chile tersebut diperkirakan akan meninggalkan klub sebelum dimulainya musim baru. Artinya, Oriol dipandang sebagai salah satu anak muda yang paling menjanjikan diantara para penggemar El Barca.

6. Inaki Pena

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Bergabung dengan La Masia saat berusia 13 tahun dari Villarreal, penjaga gawang setinggi 184 cm itu belum sempat melakukan debut di tim utama Barcelona. Tapi, kiper cadangan Barcelona asal Brasil, Neto, yang pindah dari Valencia pada musim panas tahun lalu, kemungkinan akan kembali ke klub lamanya. Artinya, Pena bisa menggantikan Neto. Jika tampil semakin bagus, dia bisa saja menjadi pengganti Marc-Andre ter Stegen.

Banyak pengamat di Spanyol memperkirakan Pena akan menjadi kiper yang akan mengikuti jejak karier Victor Valdes. Dia dikenal memiliki tangan yang hebat. Dia juga sangat handal menghadapi umpan-umpan silang. Pena suka menguasai bola. Kelebihan lainnya adalah kemampuan bertindak sebagai sweeper layaknya Manuel Neuer di Bayern Muenchen dan tim nasional Jerman.

7. Ludovit Reis

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Tahun lalu, Barcelona mengalahkan Liverpool untuk mendatangkan Reis dari FC Groningen. Dimainkan di Barcelona B, pemuda berusia 20 tahun itu sepertinya akan menjadi salah satu primadona Koeman di sektor tengah. Sebagai orang Belanda yang menerima pendidikan ala La Masia, Reis tidak akan sulit beradaptasi di tim utama El Barca musim 2020/2021.

Kehebatan sebagai gelandang sudah dibuktikan Reis di Groningen. Dia membuat 50 penampilan di Eredivisie untuk Groningen sebelum pindah ke Camp Nou. Meski berposisi sebagai gelandang bertahan, Reis ternyata juga bisa memainkan peran lebih menyerang. Banyak yang menyebut dia mirip dengan Busquets karena ketenangannya dalam penguasaan bola dan pengambilan keputusan yang cepat dengan bola.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network