Kisah Satu Klub dengan 4 Kiper Hebat, Ada Rustu Recber dan Volkan Demirel

"Empat kiper hebat itu bergabung dalam waktu bersamaan. Bayangkan betapa pusing pelatih memilih siapa yang akan main."

Feature | 12 January 2021, 02:00
Kisah Satu Klub dengan 4 Kiper Hebat, Ada Rustu Recber dan Volkan Demirel

Libero.id - Apa jadinya jika sebuah klub memiliki 4  penjaga gawang, baik yang utama maupun pelapis hampir sama hebatnya. Itu bukan cerita sepintas lalu, sebab pada awal milenium baru, raksasa Turki Fenerbahce menghadapi dilema ketika mereka punya empat penghenti tembakan yang berkualitas, dan saling bersaing untuk mendapatkan jersey nomor satu.

Dapat dimengerti bahwa dua dari penjaga gawang tersebut adalah bagian terbaik dari sejarah sepak bola Turki, dan di antaranya adalah salah satu dari hanya dua orang Turki (yang lainnya adalah  Emre Belozoglu ) yang masuk dalam daftar 100 pesepakbola terbaik yang masih hidup versi FIFA.

Yang barusan kita bicarakan adalah Rustu Recber (1993–2012) dan Volkan Demirel (2000–2019), dua penjaga gawang ikonik untuk klub dan negara, sementara dua lainnya adalah Recep Biler (2000-2015) dan Serdar Kulbilge (1999-2018), di antara mereka bahkan ada yang mencatatkan 733 penampilan kolektif yang mengesankan untuk Fenerbache, memperkuat klub besar Turki itu dari awal tahun sembilan puluhan dan seterusnya.

Adalah Biler dan Kulbilge yang dari 700+ pertandingan hanya bermain dalam 43 pertandingan, tetapi mereka adalah cadangan dengan kualitas terbaik. Jangan salah tentang itu. Selama dua musim, antara 2005 dan 2007 dunia pernah bercerita bahwa ada satu klub dengan 4 kiper jagoan yang satu atap yakni  di Stadion Sukru Saracoglu.

Rustu Recber

Libero.id

Kredit: fifa.com

Mari kita mulai dari nama Rustu Recber, sebelum namanya kemudian jadi besar, jauh sebelum semua itu, Rustu Recber muncul di klub yang kecil yakni Rener, dan dia bermain lima musim sebelum kedatangannya di Fenerbache.

Pada tahun 1996, dan sekali lagi pada tahun 2001, ia membantu Fener mengangkat kejuaraan Super Lig, serta pada tahun 1998 Piala Ataturk, sebuah kompetisi di Turki yang hanya diadakan empat kali (1955, 1964, 1998 dan 2000).

Tapi sebelum itu, pada tahun 1990 Recber bermain untuk Burdurgucu, sebelum kemudian bergabung dengan Antalyaspor pada tahun 1991. Tiga puluh empat penampilan untuk Antalyaspor cukup untuk membuat Recber dilirik tiga klub  besar Turki lainnya.

Dan setelah debut untuk timnas Turki U21, dia diberitahu oleh manajer paling terkenal Turki,  Fatih Terim, bahwa dia "akan menjadi penjaga gawang terhebat dalam sejarah bangsa."

Volkan Demirel

Libero.id

Kredit: uefa.com

Nama berikutnya adalah Volkan Demirel. Dia tiba di Fenerbahce dari Kartalspor, dimana dia membuat lebih dari 50 penampilan setelah bergabung dengan mereka saat masih berusia 18 tahun pada tahun 1999, ia memulai debutnya pada musim berikutnya dan cukup mengesankan untuk pindah setelah hanya dua musim.

Kedatangan Demirel, pada gilirannya akan mendorong Biler turun sebagai cadangan di Fenerbache, meskipun hanya sebentar.

Pada akhirnya, pasangan Recber-Demirel menjadi andalan Fenerbahce. Selama kariernya mereka masing-masing di Fenerbahce, mereka akan menjadi 'penjaga gawang dengan penampilan terbanyak untuk klub'.  Namun secara pribadi, Demirel bagaimanapun memegang rekor di Fenerbahce untuk penampilan terbanyak di kompetisi Eropa, yakni 86 secara total. Recber, di sisi lain, membuat hampir tiga ratus penampilan sendiri. Mereka berdua terus membangun reputasi sebagai Kiper terhebat Turki.

Demirel mencatatkan lebih dari 500 penampilan untuk klub dan negara dari tahun 2000 hingga 2019, sementara Recber, yang sama-sama mengesankan, mencatatkan lebih dari 550 penampilan antara tahun 1990 dan 2012. Pasangan ini telah mengumpulkan hampir dua ratus penampilan untuk negara mereka selama dua dekade belakangan (1994-2014).

Turki, pasti akan memberi hormat atas kontribusi mereka, baik untuk klub maupun negara yang mereka wakili dengan sangat andal.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network