Selamat Ulang Tahun!

Bagaimana Transfer Pemain Diselesaikan 24 Jam saat Hari Deadline

"Dibalik kepindahan pemain ada proses yang panjang."

Analisis | 30 August 2021, 23:24
Bagaimana Transfer Pemain Diselesaikan 24 Jam saat Hari Deadline

Libero.id - Idealnya setiap klub ingin menyelesaikan bisnis mereka sedini mungkin di jendela transfer, tetapi hal-hal tidak selalu berjalan sesuai rencana.

Semenjak jendela transfer dibuka, banyak kemungkinan yang terjadi hingga jelang penutupan jendela transfer masih banyak juga kemungkinan terjadi.

Hal pertama yang harus dipahami: Tidak ada kesepakatan terjadi begitu saja dalam 24 jam. Ini adalah hasil dari berhari-hari, berbulan-bulan, kadang-kadang juga bertahun-tahun. 

Jadi, sangatlah penting untuk memiliki tim scouting alias pemandu bakat dan analis yang cermat.

Dalam pada itu, berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang bagaimana kita bisa memahami aturan 'Transfer Deadline Day' atau batas akhir antar klub dapat menyelesaikan kesepakatan, atau hal lain misalnya, apa yang biasa dilakukan klub --- terlebih di masa Covid-19 --- ketika menandatangani pemain pada tenggat waktu transfer :

Pada Waktu Pagi Hari :

- Membangun Komunikasi dengan Pemain dan Selesaikan Persyaratan dengan Agen

Setelah membangun komisi awal dengan pemain klub biasanya langsung  beralih ke agen.  Hal ini dimaksudkan untuk membahas kesepakatan kontrak, baik itu gaji, biaya penandatanganan, komisi agen, serta klausul tambahan apa pun untuk peningkatan terkait kinerja/penampilan dan bonus kemenangan.

Selain itu, akan ada diskusi tentang hal-hal seperti pengaturan tempat tinggal, penerbangan, kesepakatan sponsor dan hak gambar, tergantung pada status pemain.


- Menyiapkan Logistik dan Staf 

Berpacu dengan waktu, ada sedikit pilihan selain memesan jet pribadi -- asalkan layanan tersebut tersedia dari sudut tertentu di Eropa ini. Ini tidak sepenuhnya diperlukan untuk penandatanganan pinjaman atau bahkan transfer permanen untuk tiba sebelum batas waktu transfer yang sebenarnya karena semua dokumen wajib dapat dengan mudah diproses secara digital dan jarak jauh. Anda ingin agen di sana secara pribadi juga (mereka mungkin datang dari tempat yang berbeda dengan pemain) untuk menyelesaikan formalitas sebelum presentasi dilakukan.

Setelah pengaturan perjalanan diurutkan, Anda dapat bernapas lega untuk sementara, tetapi tidak sebelum Anda melakukan pendelegasian yang serius. Di klub elit Anda jelas memiliki staf yang berdedikasi untuk membantu dalam semua tugas praktis, tetapi masih ada orang-orang yang harus bertemu dengan kepala medis dan komunikasi mereka untuk pengarahan singkat.

Idealnya, Anda ingin departemen medis tepercaya Anda melakukan pemeriksaan pada pemain (walaupun singkat) dan bertemu dengan pemain, karena masalah dapat muncul kapan saja. Pilihan lain adalah menerbangkan staf medis Anda untuk menilai pemain di fasilitas dekat klub mereka saat ini, yang dapat menghemat waktu Anda dalam skenario tertentu.

Untuk departemen medis, ini adalah masalah pemesanan semua janji yang mungkin dapat mereka buat dalam jangka waktu yang tersedia: Mereka ingin melakukan pemindaian MRI lengkap -- dan sebaiknya juga pemindaian jantung, yang memerlukan peralatan khusus -- serta lebih banyak lagi. pemeriksaan dasar yang dilakukan di gym dan fasilitas medis setempat.

Dalam kebanyakan kasus, klub tempat pemain bergabung juga akan memiliki catatan medis yang diteruskan oleh mantan klub mereka, yang akan dikirim secara elektronik dan kemudian dipelajari oleh dokter tim beberapa jam sebelum kedatangan pemain.

Karena pemeriksaan medis lengkap biasanya memakan waktu setidaknya satu hari penuh, dan seringkali dua, hanya memiliki lima atau enam jam dapat membuat aspek transfer ini agak berisiko. Hari-hari ini peningkatan teknologi, ditambah akses yang lebih mudah ke informasi (seperti catatan cedera masa lalu pemain), telah membantu mengurangi bahaya sampai batas tertentu. Namun, demi kepentingan klub dan pemain itu sendiri, Anda tidak ingin membiarkan apa pun terjadi dalam hal kesehatan. Sebuah medis yang tepat memang membutuhkan waktu.

