Kisah Phil Foden, dari Anak Gawang Sekarang Bintang Lapangan Man City

"Dia turut mengambil peran dengan porsi besar dalam kemenangan penting atas Liverpool."

Biografi | 09 February 2021, 10:40
Kisah Phil Foden, dari Anak Gawang Sekarang Bintang Lapangan Man City

Libero.id - Beragam cerita tentang perjalanan karier pesepakbola selalu menarik untuk disimak. Ada hikmah yang rimbun di balik susah payah, kerja keras, dan semua keringat yang tumpah. Hidup yang indah di masa depan, selalu berkaitan alias bersangkut paut dengan perjuangan di masa lalu.

Kali ini, kita akan menyimak sedikit cerita perjuangan tentang Phil Foden. Anak muda yang baru-baru ini menggetarkan jala seorang kiper sarat pengalaman: Alisson Becker.

Foden adalah bintang baru Manchester City. Dia turut mengambil peran dengan porsi besar dalam kemenangan penting atas Liverpool. Satu gol dan satu assist-nya menggenapi skor akhir 4-1, itu merupakan momen bersejarah, sebab tercatat selama 18 tahun terkahir City belum sekalipun menaklukkan Liverpool di kandang sendiri, Anfield Stadium.

Pesepakbola yang baru berusia 20 tahun itu merupakan produk akademi klub, memulai dari tahun 2009, pelan tapi pasti Foden menemukan alur sejarahnya.

Pada tahun 2016 berbarengan dengan kedatangan Guardiola sebagai pelatih baru klub, Foden berhasil menembus skuad utama.

Sejauh ini, Foden telah membukukan 102 penampilan dengan catatan 25 gol. Dan 10 gol di antaranya dilakukan pada musim ini.

Di bawah asuhan Pep, kini Foden tampil lebih pede dan banyak pilihan. Kadang-kadang dia di plot sebagai gelandang tengah, serang, dan juga pemain sayap.

Posisi terakhir terbukti efektif, terutama pada saat Manchester City dijamu oleh Liverpool (7/1/2020) yang lewat, bahkan Pep secara terbuka melempar pujian pada Foden,

"Ritme yang dia [Foden] mainkan sebagai winger masih seperti ketika bermain di tengah, tapi itu sudah lebih baik. Secara teknis dan mental. Dia selalu bisa melakukan sesuatu jika berada di dekat kotak lawan,"

Gol Foden ke gawang Liverpool bukan satu-satunya gol yang ia hadiahkan untuk tim-tim besar. Foden sepertinya memang terlahir untuk menggilas klub-klub elit liga premier.

Sebelum ini, Foden telah lebih dulu menjebloskan bola ke gawang Arsenal, Chelsea, Tottenham Hotspur, dan relatif hanya Manchester United yang belum dapat giliran.

Phil Foden Dulu dan Kini

Mari mundur sedikit kebelakang, atas semua pencapaiannya sejauh ini, Phil Foden rasa-rasanya pelru untuk bersyukur. Dan untuk mengingatkan kerja kerasnya, Foden mengunggah foto di akun Twitter pribadinya.

Foto itu seakan-akan bicara: roda berputar. Foto yang dibagikan Foden adalah collase yang menunjukan perbandingan Foden yang dulu dan Foden yang sekarang.

Di sisi kiri, Foden tampak berdiri di pinggir lapangan sebagai anak gawang, itu gambar yang diambil pada tahun 2014. Sementara foto di sebelah kanan, merupakan momen baru-baru ini dimana Foden melesatkan tembakan ke gawang Alisson.

"Foden tumbuh di akademi kami dan menjadi pendukung hingga menjadi ball boy, dan kini menjadi pesepakbola yang hebat buat kami," kata Guardiola dalam sebuah wawancara,

Begitulah nasib berbicara pada kita. Tapi semua nasib baik memang harus diperjuangkan. Phil Foden hanya sedikit dari catatan sejarah.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network