Top 10 Pencetak Assist Terbanyak Liga Premier Sepanjang Masa

"Bukan David Beckham atau Paul Scholes nomor satu. Uniknya Wayne Rooney di peringkat ketiga."

Feature | 24 September 2020, 11:16
Top 10 Pencetak Assist Terbanyak Liga Premier Sepanjang Masa

Libero.id - Sepakbola terkesan lebih memberikan apresiasi besar kepada para pencetak gol, sedangkan para pemberi assist terlihat seperti sedikit diabaikan, padahal perannya sangat penting.

Assist adalah umpan yang menjadi gol, artinya nilai dari sebuah assist menjadi sangat penting dalam terciptanya suatu gol, apalagi assist yang dicetak dengan intelegensia yang tinggi.

Assist bisa diciptakan melalui dua skema, yaitu open play dan set piece. Melalui open play biasaya suatu assist bisa dikirim melalui crossing yang tajam ataupun umpan terobosan yang terukur.

Liga Inggris yang dianggap sebagai liga paling populer di dunia ternyata memiliki deretan pemain yang mencatatkan torehan assist yang luar biasa. Siapa sajakah mereka?

Berikut top 10 pencetak assist terbanyak di Liga Inggris:

1. Ryan Giggs - 162 assist

Libero.id

Kredit: manutd.com

Legenda Manchester United memimpin daftar dengan perolehan assist yang jauh dari para pesaingnya berkat 632 penampilannya di kompetisi, kedua setelah Gareth Barry 653.

Berkat jumlah penampilannya yang banya, ia lantas mampu memberikan 162 assist yang tentu merupakan catatan yang sangat luar biasa.

Penyihir Wales ini juga dibantu oleh rekan setimnya yang sangat luar biasa dan bos Sir Alex Ferguson sehingga ia mampu mencatatkan banyak assist terutama dari sisi sayap kiri melalui umpan crossingnya yang sangat tajam dan terukur.

Setelah 24 tahun mengabdi di tim utama United, warisan abadi sebagai pemegang assist terbanyak sepanjang masa Liga Inggris menjadi persembahan yang sangat luar biasa.

2. Cesc Fàbregas - 111 assist

Seorang master passing dan salah satu pemain yang sangat menyenangkan jika melihat gaya bermainnya baik kala membela Arsenal maupun Chelsea.

Gelandang Spanyol itu pertama kali menunjukkan kemampuannya sebagai ahli umpan kala masih menjadi pemain muda bersama Arsenal, dengan penampilannya yang gemilang membuatnya pindah ke Barcelona.

Tapi dia segera kembali ke London, kali ini di Stamford Bridge bersama Chelsea, di mana umpan-umpannya yang membelah pertahanan membantu menghasilkan banyak gol dalam lima tahun di klub.

Gelandang yang khas dengan nomor punggung 4 itu mencatat 376 umpan terobosan dan 1.364 umpan panjang akurat dari 350 penampilannya selama berada di Inggris serta raihan 111 assist.

3. Wayne Rooney - 103 assist

Libero.id

Kredit: manutd.com

Banyak penggemar Everton tidak akan melupakan sejarah singkat Wayne Rooney dengan jersey warna biru, begitu pula pengaruhnya di klub.

Tapi dia pasti akan dikenang karena karirnya yang menakjubkan di Man United, dimana dia tidak hanya mampu mencetak gol saja melainkan juga pandai dalam memberikan assist kepada rekan-rekannya.

Pencetak gol terbanyak bagi Timnasa Inggris sepanjang masa itu kini masih aktif bermain di usianya yang sudah menginjak 34 tahun, meninggalkan posisinya sebagai penyerang dengan peran yang lebih dalam untuk Derby.

Hanya dia yang tau apakah suatu saat akan kembali ke arena Liga Primer atau tidak, jika ia mungkin saja raihan assistnya yang kini ada di angka 103 dapat bertambah.

4. Frank Lampard - 102 assist

Frank Lampard tidak hanya duduk di puncak daftar pencetak gol sepanjang masa Chelsea di Liga Premier Inggris, tetapi juga menjadi pencetak assist terbanyak Chelsea di Liga Premier dengan catatan 102 assist.

