9 Bek Kiri Terbaik Era Liga Premier

"Inggris sangat sering menghasilkan bek kiri top."

Feature | 24 October 2020, 11:19
9 Bek Kiri Terbaik Era Liga Premier

Libero.id - Secara historis, posisi bek kiri bukanlah posisi yang paling banyak dihuni oleh para pesepakbola karena sekitar 80% pesepakbola dunia berkaki kanan, sedangkan seorang bek kiri idealnya berkaki kiri.

Meski begitu posisi bek kiri terutama di era sepakbola modern menjadi sangat penting, mereka tidak lagi dituntut hanya mampu bertahan melainkan juga memiliki atribut kuat untuk menyerang.

Berikut ini adalah daftar 9 bek kiri terbaik sejak era Premier League:

9. Phil Neville

Libero.id

Kredit: manutd.com

Sekilas melihat riwayat karir Phil Neville dihiasi dengan jumlah trofi yang cukup luar biasa, tepatnya 14 trofi, termasuk 6 gelar Liga Premier antara tahun 1996 dan 2003 bersama Manchester United.

Seandainya dia hanya bermain di posisi bek kiri, mungkin dia akan menjadi yang terbaik dalam deretan ini, tetapi keserbagunaan Neville bermain di berbagai macam posisi membuatnya tak menjadi yang terbaik di pos bek kiri.

Selain bek kiri, ia mampu bermain sebagai bek kanan dan gelandang tengah terutama kala berseragam Everton.

8. Leighton Baines

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Ada total 127 gol dalam deretan ini dengan  32 di antaranya atau lebih dari seperempatnya dicetak oleh Leighton Baines.

Baines dikenal sebagai bek kiri yang memiliki kemampuan ofensif sangat baik, hal tersebut terjadi karena ia memulai karirnya sebagai seorang penyerang.

Baines telah berkarir sepanjang 15 tahun dengan selalu mempertontonkan kualitas luar biasanya sebagai seorang bek kiri yang juga mampu mengeksekusi bola-bola mati.

Meski demikian, bek asal Inggris yang juga piawai dalam melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti itu tak pernah satu kali pun meraih gelar juara, mentok ia tampil sebagai runner-up Piala FA tahun 2009.

7. Gael Clichy

Libero.id

Kredit: mancity.com

Gael Clichy menghabiskan 14 musim di Liga Premier, dimulai dengan Arsenal pada musim 2003-04 dimana ia menggantikan Ashley Cole pasca momen invincibles.

Setelah Cole pergi ke Chelsea, Clichy menegaskan dirinya sebagai bek kiri pilihan pertama sebelum bergabung dengan Manchester City pada 2011.

Dia adalah sosok yang menonjol dalam dua kali memenangkan gelar Liga Inggris di Etihad, menjadikannya sebagai salah satu dari hanya sepuluh pemain yang memenangkan Liga Premier dengan dua klub berbeda.

6. Nigel Winterburn

Libero.id

Kredit: arsenal.com

Nigel Winterburn dikenal sebagai bek kiri yang sangat disiplin dalam melaksanakan tugasnya di sisi pertahanan timnya, terutama kala membela Arsenal.

Namun sayangnya, ia berkarir cukup lama di divisi bawah Liga Inggris dimana ia hanya memainkan 383 laga di Liga Premier dari total 687 pertandingan yang ia jalani.

Bersama Martin Keown, Tony Adams, Steve Bould, dan Lee Dixon, Winterburn adalah bagian penting dari salah satu pertahanan paling tangguh dalam sejarah Liga Inggris.

5. Andrew Robertson

Libero.id

Kredit: liverpoolfc.com

Karir seorang Andrew Robertson bak kisah di negeri dongeng, dari hanya bermain untuk klub sekelas Hull City menuju ke klub sebesar Liverpool dan kemudian meraih sejumlah trofi mayor.

Tercatat Robertson telah meraih gelar Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala Super Eropa masing-masing satu gelar dimana pemain Timnas Skotlandia ini menjadi bagian penting dari sistem Juergen Klopp.

Bersama Trent Alexander Arnold, Robertson menjadi bek sayap yang sangat agresif dalam membantu serangan, maka tak mengherankan jumlah assistnya terhitung sangat banyak untuk ukuran pemain bertahan.

4. Stuart Pearce

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Memiliki postur tubuh yang cukup mungil untuk ukuran seorang pemain bertahan, nyatanya Stuart Pearce menjadi salah satu bek kiri terbaik dalam daftar ini.

Ia dikenal memiliki dedikasi yang sangat tinggi di sepanjang karirnya di Liga Inggris baik kala berseragam Nottingham forest, Newcastle United, West Ham United, dan Manchester City.

3. Patrice Evra

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Menjalani karir bersama Manchester United selama 9 tahun, Evra disebut-sebut pemain yang langka dimana manajer Manchester United kala itu menyebutnya sebagai "burung langka".

Selama karirnya bersama Setan Merah, mantan pemain Timnas Prancis ini mampu meraih 14 trofi dengan 5 diantaranya adalah trofi Liga Premier dan sebuah trofi Liga Champions.

2. Denis Irwin

Libero.id

Kredit: manutd.com

Denis Irwin awalnya diragukan lantaran ia menghabiskan 7 tahun awal karirnya bermain di Divisi Kedua bersama Leeds United dan Oldham Athletic sebelum bergabung dengan Manchester United pada tahun 1990.

Gaya permainannya yang sederhana namun sangat lugas membuatnya mampu menjadi pemain penting di Old Trafford dengan raihan 7 gelar Liga Inggris dan menjadi salah satu pemain dengan catatan penampilan terbanyak di klub.

1. Ashley Cole

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Ashley Cole telah meraih 16 trofi dengan 3 diantaranya merupakan gelar Liga Premier, di samping itu ia juga merupakan bagian dari Arsenal era invincible dan meraih 107 caps untuk Inggris.

Keseimbangannya dalam bertahan dan menyerang menjadi sisi yang paling menonjol dari bek asal Inggris tersebut.

Cole juga dikenal memiliki rivalitas dengan sosok Cristiano Ronaldo di atas lapangan dengan hasilnya lebih berpihak pada Cole, dimana Ronaldo yang kini menjadi salah satu pemain terbaik dunia kerap kerepotan kala menghadapi Cole.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network