Tim komunikasi Anda juga perlu diberi pengarahan dengan benar. Meskipun banyak informasi dapat digali secara online, beberapa komentar dari pelatih kepala tentang keahlian pemain dan alasan mengapa mereka dibawa adalah jenis informasi yang ingin Anda bagikan dengan pendukung klub dan tampilkan di situs web Anda segera setelah kesepakatan tercapai. Pengaturan perlu dibuat untuk pemotretan foto dan video di kemudian hari, sementara video pengenalan singkat untuk media sosial - yang tampaknya sangat diperlukan di zaman sekarang ini - perlu waktu untuk diejek.

Pada Waktu Siang

- Ikuti beritanya

Dengan sedikit keberuntungan, Anda dapat beristirahat sejenak dan makan siang. Idealnya Anda ingin mengetahui apa lagi yang sedang terjadi -- apakah ada orang lain yang melakukan bisnis? Apakah media sudah mengetahui bintang baru Anda yang akan datang? Mungkin Anda bahkan bisa membaca email atau pesan masuk. Dan mereka bisa dalam tiga digit. Bahkan mungkin ada tawaran pinjaman atau transfer permanen untuk pemain Anda sendiri, meskipun kebanyakan dari mereka cenderung menjadi agen yang mencobanya dan membuang-buang waktu.

Anda biasanya memiliki gagasan yang adil di hari-hari sebelumnya, apakah salah satu pemain Anda akan pindah, sehingga Anda dapat bersiap untuk itu. Namun, jika hal lain yang mendesak terjadi di klub Anda, Anda perlu memastikan bahwa semua orang tahu bagaimana menemukan Anda, mungkin dengan menghubungi Anda melalui telepon kedua. Kebanyakan direktur olahraga memiliki lebih dari satu nomor ponsel atau handset -- beberapa bahkan mungkin memiliki tiga atau empat!

Pada Waktu Siang Dini

- Periksa dengan pemilik

Sebelum kedatangan yang diantisipasi dari penandatanganan baru Anda, Anda mungkin ingin menyentuh dasar dengan "lantai atas" juga. Tidak ada yang membangkitkan lebih banyak kegembiraan di klub sepak bola daripada aktivitas transfer, dan CEO, anggota dewan, atau bahkan pemilik yang sangat kaya tidak berbeda dengan penggemar biasa dalam hal itu.

Kecuali Anda sudah dilengkapi dengan semua mandat penting, Anda harus menghubungi pemilik tentang seberapa tertarik mereka pada proses transfer yang sedang berlangsung. Seperti yang kita semua akui bahwa merekrut pemain baru harus murni berdasarkan keputusan sepak bola selama mereka sesuai dengan anggaran yang ditetapkan, memiliki orang yang membayar tagihan tidak pernah menjadi hal yang buruk...terutama jika Anda membutuhkan pengaruh. untuk halangan tak terduga (mahal) nanti di sore hari. Mereka harus memercayai penilaian Anda, dan semuanya akan baik-baik saja, tetapi tidak ada salahnya untuk bertanya.

Pada Waktu Tengah hari

- Hosting pemain

Pada saat ini, pemain dan agennya seharusnya sudah tiba dengan selamat di lapangan. Anda menawarkan mereka tur stadion yang cepat dan rahasia (setidaknya dengan kemampuan terbaik Anda), sebaiknya ditemani oleh pelatih kepala atau kapten klub Anda. Ada waktu untuk makan sebentar bagi para tamu yang datang sebelum pemain dibawa pergi untuk melakukan prosedur medis yang terburu-buru dan sedikit dadakan.

- Kembali ke negosiasi kontrak

Sementara mereka melakukan itu, di sinilah Anda sering turun ke seluk beluk mengerjakan secara spesifik kontrak. Tergantung pada hubungan Anda dengan agen atau agen (beberapa memiliki mitra domestik yang biasanya akan datang pada saat ini dan, dengan pengetahuan mereka tentang modus operandi dan undang-undang khusus negara, mungkin sangat membantu), satu jam berikutnya atau lebih mungkin hanya formalitas atau potensi bahaya untuk penyelesaian kesepakatan.

Agen tepercaya dapat menepati janjinya dan tetap setia pada apa yang pada prinsipnya telah disepakati di telepon, sedangkan seseorang yang tidak terlalu khawatir tentang reputasi atau hubungan di masa depan bahkan dapat membahayakan seluruh kesepakatan dengan mencoba segala macam kejahatan.

Jika Anda beruntung, Anda mungkin lolos hanya dengan melakukan beberapa penerbangan untuk teman dan keluarga pemain (dan, ya, mereka masih dapat diminta bahkan dalam kesepakatan bernilai jutaan) atau Anda akhirnya harus menghadapi permintaan untuk biaya masuk yang terlalu tinggi, bonus pribadi, atau komisi agen yang belum pernah muncul sebelumnya. Hal-hal seperti itu bisa mahal dan sering ditangani tepat di akhir negosiasi.