Dia kini telah kembali ke London barat untuk mencoba menjadi seorang pelatih yang hebat, tetapi prestasinya sebagai seorang gelandang yang mampu mencetak gol dan assist sama baiknya tak akan pernah dilupakan sekalipun ia kelak akan menjadi pelatih yang hebat.

5. Dennis Bergkamp - 94 assist

Libero.id

Kredit: arsenal.com

Sangat jarang menemukan striker dalam daftar pencetak assist terbanyak, tetapi mantan pemain Arsenal, Dennis Bergkamp berdiri dengan bangga sebagai finisher yang mematikan dan bahkan pembuat assist yang lebih mematikan.

94 assistnya justru melampaui 87 golnya untuk The Gunners, berkat prestasinya itu ia membantu tim London utara meraih tiga gelar Liga Premier dan tiga Piala FA, serta penghargaan individu yang tak terhitung jumlahnya.

6. David Silva - 93 assist

David Silva membantu membawa banyak trofi ke Manchester City selama sepuluh tahun karirnya di Etihad dengan 93 assistnya dalam 309 pertandingan menjadi bukti betapa vitalnya peran dia.

Kaki kirinya yang mempesona dan kecerdasan di atas rata-ratanya pasti akan dirindukan oleh para penggemar Liga Inggris karena baru-baru ini ia bergabung dengan Real Sociedad.

7. Steven Gerrard - 92 assist

Libero.id

Kredit: liverpoolfc.com

Ahli dalam bola-bola mati dan loyalitas kepada Liverpool pasti tak akan ada yang melupakan sosok Steven Gerrard, apalagi kemampuannya dalam mengontrol, mengubah, bahkan memenangkan pertandingan tak dapat diragukan lagi.

Sepanjang karirnya bersama Liverpool di Liga Inggris ia menggabungkan 92 assistnya dengan 120 gol dalam 504 penampilannya untuk The Reds, sayang ia tak sekalipun pernah merasakan manisnya menjadi juara Liga Inggris.

8. James Milner - 84 assist

Seorang veteran Liga Premier, seorang yang komitmen dan dedikasinya untuk sejumlah klub tidak luput dari perhatian.

Leeds, Newcastle, Aston Villa, Man City dan Liverpool semuanya menjadi saksi akurasi umpan silangnya dan operan presisi yang terbukti telah menciptakan 84 gol di liga sejauh ini.

Catatan pemain berusia 34 tahun itu telah menurun dalam beberapa musim terakhir, sepenuhnya bisa dimaklumi mengingat kurangnya waktu bermain di bawah Jurgen Klopp.

Fleksibilitasnya yang mampu bermain di berbagai posisi juga membuatnya kini turun ke peran sebagai bek sayap dalam beberapa kesempatan, tetapi ia mungkin hanya akan melebihi catatan Gerrard walaupun hal itu juga nampak sulit untuk saat ini.

9. David Beckham - 80 assist

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Salah satu spesialis bola mati terbaik sepanjang masa, gelandang muda ini merebut hati para penggemar Man United di mana-mana ketika ia pertama kali muncul pada akhir 1990-an, dengan teknik umpan silang yang ikonik.

Setelah lebih dari satu dekade di Inggris, Beckham kemudian menaklukkan Eropa dan Amerika Serikat, sekali lagi memikat penontonnya dengan umpan yang khas dari sisi lapangan, dengan jangkauan operan, tendangan bebas, dan tendangan sudutnya yang hampir selalu menemukan kaki dan kepala para pemain depan.

10. Teddy Sheringham - 76 assist

Reputasi Sheringham sebagai pencetak gol ulung tak lagi diragukan dengan 146 golnya membuatnya berada di urutan ke-11 sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga Premier.

Catatan assistnya yang menyentuh angka 76 membuat Sheringham didaulat bukan hanya sebagai pemain depan yang produktif, namun juga seorang altruis yang lebih mementingkan kepentingan tim daripada rekor gol individu.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network