5 Wonderkid yang Bisa Jadi Kejutan di Bursa Transfer Januari 2021

"Mereka bakal segera menyusul Erling Haaland sebagai anak ajaib berikutnya. Edmond Tapsoba misalnya, sudah dihargai Rp 519 miliar pada usia 21 tahun."

Feature | 28 December 2020, 05:50
5 Wonderkid yang Bisa Jadi Kejutan di Bursa Transfer Januari 2021

Libero.id - Tahun yang penuh tantangan 2020 akan segera berakhir. Hari berjalan dan berganti sepanjang waktu dan saat kompetisi sepak bola hendak memasuki tahun 2021, situs olahraga Express Sport telah melihat 5 pemain muda yang bisa mengikuti jejak Erling Haaland di paruh kedua kampanye musim ini.

Pesepakbola asal Norwegia itu dianggap sebagai potret anak muda yang berhasil, anggapan itu sepenuhnya benar karena Haaland tahun ini telah ditasbihkan sebagai pesepakbola muda terbaik dan untuk itu layak mendapat penghargaan Golden Boy 2020.

Tapi pertanyaannya, setelah Haaland adakah pemain muda lain yang lebih menjanjikan? Dengan bakat, potensi, dan penampilan yang telah mereka jalani di sepanjang tahun 2020 ini, berikut daftar wonderkid yang tak kalah dari Haaland.

Mereka tersebar di liga-liga top Eropa, mulai dari Ligue 1 Prancis, Eredivisie Belanda, dan Bundesliga Jerman. Karena itu para pemain muda ini dinilai cocok alias pantas untuk mendapat perhatikan oleh klub-klub besar Liga Premier yang tak lain adalah kompetisi terbaik dari segi atmosfer persaingan.

Banyak nama besar seketika melempem ketika bermain di Liga Premier, untuk menguji itu mari berandai-andai bagaimana misalnya 5 wonderkid di bawah ini pindah ke salah satu klub elit di Inggris.

Berikut daftar nama dan reputasi yang telah mereka tuliskan di liga masing-masing:

5. Eduardo Camavinga - Rennes

Libero.id

Kredit: instagram.com/camavinga

Gelandang Rennes ini  dianggap sebagai salah satu talenta terbesar dari sepak bola Prancis. Nama Camavinga dalam satu musim belakangan santer terdengar, pemain berusia 18 tahun itu  telah merebut hati sebagian besar klub-klub top Eropa.

Sejak dipromosikan dari Stade Rennes B pada awal musim lalu, Camavinga  telah membukukan total lebih dari 50 penampilan, meski jarang mencetak gol dan assist tapi sumbangsih Camavinga rasanya melebihi angka-angka  dengan gerak kaki, kemampuan olah bola dan kreativitasnya yang bagus tampaknya Camavinga memang ditakdirkan untuk menjadi hebat.


4. Edmond Tapsoba - Bayer Leverkusen

Libero.id

Kredit: instagram.com/edmondtapsoba

Tim perekrutan Leverkusen pantas mendapatkan semua pujian karena telah berhasil  merekrut Tapsoba dari Vitoria Guimaraes awal tahun ini. Tak butuh waktu lama bagi Tapsoba untuk menjadi seseorang yang diandalkan di BayArena, berkat potensi yang ia tunjukkan, Tapsoba  baru saja mendapatkan kontrak baru yang panjang.

Hal tersebut dilakukan karena Leverkusen ingin memagari Tapsoba dari klub-klub besar yang bisa jadi tergiur dengan bakatnya, Leverkusen sadar  bahwa  mereka telah memperoleh pemain dengan prospek kelas dunia. Bek tengah berusia 21 tahun ini punya kemampuan membaca arah bola dengan baik, dan ia tampak percaya diri membawa bola dari belakang. Tidak hanya itu, Tapsoba menikmati bermain sebagai sweeper dan memberi rasa aman pada rekan satu timnya. Market valuenya versi transfermarkt mencapai 30 juta euro.

3. Youssoufa Moukoko - Borussia Dortmund

Libero.id

Kredit: instagram.com/youssoufa_10

Jika Borussia Dortmund kehilangan Haaland di masa depan, mereka sudah mendapatkan penggantinya dalam  diri  Youssoufa Moukoko. Terasa lebih spesial karena pemain berusia 16 tahun itu adalah murni hasil didikan akademi klub.

Moukoko telah mencetak gol pada debutnya di Bundesliga akhir pekan lalu saat  melawan Union Berlin dan jauh sebelum itu Moukoko telah mencetak banyak gol di level yunior untuk Dortmund dan sekarang dia tampaknya akan melanjutkan performa produktifnya di level senior.

Jika dia terbiasa mencetak gol untuk tim utama pada usia 16 tahun, tidak sulit untuk membayangkan klub-klub besar Liga Premier kelak akan berburu tanda tangan Moukoko.

2. Ryan Gravenberch - Ajax Amsterdam

Libero.id

Kredit: instagram.com/ryanjiro_

Ajax tak pernah kehabisan cara untuk mencetak pemain-pemain muda berbakat. Kali ini atas nama anak muda berusia 18 tahun, Ryan Gravenberch. Di usia mudanya Gravenberch sudah tampak matang dan siap untuk merasakan atmosfer sepak bola yang lebih gila daripada sekedar di Eredivisie Belanda.

Gravenberch telah memainkan 19 laga di semua kompetisi dengan catatan 2 gol dan 4 assist.  Liverpool akan sangat menyadari kualitas seorang Gravenberch, mengingat dia tampil impresif saat Ajax melawan The Reds di Anfield dalam ajang Liga Champions musim ini. Gelandang box-to-box setinggi 6 kaki 2 inc itu mahir mengendalikan bola dan ia punya kemampuan shooting jarak jauh yang mengesankan. Gaya bermainnya disebut-sebut mirip dengan Paul Pogba

Pemain asal Belanda itu terlihat sangat cocok untuk klub-klub seperti Manchester United dan atau Arsenal.

1. Jamal Musiala - Bayern Munich

Libero.id

Kredit: instagram.com/jamalmusiala10

Musiala adalah pemain hasil didikan akademi Chelsea dan The Blues tampaknya menyesal telah melepaskan salah satu bakat muda terbaik di daratan Eropa ini. Sejak kedatangannya di Bundesliga awal tahun ini, Musiala sudah mencetak tiga gol untuk Bayern Munich termasuk gol cantik dalam hasil imbang 3-3 saat Munich melawan RB Leipzig baru-baru ini.

Tidak diragukan lagi gelandang serang ini akan menjadi bagian dari rencana Frank Lampard andaikata pelatih Chelsea itu memegang kendali lebih awal di Stamford Bridge. Kini Musiala tengah bersiap untuk menjadi remaja asal Inggris berikutnya yang kelak akan bersinar di pentas liga Jerman dan dalam beberapa tahun mendatang agaknya butuh biaya besar untuk membawanya balik ke Liga Premier.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network