Siapa Terbaik? Inilah 4 Calon Bintang SEA Games 2023

"Mereka adalah anak-anak muda ASEAN dengan bakat besar."

Analisis | 09 April 2023, 21:04
Siapa Terbaik? Inilah 4 Calon Bintang SEA Games 2023

Libero.id - Keputusan SEA Games 2023 menggunakan 100 persen pemain junior layak mendapatkan apresiasi. Meski bukan ajang resmi FIFA, pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara ini bisa dijadikan ajang munculnya pemain-pemain muda masa depan. Siapa saja mereka?

Beda dengan edisi-edisi sebelumnya, SEA Games 2023 murni diperuntukkan pesepakbola berusia maksimal 22 tahun. Dengan masing-masing tim hanya bisa mendaftarkan 20 pemain, maka akan terdapat 200 anak muda Asia Tenggara yang ambil bagian di Kamboja.

Dari 200 pemain sepakbola yang terlibat, ada beberapa nama yang cukup menonjol. Mereka adalah pemain-pemain yang diprediksi akan menjadikan SEA Games 2023 batu pijakan di masa depan.

Pemain-pemain muda ini sangat menonjol di level klub pada kompetisi domestik. Ada yang pernah menjadi andalan di timnas U-20, U-19, maupun U-17. Dan, SEA Games 2023 dianggap sebagai panggung yang tepat bagi anak-anak ini untuk unjuk keterampilan mengolah bola.

Nah, berikut ini 4 pemain muda Asia Tenggara calon bintang SEA Games 2023:

1. Channarong Promsrikaew (Thailand)

Channarong Promsrikaew adalah gelandang muda Thailand yang saat ini berkiprah di salah satu klub mapan Thai League 1, Chonburi FC. Dia punya rekam jejak yang cukup mentereng. Buktinya, sepanjang musim ini, Channarong Promsrikaew bermain 23 kali dengan menyumbangkan tiga gol.

Channarong Promsrikaew juga punya caps di timnas senior. Dia mencatatkan delapan penampilan dan tidak pernah mengecewakan Mano Polking saat diberi kesempatan merumput.

2. Le Van Do (Vietnam)

Le Van Do adalah pemain penting Vietnam di SEA Games 2023. Meski memiliki posisi asli sebagai gelandang, dirinya dikenal karena serbaguna. Le Van Do bisa bermain di berbagai tempat di lini tengah, baik menyerang maupun bertahan. Termasuk gelandang sayap.

Le Van Do juga memiliki jam terbang cukup tinggi. Baru berusia 21 tahun, Le Van Do membantu Vietnam meraih medali emas SEA Games 2021. Dia juga menjadi bagian Vietnam U-23 yang mencapai perempat final Piala AFC U-23 2022.

3. Ramadhan Sananta (Indonesia)

Ramadhan Sananta adalah penyerang paling diperhatikan selama Liga 1 2022/2023. Masih berusia 20 tahun, dirinya merupakan striker lokal paling produktif di kompetisi Indonesia. Dia mencetak 11 gol dan 2 assist dari 23 penampilan musim ini. Hasilnya, PSM Makassar menjuarai Liga 1 ketika kompetisi menyisakan empat pertandingan.

Penampilan bagus untuk Juku Eja membuat Ramadhan Sananta sempat mendapatkan panggilan timnas senior Indonesiaasuhan Shin Tae-yong. Pemain berpostur 182 cm ini sudah mencatatkan 5 caps di level internasional. Dirinya juga menjadi bagian timnas Indonesia saat tampil di Piala AFF 2022.

4. Azam Azmi (Malaysia)

Azam Azmi membela Malaysia saat SEA Games 2021 dan Piala AFF 2022. Kini, pemain berusia 22 tahun itu kembali ambil bagian di SEA Games 2023. Dia berstatus sebagai kapten Harimau Muda saat dikalahkan Indonesia pada play-off perebutan medali perunggu SEA Games 2021 di Vietnam.

Azam Azmi sudah mencatatkan menit bermain yang cukup bersama klubnya, Terengganu FC, di Liga Super Malaysia. Dia juga sudah melakukan debut untuk timnas senior Malaysia asihan Kim Pan-gon. Debutnya untuk Harimau Malaya tercipta melawan Thailand pada 22 September 2022.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network