Selain Lionel Messi, Inilah 9 Kontrak Terbesar di Olahraga Profesional

"Dalam kontrak yang diteken pada 2017, Barcelona membayar La Pulga 492 juta pounds, atau lebih dari Rp 9,4 triliun."

Feature | 02 February 2021, 01:51
Selain Lionel Messi, Inilah 9 Kontrak Terbesar di Olahraga Profesional

Libero.id - Lionel Messi kembali menjadi perbincangan setelah detail kontrak kerjanya di Barcelona bocor. Ternyata, bayaran La Pulga terbesar di dunia mengalahkan 9 olahragawan lainnya. Siapa saja mereka?

Kontrak Messi yang bocor pertama kali dituliskan El Mundo edisi Minggu, 31 Januari 2021. Dalam kontrak yang diteken pada 2017, Barcelona membayar La Pulga 555 juta euro, atau sekitar 492 juta pounds, atau lebih dari Rp 9,4 triliun. Angka fantastis itu meliputi gaji dan berbagai macam bonus, dari bonus penandatanganan kontrak baru hingga bonus loyalitas, yang jumlahnya fantastis.

Messi marah ketika detail kontraknya tersebar ke media. Dia mengancam akan menuntut pihak-pihak yang membocorkannya ke  publik. Moncong senjata pun diarahkan ke Josep Maria Bartomeu selaku presiden El Barca ketika La Pulga tanda tangan kontrak.

"Salah besar jika saya yang dituduh membocorkan kontrak. Ini masalah yang sangat serius dan sama sekali ilegal untuk membocorkan kontrak profesional. Berbicara di TV dan menuduh itu mudah. Tapi, kami tidak bercanda karena ini akan berakhir di pengadilan," kata Bartomeu, dilansir Esport 3.

"Saya juga bisa memastikan bahwa bocoran tersebut tidak datang dari mantan direktur (Barcelona) siapa pun itu. Sebab, manajer (di klub) tidak pernah menyimpan salinan kontrak yang sudah ditandatangani pemainnya," tambah pria yang tahun lalu mengundurkan diri dari Camp Nou itu.

Pertanyaannya, apakah nilai kontrak Messi merupakan yang terbesar di olahraga intermasional saat ini? Jawabannya, tentu saja benar. Dilansir dari The Sun, berikut ini 9 kontrak terbesar di lapangan selain yang diteken Messi dengan Barcelona:


9. Nolan Arenado (207 juta pounds)

Nolan James Arenado adalah atlet  bisbol profesional Amerika Serikat (AS) yang membela Colorado Rockies di Major League Baseball (MLB). Dia melakukan debut bersama Rockies pada 2013. Arenado telah dianggap sebagai salah satu basemen ketiga teratas di liga, baik untuk kontribusinya sebagai pemukul untuk kekuatan dan rata-rata maupun jangkauan pertahanan dan kekuatan lengannya.

Arenado mengantongi 25,8 juta pounds per tahun ketika memperpanjang kontrak  dengan Rockies. Perpanjangan 8 tahun membuat pemenang Rawlings Gold Glove Award 7 kali itu menjadi salah satu pemain bisbol dengan bayaran terbesar di dunia.


8. Manny Machado (238 juta pounds)

Libero.id

Kredit: instagram.com/machados13

Manuel Arturo Machado adalah atlet bisbol profesional Dominika-Amerika yang membela San Diego Padres di MLB. Dia dibesarkan di Miami dan bersekolah di Brito High School sebelum direkrut Baltimore Orioles dalam draf MLB 2010.

Dari Orieles, Machado bertgabung dengan Los Angels Dodgers. Sempat diinginkan Chicago White Sox, Machado akhirnya memilih Padres. Sebagai konsekuensi pilihan itu, Padres membayar Machado 23,8 juta pounds dengan kontrak 10 tahun pada 2019.


7. Geritt Cole (258 juta pounds)

Gerrit Alan Cole adalah pitcher bisbol di MLB untuk New York Yankees. Sebelumnya, dia bermain untuk Pittsburgh Pirates dan Houston Astros. Cole bermain untuk tim bisbol di Orange Lutheran High School sebelum dipilih Yankees pada putaran pertama Draft MLB 2008. Cole memilih untuk tidak menandatangani dan justru kuliah di University of California Los Angeles (UCLA).

Pada 2019, Cole diambil Yankees ketika masih berstatus free agent setelah meninggalkan Astros. Lalu, dia menerima kontrak 9 tahun senilai 28,6 juta per tahun. Dengan total 258 juta pounds, itu merupakan kontrak terbesar di bisbol untuk pemain di posisi pitcher.


6. Giancarlo Stanton (260 juta pounds)

Libero.id

Kredit: instagram.com/giancarlo818

Biasa disapa Mike Stanton, Giancarlo Cruz Michael Stanton saat ini membela New York Yankees di MLB. Dia melakukan debut MLB pada 2010 sebagai anggota Miami Marlins. Satnton pindah ke Yankees pada 2018 setelah kontrak kerjanya di Marlins berakhir pada 2017. Dia dikontrak 13 tahun dengan nilai total 260 juta pounds. Itu menjadi rekor bayaran pada masa tersebut.


