Selamat Ulang Tahun!

10 Pesepakbola Terbaik Berusia 35 tahun ke Atas di Lima Liga Top Eropa

"Tua-tua keladi, makin tua makin jadi. Siapa saja mereka? Inilah daftar lengkapnya."

Feature | 24 July 2021, 13:39
10 Pesepakbola Terbaik Berusia 35 tahun ke Atas di Lima Liga Top Eropa

Libero.id - Mulai dari penggunaan teknologi modern untuk menjadi fasilitas terbaik dalam meningkatkan kualitas olahraga hingga metode latihan yang terus dikembangkan, kini usia menjadi sebatas angka di sepakbola.

Kebugaran pemain di era sepakbola modern dinilai semakin luar biasa berkat penggunaan teknologi terkini dan metode terbaru dalam proses latihan. Hal tersebut terbukti dari banyaknya pemain bintang yang masih memiliki performa luar biasa dalam usia di atas 35 tahun.

Padahal, di masa lalu, pemain-pemain usia di atas 35 tahun banyak yang sudah gantung sepatu. Sebaliknya, pada era terkini, beberapa nama pemain bintang justru menjadi lebih baik seiring bertambahnya usia.

Saat ini, ada sejumlah pemain berusia lebih dari 35 tahun yang tetap berlaga di level atas sepakbola, terutama di lima liga top Eropa. Berikut adalah nama-nama bintang sepakbola tersebut:


1. Fernandinho

Usia: 36 tahun

Klub: Manchester City

10 Foto Susana Werner, Mantan Ronaldo yang Menikah dengan Julio Cesar

10 Foto Susana Werner, Mantan Ronaldo yang Menikah dengan Julio Cesar

Pemain berpaspor Brasil itu sekarang memasuki usia tiga puluhan. Tapi, dia tetap menjadi bagian integral dari ruang ganti Pep Guardiola. Di lapangan, dia sering digunakan sebagai pemain untuk menjaga lini belakang saat Man City menghabiskan sebagian besar pertandingan dengan bertahan.

Hingga saat ini, Fernandinho telah mengangkat empat gelar juara Liga Premier, enam Piala Liga dan Piala FA. Dia hampir pasti akan menambahnya musim depan setelah perpanjangan kontrak satu tahun.


2. Fabio Quaglierella

Usia: 38 tahun

Klub: Sampdoria

Bak anggur berkualitas, Fabio Quagliarella meningkat seiring bertambahnya usia. Dia membukukan 19, 26, 11, dan 13 gol di Serie A selama empat musim terakhir, meski sekarang usianya sudah mendekati 40 tahun. Dia menutup kampanye musim lalu dengan mencetak gol saat melawan Parma dalam kemenangan 3-0. Itu juga menandai penampilannya yang ke-500 di Serie A.


3. Giorgio Chiellini

Usia: 36 tahun

Klub: Free agent (Juventus musim lalu)

Berusia 36 tahun, tapi tetap sukses membimbing Italia mendominasi Euro 2020, serta menuntun Juventus mendominasi Serie A.  Dia mungkin bukan pemain yang tercepat. Tapi, Giorgio Chiellini bukanlah Flash Gordon sejak awal.

Sebaliknya, bek tengah tersebut telah menggunakan fisik dan kemampuannya membaca permainannya dengan daya analisis yang tinggi untuk melahap seluruh striker lawan dan selalu dapat memastikan bahwa setiap sudut pertahannya tetap menjadi zona bebas bahaya.

Setelah dibebaskan dari Juventus, tidak diragukan lagi akan ada banyak klub yang mengantri untuk mendapatkan tanda tangannya.


4. Luka Modric

Usia: 35 tahun

Klub: Real Madrid

Dari memenangkan empat gelar Liga Champions bersama Real Madrid hingga bermain di final Piala Dunia bersama Kroasia. Belum lagi memenangkan penghargaan bergengsi Ballon d'Or. Ada begitu banyak prestasi prestisus yang telah diraih Luka Modric dalam karier sepakbolanya.


5. Laurent Koscielny

Usia: 35 tahun

Klub: Bordeaux

Tidak ada keraguan bahwa pertahanan Arsenal kini menderita secara drastis sejak kehilangan Laurent Koscielny, yang pergi ke Bordeaux pada musim panas 2019. Veteran timnas Prancis tersebut memberikan pengalaman dan stabilitas di lini belakang The Gunners sebelum kepindahannya.


