Gagal Lolos Otomatis ke Piala Dunia 2022, Apa yang Selanjutnya Dilakukan Portugal?

"Sulit membayangkan jika Piala Dunia 2022 tanpa kehadiran Cristiano Ronaldo."

Analisis | 15 November 2021, 07:30
Gagal Lolos Otomatis ke Piala Dunia 2022, Apa yang Selanjutnya Dilakukan Portugal?

Libero.id - Cristiano Ronaldo terancam tidak tampil di Piala Dunia 2022 setelah Portugal dikalahkan Serbia secara dramatis 1-2 di Estadio da Luz, Lisbon, Senin (15/11/2021) dini hari WIB.

Portugal menjamu Serbia pada partai pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022. Hanya butuh hasil imbang untuk lolos, Portugal langsung agresif. Hasilnya, di menit kedua, Renato Sanches membawa Portugal memimpin 1-0. Tapi, setelah itu tuan rumah malah kesulitan bikin gol dan beberapa kali direpotkan serangan Serbia.

Tim tamu akhirnya bisa menyamakan skor pada menit 33 lewat Dusan Tadic. Kemudian, bencana datang untuk Portugal di menit 90. Crossing Tadic menuju Aleksandar Mitrovic di kotak penalti dan disundul ke sudut gawang Rui Patricio. Portugal akhirnya kalah 1-2 dan harus gigit jari karena gagal lolos langsung ke Qatar.

Dengan hasil ini Portugal batal memimpin klasemen sementara Grup A. Mereka harus puas finish runner-up dengan 17 poin, kalah tiga poin dari Serbia. 

Dan, salah satu alasan mengapa Portugal kalah adalah Ronaldo loyo. Sang kapten tidak membuat gol sama sekali. Bahkan, dari tiga attempts, semuanya gagal menemui sasaran. Ini jadi kali pertama Cristiano Ronaldo mengalaminya di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Padahal, dia adalah pencetak gol terbanyak Portugal di ajang ini.

Selain itu, Serbia juga jadi tim kedua yang mengalahkan Portugal di kandang pada partai kualifikasi Piala Dunia dalam 28 tahun terakhir. Terakhir Portugal kalah di kandang dari Denmark pada 2008.

Lalu, bagaimana nasib Portugal kini? Mereka harus melalui play-off. Fase ini akan diikuti 12  tim dari segmen kualifikasi. 

Play-off akan menentukan tiga tim Eropa terakhir yang akan bergabung dengan juara grup di Piala Dunia tahun depan. Pesertanya, 10 runner-up dari grup bersama dengan dua pemenang grup dari UEFA Nations League 2020/2021. 

Tim akan dibagi menjadi tiga jalur, masing-masing berisi empat tim. Masing-masing jalur play-off menampilkan dua semifinal leg tunggal, dan satu final leg tunggal. Kesembilan pertandingan tersebut akan berlangsung pada Maret 2022. 

Selain Portugal, fase ini juga sudah pasti akan diikuti Rusia. Kemudian, Republik Ceko, Skotlandia, Swedia, dan Wales dari jalur kualifiksi. Kemudian Austria dan Makedonia Utara mewakili Nations League. Sementara empat peserta lagi masih menunggu runner-up Grup C, D, G, dan I.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network