3 Hattrick dan Quattrick Neymar Bersama Brasil Selain Lawan Peru

"Jenis pemain yang selalu bisa on fire setiap membela tim nasional: Neymar! Dia melewati rekor Ronaldo Nazario."

Feature | 14 October 2020, 06:47
3 Hattrick dan Quattrick Neymar Bersama Brasil Selain Lawan Peru

Libero.id - Neymar da Silva Santos Junior tampil luar biasa ketika Brasil mengalahkan Peru 4-2 di Estadio Nacional de Lima pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan, Rabu (14/10/2020) pagi WIB. Tim Samba unggul 4-2.

Pada pertandingan itu, Neymar mencetak hattrick. Aksi brilian ke gawang Peru memastikan megabintang Paris Saint-Germain tersebut menjadi pencetak gol terbanyak kedua dalam sejarah Brasil. Neymar kini sudah mencetak 64 gol dalam 103 pertandingan untuk tim Samba. Dia sukses melewati rekor Ronaldo Luis Nazario de Lima dengan 62 gol.

Neymar kini bisa memburu torehan Pele sebagai pemegang rekor gol sepanjang masa Brasil. Total, 77 gol dibuat Pele selama 92 kali memperkuat tim Samba sepanjang 1957-1971. Berkat kemenangan atas Peru, Brasil sukses meraih kemenangan kedua beruntun setelah di laga sebelumnya mengalahkan Bolivia 5-0.

Fakta menunjukkan, hattrick ke gawang Peru bukan yang pertama dihasilkan Neymar untuk Brasil. Sebelumnya, dia pernah 2 kali menciptakan trigol dan 1 kali mengemas 4 gol. Berikut ini adalah pertandingan-pertandingan tersebut:

1. Brasil vs China, 10 September 2012

Pertandingan uji coba dilaksanakan di Estadio do Arruda, Recife. Laga digelar setelah Brasil dicemooh suporter karena hanya menang 1-0 atas Afrika Selatan. Akibatnya, tim Samba mengamuk membantai China 8 gol tanpa balas. Neymar menciptakan hattrick pertamanya untuk tim senior Brasil.

Brasil memulai pesta gol mereka pada menit 22. Diawali umpan satu-dua dengan Oscar, Ramires berhasil mengelabui kiper China, Zeng Cheng. Oscar kembali jadi arsitek untuk gol kedua Brasil pada menit 25. Umpan matangnya ke mulut gawang dengan mudah dituntaskan Neymar.

Empat menit selepas babak kedua dimulai, Lucas Moura menambah keunggulan Brasil. Sepakannya meneruskan operan Hulk bersarang di gawang China. Lalu, pada menit 52, giliran Hulk yang mencetak gol. Berawal dari tembakan Neymar yang masih membentur mistar, dia menyambut bola rebound dengan sepakan kaki kiri ke pojok kanan bawah gawang.

Berselang dua menit, sontekan Neymar meneruskan umpan silang Marcelo membuat Brasil memimpin 5-0. Neymar menggenapi hattrick pada menit 60. Operan matang dari Oscar benar-benar memanjakan dirinya.

China semakin menderita setelah mereka tertinggal 7 gol pada menit 70 saat Liu Jianye mengirim bola ke gawangnya sendiri. Kemenangan Brasil dilengkapi Oscar pada menit 75 lewat penalti.

2. Afrika Selatan vs Brasil, 5 Maret 2014

Pertandingan uji coba persiapan Piala Dunia 2014 digelar Brasil di FNB Stadium, Johannesburg. Menghadapi Afrika Selatan, tim Samba menampilkan starting line-up yang terdiri dari Julio Cesar, Rafinha, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo, Fernandinho, Paulinho, Oscar, Hulk, Neymar, dan Fred.

Hasilnya, Brasil berpesta 5 gol tanpa balas pada pertandingan yang menjadi bagian dari Brazil Global Tour tersebut. Neymar tampil gemilang dengan mencetak 3 gol. Dua gol lain diciptakan Oscar dan Fernandinho.

Pesta gol Brasil dibuka pada menit 10. Berawal dari umpan terobosan Hulk, Oscar melambungkan bola yang mampu menaklukkan kiper Afsel, Ronwen Williams. Dua gol tambahan kembali tercipta ketika babak pertama hampir usai. Keduanya diborong Neymar pada menit 41 dan 46.

Memasuki babak kedua, Brasil tidak melonggarkan serangannya, meski sudah unggul 3 gol. Hasilnya, pada menit 79, gol keempat tercipta. Tendangan keras Fernandinho tak mampu diantisipasi Williams. Neymar kemudian menutup pesta gol Brasil dengan gol ketiganya. Berawal dari umpan ke kotak penalti, Jo Alves menyodorkan umpan ke Neymar di muka gawang. Dengan sedikit sentuhan, gol lahir.

3. Brasil vs Jepang, 14 Oktober 2014

Singapore National Stadium menjadi saksi kehebatan Neymar memproduksi quattrick perdana dalam sejarah karier bersama Brasil. Masih dilatih Dunga, Neymar sudah mencetak gol saat pertarungan baru menginjak menit 17. Tembakan bebasnya tidak mampu dibendung Eiji Kawashima.

Pertandingan baru berjalan 3 menit ketika babak II dimulai, Brasil kembali menjebol gawang Jepang. Umpan terobosan Philippe Coutinho diterima Neymar. Lepas dari kawalan bek lawan, dia langsung menceploskan bola ke jala Jepang.

Selanjutnya, Neymar semakin menggila lewat  gol menit 77. Berawal dari tendangan keras Coutinho yang gagal diamankan kiper, bola jatuh ke kaki Neymar yang langsung disepak. Neymar menutup laga itu dengan quattrick pada menit 81. Menerima umpan Kaka, Neymar menyundul bola dan meluncur ke dalam gawang Jepang tanpa bisa dibendung.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network