Kisah Amad Diallo Bawa Pantai Gading Menang Lewat Freekick di Menit 96

"Itu hanya laga uji coba biasa. Tapi, mencetak gol di additional time babak kedua butuh pemain bermental juara."

Berita | 07 June 2021, 19:09
Kisah Amad Diallo Bawa Pantai Gading Menang Lewat Freekick di Menit 96

Libero.id - Keputusan Amad Diallo meninggalkan Atalanta Bergamo untuk membela Manchester United berdampak positif pada tim nasional Pantai Gading. Mentalitas pemain MU U-23 di Liga Premier 2 tersebut sanggup menolong Les Elephants menang di additional time saat melawan Burkina Faso. Keren!  

Nama Diallo sebetulnya relatif tidak dikenal. Itu wajar karena dia merupakan pemain muda yang sedang merintis karier di Eropa. Usianya saat ini 18 tahun dan baru 2 tahun bermain di level senior.

Diallo bergabung dengan MU setelah didatangkan dari Atalanta pada Januari 2021 dengan 37 juta pounds (Rp746 miliar). Itu karena penampilan bagus Diallo bersama La Dea di Seria A maupun Liga Champions.

Saat tiba di Old Trafford, Diallo tidak langsung dimainkan di skuad utama yang bertanding di Liga Premier. Karena usia yang masih sangat muda, dia dititipkan ke MU U-23 yang bermain di Liga Premier 2. Di sana, Diallo menunjukkan diri sebagai pemain berkualitas calon bintang The Red Devils di masa depan.

Diallo mencetak dua gol pada debut untuk MU U-23, dalam kemenangan 6-3 atas Liverpool U-23 pada 30 Januari 201. Dia pertama kali dipanggil ke tim senior pada 9 Februari 2021, sebagai pemain pengganti yang tidak digunakan dalam pertandingan putaran kelima Piala FA melawan West Ham United, yang berakhir dengan kemenangan 1-0 MU setelah perpanjangan waktu.

Pada 18 Februari 2021, Diallo melakukan debut tim pertamanya untuk MU sebagai pengganti Mason Greenwood dalam kemenangan tandang 4-0 atas Real Sociedad di leg pertama babak 32 besar Liga Eropa. Gol pertamanya untuk MU datang pada 11 Maret 2021, dalam hasil imbang 1-1 melawan AC Milan di leg pertama babak 16 besar Liga Eropa.

Dia membuat debut Piala FA pada 21 Maret 2021, masuk sebagai pemain pengganti pada menit 84 dalam kekalahan 1-3 melawan Leicester City di perempat final. Pada 11 Mei 2021, Diallo melakukan debut di Liga Premier melawan The Foxes. Dia membantu Mason Greenwood mencetak gol. Tapi, MU kalah 1-2.

Berkat performa di Inggris, Pelatih Pantai Gading, Patrice Beaumelle, memutuskan memanggil Diallo pada 18 Maret 2021, untuk pertandingan Kualifikasi Piala Afrika 2021 melawan Niger dan Ethiopia. Debutnya terjadi pada 26 Maret 2021 melawan Niger. Dia masuk sebagai pemain pengganti pada menit 86.

Lalu, pada pertandingan keduanya di Stade Olympique Alassane Ouattara, Abidjan, 5 Juni 2021, Diallo mencetak gol indah melawan Burkina Faso. Dia masuk sebagai pemain pengganti dan mencetak gol pertamanya untuk timnas lewat tendangan bebas indah di menit 96!

Mula-mula, Burkina Faso memimpin pada menit 16 melalui striker Ajax Amsterdam, Lassina Traore. Pemain berusia 20 tahun itu mencetak gol keenam yang mengesankan hanya dalam 12 penampilan untuk Burkina Faso. Lalu, Ibrahim Sangare membuat kedudukan menjadi 1-1 pada menit 72, setelah memanfaatkan assist Max Gradel.

Diallo kemudian tampil sebagai pahlawan kemenangan Pantai Gading. Dia mengambil tugas untuk mengeksekusi bola mati di penghujung laga. Dia tidak menyia-nyiakan peluang emas itu lewat gol yang menghujam gawang Burkina Faso.

Selanjutnya, Pantai Gading akan menghadapi Ghana, 12 Juni 2021. Sama seperti laga melawan Burkina Faso, itu adalah pertandingan uji coba internasional berbendera FIFA. 

(gigih imanadi darma/mit)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network