Perlu disebutkan bahwa skenario terakhir telah menjadi jarang terjadi dengan munculnya agen yang umumnya lebih andal dan profesional yang mengakui nilai dalam mempertahankan hubungan baik dengan klub. Tapi, jika tidak, selalu ada pilihan untuk keluar dari kesepakatan.

Dengan hanya beberapa jam tersisa sampai jendela transfer ditutup, terkadang diajak jalan-jalan adalah harga yang harus Anda bayar karena harus melakukan bisnis di menit-menit terakhir.

Pada Waktu Sore Hari

- Berikan dokumen tampilan terakhir

Dengan tidak adanya persyaratan pribadi, persiapan dokumen yang sebenarnya relatif mudah. Kedua belah pihak akan membaca halaman pertama dan kedua dari kontrak profesional standar, ditambah melihat baik-baik lampiran di mana bonus atau tambahan luar biasa dinyatakan.

Padahal sebelumnya kontrak pemain dapat diubah dan membutuhkan profesional hukum untuk melihat terakhir (ini masih terjadi) karena cetakan kecil tunduk pada banyak nit-picking, sebagian besar kontrak profesional di liga Eropa pada umumnya didasarkan pada standar FA template yang tidak dapat diubah (jelas dengan pengecualian durasi dan persyaratan keuangan.)

Kesepakatan transfer antar klub – baik itu pinjaman atau kesepakatan permanen – juga perlu diteliti. Berbeda dengan kontrak pemain, perjanjian transfer tidak didasarkan pada template yang ditetapkan seperti itu, tetapi seringkali dapat berupa tambal sulam berdasarkan beberapa perubahan email antara kedua klub. Dengan jumlah yang signifikan secara teratur terlibat, itu membantu memiliki tim hukum yang berpengalaman (yang dimiliki sebagian besar klub papan atas) mengawasi penyelesaian perjanjian.

Pada Waktu Tengah Malam

- Cari tahu bagaimana hasil medisnya

Saat tenggat waktu transfer mengisyaratkan, saatnya untuk duduk dengan dokter klub atau kepala departemen medis untuk mendengar temuan dari pemeriksaan medis yang tergesa-gesa. Kecuali jika profesional medis telah menyampaikan kekhawatiran tertentu, laporan ditandatangani dengan rekomendasi untuk melanjutkan pendaftaran pemain baru.

Sekarang giliran pemain untuk melihat baik-baik kontraknya. Setiap pertanyaan yang mungkin muncul biasanya diajukan kepada agen (yang telah menyelesaikan kontrak pada sore hari.)
Tepat sebelum batas waktu

- Dapatkan dokumen yang diserahkan

Sebelum waktu mencapai batas waktu, semua kontrak ditandatangani dan diserahkan kepada orang yang tepat yang bertanggung jawab untuk berurusan dengan FA terkait masalah pendaftaran.

Tahap pertama -- untuk transfer internasional -- adalah mengunggah semua dokumen terkait ke FIFA TMS (Transfer Matching System). Platform online yang sangat berguna ini diluncurkan oleh FIFA pada tahun 2010 dan telah secara signifikan mempercepat proses pendaftaran pemain yang bergerak melintasi batas (karenanya dari satu FA ke FA lainnya). Sistem ini dulunya relatif kompleks dan tidak terlalu ramah pengguna, tetapi sekarang berfungsi dengan mulus.

Setelah semua informasi yang terkait dengan transfer dicocokkan (yaitu informasi yang sama terkait dengan syarat pembayaran, angsuran, persentase penjualan, rincian bank, ditambah berbagai klausul) oleh kedua klub, yang biasanya dilakukan dalam waktu sekitar 10-15 menit, Anda semuanya jelas. Sisa proses pendaftaran, termasuk izin untuk memainkan pertandingan kompetitif, kemudian ditangani oleh FA yang terlibat.

Pada titik ini Anda secara efektif di rumah dan kering. Pemain dapat diresmikan dengan pengumuman media sosial Anda yang manis dan Anda dapat duduk dan menonton para penggemar menjadi gila. Terkadang, dalam kasus ekstrim, persetujuan akhir dapat ditunda -- seperti saat kepindahan Andrei Arshavin ke Arsenal terganggu oleh badai salju pada tahun 2009 -- tetapi umumnya selama dokumen diajukan pada waktu yang ditentukan, Anda baik-baik saja.

Setelah batas waktu

Setelah Anda memberi selamat kepada staf Anda karena telah menyelesaikan kesepakatan, akhirnya tiba saatnya untuk duduk, menuangkan minuman, menyalakan cerutu, dan menikmati kemuliaan. Bagaimana pemain beradaptasi di klub Anda berada di luar kendali Anda, dan Anda telah melakukan pekerjaan terbaik yang Anda bisa. Bergembiralah karena Deadline Day telah berakhir selama enam bulan lagi, dan cobalah untuk menghindari situasi yang terburu-buru seperti itu dengan perencanaan dan komunikasi yang lebih baik di lain waktu.

(gigih imanadi darma/gie)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan