5 Pokok Bahasan Penting Usai Arsenal Digulung Brentford di Laga Perdana

"Kalau ada teman mu yang kelihatan galau hari ini, boleh jadi fans Arsenal. Lama-lama jadi klub lawak juga."

Analisis | 14 August 2021, 12:44
5 Pokok Bahasan Penting Usai Arsenal Digulung Brentford di Laga Perdana

Libero.id - Dua gol di masing-masing babak dari Sergi Canos dan Christian Norgaard membuat klub debutan Liga Premier, Brentford mendapat tiga poin pertama mereka. Tak tanggung-tanggung, klub yang berjuluk The Bees itu mengalahkan Arsenal 2-0, memulai musim  dengan catatan yang memikat. 

Terlepas dari upaya terbaik Mikel Arteta dan para punggawa Arsenal untuk mengejar ketertinggalan dan menyamakan kedudukan, pertahanan Brentford terbukti terlalu kuat untuk sekedar mencetak satu gol. 

Pada catatan itu, berikut adalah 5 poin pembicaraan utama dari Laga pembuka yang berlangsung di Brentford Community Stadium pada Jumat malam (14/8) waktu setempat itu berlangsung seru itu :

1. Sejarah Baru untuk Brentford 

Brentford menjadi tim berbeda ke-50 yang bermain di Liga Premier. Dan, meskipun pertandingan pertama mereka melawan lawan yang jauh lebih hebat secara nama, Brentford sukses membuat kejutan.

Terakhir kali kedua tim berhadapan di liga adalah lebih dari 74 tahun yang lalu ketika The Gunners menang 1-0 atas Bees di Griffin Park pada Mei 1947. Namun kali ini, pasukan Thomas Frank menjadi yang ke-12 untuk klub promosi memenangkan pertandingan pembuka Liga Premier.

2. Efek Cedera Para Pemain Arsenal 

Kalau Anda jeli memperhatikan, skuat yang diturunkan Arsenal dalam laga itu ialah skuat muda.

Dimana kita tak melihat Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette di lini depan. Keduanya mengalami cedera. Pemain andalan lainnya yang ada  di meja perawatan adalah striker muda tapi berpengalaman seperti Eddie Nketiah.

Ada juga gelandang Thomas Partey, dan bek Gabriel Magalhaes, yang semuanya tampil reguler untuk The Gunners musim lalu

Dengan pilihan terbatas untuk dipilih, Arteta menyerahkan debut penuh kepada Ben White, Albert Sambi Lokonga, dan Folarin Balogun dalam susunan pemain baru The Gunners. Kurangnya striker berpengalaman yang memimpin lini depan tampaknya benar-benar memengaruhi permainan Arsenal.

3. Era Baru untuk Klub Promosi

Selama beberapa musim terakhir, tim promosi seperti Wolves, Sheffield United, dan Leeds United, telah membuat kesan bahwa gaya ultra-defensif tak lagi berlaku untuk klub promosi.

Hal yang sama diharapkan dari Brentford, klub yang telah membangun reputasi sejak di divisi bawah dengan memainkan gaya sepak bola menyerang. Dan itu jelas mereka tunjukan saat melawan Arsenal.

Jika mereka dapat mempertahankan gaya permainan itu, mereka pasti akan memenangkan lebih banyak hati penggemar selama musim 2021-22 ini.

4. Beban Mental yang Ditanggung Mikel Arteta

Meskipun masih relatif awal dalam karier kepelatihannya, tekanan yang datang sebagai pelatih klub dengan reputasi seperti Arsenal mau tak mau harus ditanggung oleh Arteta.

Pelatih asal Spanyol  mengawali musim yang mengecewakan, dimana The Gunners  finis di urutan ke-8 dalam klasemen. Performa mengecewakan itu membuat Arsenal kehilangan tempat di sepak bola Eropa untuk pertama kalinya dalam beberapa musim.

Para fans Arsenal tenru memiliki harapan yang lebih tinggi untuk klub, dan tak salah luapan emosi itu dicurahkan pada Arteta.
Dan dengan pertandingan berturut-turut melawan Chelsea dan Manchester City, kekalahan pada laga pembuka melawan klub debutan tentu jadi langkah yang buruk.
 
5. Fans yang Kembali ke Stadion

Dimulainya musim baru Liga Premier juga menandakan kembalinya para penggemar ke stadion setelah hampir satu tahun sepak bola dimainkan di depan tribun yang hampir kosong.

Sementara nyanyian dan sorakan yang direkam sebelumnya adalah cara yang baik untuk menghidupkan permainan yang dimainkan secara tertutup, namun tetap saja suasana yang dihasilkan oleh penonton sungguhan tetap tak tertandingi. 

Atmosfer dan gairah sepak bola kini benar-benar kembali. Dan sebagai tuan rumah, para penggemar Brentford tak mau kehilangan momen. Mereka bersorak dan itu terbukti ampuh sebagai energi untuk tim kesayangan mereka.

Dengan kata lain, hal lainnya yang menarik untuk dicatat selama musim ini adalah  bagaimana stadion yang penuh akan terlatih menguntungkan tim tuan rumah, sebuah fenomena yang tampaknya telah mengalami penurunan yang signifikan musim lalu tanpa kehadiran penggemar.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Brentford FC


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network