Selamat Ulang Tahun!

Kisah Julian Nagelsmann, Pelatih Seusia Pemain yang Bawa Klub-klub Kecil Bundesliga Melejit

"Pensiun dini dan kini melatih Bayern Muenchen."

Biografi | 20 October 2021, 09:51
Kisah Julian Nagelsmann, Pelatih Seusia Pemain yang Bawa Klub-klub Kecil Bundesliga Melejit

Libero.id - Sejauh musim 2021-22 ini, performa Bayern Muenchen patut kita nilai dengan mengacungkan dua jempol. Die Bavarian  meraih 5 kemenangan dalam 6 laga terakhirnya di semua kompetisi, bukan cuma itu, tingkat produktivitas klub yang bermarkas di Allianz Arena itu sangat bagus ; 29 gol dalam 8 laga.

Hampir setengah dari gol-gol itu terjadi saat Bayern Muenchen bertemu Bremen di DFB Pokal pada (26/8/2021) lalu yang diakhiri dengan skor 12-0. Lebih luas lagi, total  50 gol dalam 12 laga
di semua kompetisi. Luar biasa.

Selain karena pemain-pemain berkualitas, yang tak kalah penting ialah sosok yang mengarsiteki pemilik 6 gelar Liga Champions itu, ia adalah Julian Nagelsmann. 

10 WAGs Terkaya, Ada Georgina Rodriguez Istri Cristiano Ronaldo

10 WAGs Terkaya, Ada Georgina Rodriguez Istri Cristiano Ronaldo

Pelatih yang usianya masih sangat muda, 34 tahun, tak beda jauh dengan usia beberapa pemainnya, Thomas Mueller, Lewandowski, dan Neuer.

Namun, kecerdasan pelatih asal Jerman dalam mengolah taktik tidak bisa diragukan lagi. Tercatat Nagelsmann yang mulai dikontrak Muenchen sejak Juli 2021 lalu  ---untuk menggantikan posisi Hansi Flick ---  memiliki statistik poin setiap pertandingan yang patut diacungi jempol dengan nilai 2,58 dari 3,00.

Sebelum sampai ke titik yang sekarang, Nagelsmann dulunya juga merupakan pesepak bola, namun kariernya hanya mentok di dua klub asal Jerman saja. Tercatat, ia pernah berseragam TSV 1860 Munich dan Augsburg, dan dirinya memutuskan untuk pensiun di usianya yang masih 21 tahun.

Memulai Karier Sebagai Pelatih

Selepas gantung sepatu, pada tahun 2008 Nagelsmann memulai karier kepelatihannya dengan menjadi manajer di akademi mantan klubnya, Augsburg. 

Setelah itu, ia berkelana dengan melatih beberapa tim junior di klub-klub Jerman, hingga diangkat menjadi manajer utama Hoffenheim pada 2016.

Ketika menukangi klub yang berjuluk 'Die Kraichgauer', Nagelsmann sukses mengubah skema taktik dan pola permainan Hoffenheim. Dan hasilnya,  Hoffenheim selalu konsisten di papan
atas klasemen, yang semula cuma di papan tenga hampir bawah.

Caranya melatih membuat klub yang mulai berkembang lainnya menaruh minat, hingga akhirnya Nagelsmann dikontrak oleh RB Leipzig pada musim 2019.

Catatan Nagelsmann dengan klub barunya juga makin moncer, Leipzig juga konsisten menduduki papan atas klasemen walaupun belum meraih sekali pun trofi Bundesliga. Di level Liga Champions 2019/20 bahkan mereka jadi kuda hitam yang sampai ke babak semifinal.


Pada babak pindahnya Nagelsmann ke Leipzig, saat itu ia pernah santer diberitakan bakal menjadi pelatih Arsenal. Namun menurut laporan dari Daily Mail, The Gunners malah memilih mengontrak Unai Emery.

Usai sukses bersama Leipzig, Nagelsmann kembali naik level, kini ia melatih klub raksasa Bundesliga, Bayern Muenchen dengan kontrak jangka panjang hingga 2026 untuk menjadi suksesor pengganti Hansi Flick.

Keputusan Bayern mendatangkan Nagelsmann dari RB Leipzig ternyata langsung berbuah manis. Di tangan pelatih yang dijuluki 'Baby Mourinho' itu, Bayern Muenchen tampak semakin kokoh dan solid.

Secara permainan juga menunjukkan progres yang bagus. Kalau konsisten, Bayern Muenchen di bawah kepelatihan
Nagelsmann bukan tak mungkin bisa mengulangi atau bahkan melampaui era Pep Guardiola atau Hansi Flick.

(gigih imanadi darma/gie)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=HgyPUs_08U4

Artikel Pilihan