6. Samir Handanovic

Usia: 37 tahun

Klub: Inter Milan

Usia seringkali tidak lebih dari sekadar angka bagi penjaga gawang dan itu tentu saja terjadi pada Samir Handanovic. Dia terus memegang seragam No.1 Inter Milan, meski sudah berusia 37 tahun. Handanovic mencatatkan clean sheets terbanyak di Serie A 2020/2021, dengan 14 kali, saat pasukan Antonio Conte merebut Scudetto dari Juventus.


7. Thiago Silva

Usia: 36 tahun

Klub: Chelsea

Debut Liga Premier Thiago Silva untuk Chelsea mungkin menjadi bencana. Tapi, sejak itu, dia menunjukkan kepada semua orang mengapa dia tidak gantung sepatu. Sebab, dia sering kali menjadi bek terbaik The Blues.

Pemain berusia 36 tahun itu membuat sembilan penampilan Liga Champions untuk PSG pada 2019/2020 saat Les Parisiens mencapai final pertama. Dan, musim lalu dia membawa Chelsea menjuarai Liga Champions, meski mengalami cedera di pertandinan puncak melawan Manchester City.


8. Zlatan Ibrahimovic

Usia: 39 tahun

Klub: AC Milan

Pada titik ini, mungkin masuk akal untuk mulai bertanya apakah Zlatan Ibrahimovic benar-benar manusia atau bukan. Dia meninggalkan Manchester United pada Maret 2018 dengan cedera. Lalu, dia bergabung dengan LA Galaxy dan menunjukkan kepada semua dengan mencetak 53 gol dalam 58 penampilan.

Kemudian, pemain Swedia itu pindah kembali ke Eropa bersama AC Milan. Ibrahimovic mencetak 11 gol dalam 20 penampilan di semua kompetisi 2019/2020 dan berlanjut seperti di musim 2020/2021. Pada usia 39 tahun, Ibrahimovic bermain di level yang lebih tinggi daripada yang pernah kita lihat sejak dia masih di PSG.


9. Joaquin Sanchez

Usia: 40 tahun

Klub: Real Betis

Joaquin adalah salah satu karakter paling lucu dalam sepakbola. Dia telah membuat lebih dari 400 penampilan di semua kompetisi untuk Real Betis hingga saat ini, serta tampil untuk tim besar seperti Valencia, Malaga, dan Fiorentina.

Joaquin mencetak 10 gol di semua kompetisi pada 2019/2020. Dia membantu Betis melawan degradasi  dan terus mempertahankan posisinya di tim asuhan Manuel Pellegrini pada 2020/21. "Jika saya bisa melakukannya satu tahun lagi setelah ini, jika tubuh saya bisa menerimanya dan mereka menginginkan saya, maka anda tidak akan bisa menyeret saya pergi," kata Joaquin.


10. Cristiano Ronaldo

Usia: 36 tahun

Klub: Juventus

Bahkan, dengan bintang selevel Ibrahimovic menjadi pesaingnya, CR7 tetap tidak terkalahkan. Setelah mengakhiri penampilannya yang sangat sukses di Real Madrid pada 2018, Ronaldo terus membuktikan dirinya sebagai salah satu yang terhebat sepanjang masa dengan mencatatkan persentasi pada tingkat 0,76 gol per pertandingan di semua kompetisi untuk Juventus. Dia membantu La Vecchia Signora meraih dua gelar Serie A.

Selanjutnya, untuk Portugal, Ronaldo baru-baru ini menyamai rekor Ali Daei untuk gol internasional terbanyak (109 gol) dan memiliki 22 gol dalam 21 pertandingan untuk negaranya sejak awal 2019. 

Pemenang lima kali Ballon d'Or itu juga masih memiliki performa yang luar biasa, meski usianya semakin dekat dengan kepala empat. Kapan dia pensiun? Rasanya hanya bisa dijawab oleh dirinya sendiri. Bahkan, sampai detik ini tidak ada yang tahu pasti tanggalnya.

(muhammad alkautsar/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=cftVjjr7ZQA

Artikel Pilihan