Rafael Benitez, Pelatih Pertama yang Tangani Dua Raksasa Merseyside

"Everton sebelumnya telah melakukan penyeleksian ketat."

Berita | 30 June 2021, 13:45
Rafael Benitez, Pelatih Pertama yang Tangani Dua Raksasa Merseyside

Libero.id - Rafael Benitez menyetujui kontrak tiga tahun sebagai pelatih anyar Everton. Penunjukan itu membuat Benitez menjadi pelatih pertama di era sepakbola modern yang menukangi dua klub Merseyside.

Sebelum diperkenalkan sebagai pelatih The Toffees, Rabu (30/6/2021) waktu setempat, atau Kamis (1/7/2021) dini hari WIB, Benitez mengalami insiden kecil. Pelatih asal Spanyol itu sempat mendapat intervensi dari para penggemar Everton.

Benitez, yang akan menjadi pelatih permanen kelima The Toffees dalam beberapa tahun, telah menerima reaksi beragam dari fanbase Everton menyusul berita bahwa dia akan menjadi arsitek Everton berikutnya.

Sebuah spanduk mengancam yang tampaknya ditujukan ke Benitez bertuliskan "kami tahu di mana Anda tinggal, jangan menandatangani". Spanduk itu ditempatkan di dekat rumahnya di Merseyside pada Senin (28/6/2021).

Benitez memang tak pernah bersinggungan dengan Everton, kecuali komentarnya saat menyebut Everton adalah tim kecil. Dia dituding melakukan itu saat menjadi pelatih Liverpool, meski pelatih berusia 61 tahun itu telah mengklarifikasinya.

Namun, fans Everton sepertinya sudah telanjur sakit hati. Pernyataan itu pula yang membuat spanduk bertuliskan anti-Rafa banyak bermunculan di depan gerbang Goodison Park.

Pemilik Everton, Farhad Moshiri, sepertinya tak galau menyikapi itu. Konglomerat asal Iran ini percaya dengan penunjukan Benitez menggantikan posisi Carlo Ancelotti yang memilih hengkang ke Real Madrid

Everton telah mempertimbangkan hingga delapan kandidat sebelum Moshiri dan hierarki memutuskan Benitez.

Manajemen Everton sebelumnya mengadakan pembicaraan dengan mantan pelatih Wolves, Nuno Espirito Santo, dan memiliki minat pada mantan pelatih mereka, David Moyes.

Namun, Nuno sekarang sedang dalam pembicaraan dengan Tottenham untuk mengakhiri pencarian panjang mereka menggantikan Jose Mourinho. Sementara Moyes menandatangani kontrak tiga tahun dengan West Ham.

Pelatih Belgia, Roberto Martinez - mantan pelatih The Toffees lainnya - asisten Everton saat ini, Duncan Ferguson, pelatih pemenang gelar Ligue 1 Lille, Christophe Galtier, dan Eddie Howe juga masuk dalam daftar pendek mereka. Namun, pilihan akhirnya jatuh ke Benitez.

Benitez harus bergerak cepat setelah penunjukan itu, karena Everton akan menghadapi Southampton di Goodison Park pada 14-15 Agustus 2021. Itu merupakan laga pembuka Everton di Liga Premier musim 2021/2022.

Terlepas dari itu, penunjukan ini membuat Benitez kembali merasakan atmosfer sepakbola di Merseyside. Maklum, dia sudah meninggalkannya sejak 11 tahun silam, setelah menghabiskan enam tahun sebagai pelatih Liverpool. Benitez memenangkan Liga Champions dan Piala FA bersama The Reds.

Setelah meninggalkan Liverpool, dia telah melatih Inter Milan, Chelsea, Napoli, Real Madrid, Newcastle, dan yang terbaru adalah klub Liga Super China Dalian Professional.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network