5. Bryce Harper (264 juta pounds)

Bryce Aron Max Harper lahir pada 16 Oktober 1992. Dia merupakan pemain sayap kanan Philadelphia Phillies di MLB. Sebelum membela Phillies, Harper sempat bermain untuk Washington Nationals pada 2012-2018. Dia disebut-sebut sebagai "pemain dengan lima alat".

Ketika kerjasama dengan Nationals berakhir, Harper pindah ke Phillies pada Maret 2019. Dia menandatangani kontrak 13 tahun senilai 264 juta pounds. Jika dirinci, Harper akan mendapatkan sekitar 20,3 juta pounds per tahun.


4. Neymar (278 juta pounds)

Libero.id

Kredit: instagram.com/neymarjr

Sebelum kontrak Messi terungkap, Neymar da Silva Santos Junior adalah pesepakbola profesional dengan bayaran terbesar di bumi. Megabintang Brasil itu juga tercatat dalam sejarah sebagai pemain dengan nilai transfer terbesar. Dia dibeli Paris Saint-Germain (PSG) dari Barcelona pada 2017 dengan 222 juta euro atau 198 juta pounds.

Dengan nilai transfer yang besar, otomatis diikuti dengan penandatanganan kontrak terbesar di sepakbola. Oleh manajemen Les Parisiens, mantan rekan setim Messi itu dikontrak 5 tahun dengan nilai 278 juta pounds. Itu berarti 55,6 juta pounds setiap musimnya.

Meski dikalahkan Messi dalam jumlah bayaran, Neymar masih menyandang status pesepakbola yang paling banyak dicari di Google. Tercatat, nama Neymar dituliskan 6.420.000 kali per bulan di mesin pencari terpopuler di internet tersebut di seluruh dunia. Dia mengalahkan Messi (5.820.000) dan Cristiano Ronaldo (5.710.000).


3. Canelo Alvarez (292 juta pounds)

Santos Saul Alvarez Barragan atau lebih dikenal sebagai Canelo Alvarez, merupakan petinju profesional Meksiko yang telah memenangkan beberapa kejuaraan dunia dalam empat kelas berat, termasuk kelas menengah ringan, kelas menengah, super kelas menengah, dan kelas berat ringan.

Dia adalah petinju Meksiko keempat (setelah Erik Morales, Jorge Arce, dan Juan Manuel Marquez) yang menjadi juara dunia di empat kelas berat. Dia saat ini adalah juara dunia kelas menengah super terpadu, setelah memegang gelar WBA (Super), WBC, dan The Ring sejak 2020.

Canelo juga dibicarakan banyak orang setelah menandatangani kesepakatan 11 pertarungan dengan DAZN pada 2018. Kesepakatan tersebut memiliki nilai 292 juta pounds alias 26,5 juta pounds per pertarungan.

Sayang, pada November 2020, Conelo secara resmi keluar dari kontrak setelah menggugat Golden Boy Promotion milik Oscar de La Hoya dan DAZN karena masalah di luar ring. Gugatan itu kemungkinan disebabkan perang bisnis pertelevisian di Amerika Utara dalam tayangan tinju yang melibatkan HBO, ESPN, hingga FOX Sports dengan DAZN.


2. Mike Trout (341 juta pounds)

Libero.id

Kredit: instagram.com/miketrout

Michael Nelson Trout saat ini memperkuat Los Angeles Angels di MLB. Trout adalah delapan kali MLB All-Star, tiga kali American League (AL) Most Valuable Player (MVP), dan merupakan pemenang tujuh kali Silver Slugger Award. Dia dijuluki "The Meteor Millville".

Karena bakat dan nilai jualnya yang tinggi, Angels mengikat Trout dengan kontrak 341 juta pounds. Dengan durasi 12 tahun, atlet kelahiran 7 Agustus 1991 tersebut membawa pulang 28,3 juta pounds per tahun.


1. Patrick Mahomes (402 juta pounds)

Layaknya Cristiano Ronaldo di sepakbola, Patrick Lavon Mahomes II adalah pemain American football yang paling populer saat ini. Berposisi sebagai quarterback, pemuda berusia 25 tahun itu tercatat sebagai pemain Kansas City Chiefs di National Football League (NFL).

Dia awalnya bermain bisbol sekaligus American football di Texas Tech University. Setelah tahun keduanya, dia berhenti dari bisbol untuk fokus pada American football. Pada tahun pertamanya, dia memimpin semua pemain NCAA Divisi I FBS dalam berbagai kategori termasuk passing yard dan total touchdown. Mahones kemudian memasuki Draft NFL 2017 dan dipilih Chiefs.

Pada 2020, Mahones menandatangani perpanjangan kontrak dengan Chiefs berdurasi 10 tahun senilai 402 juta pounds. Kontrak tersebut setara dengan 40,2 juta pounds per tahun dengan bonus yang senilai dengan gajinya. Dia juga memiliki jaminan cedera sebesar 112 juta pounds.

Selama membela Chiefs, Mahomes mampu menghasilkan 40,2 juta pounds per tahun dari berbagai produk pernak-pernik klub yang menggunakan citra dirinya.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network