Bagaimana Hasilnya? Analisis Data Calon Juara Liga Champions 2021/2022

"Prediksi canggih ini menggunakan hitungan algoritma kompleks."

Analisis | 15 February 2022, 07:22
Bagaimana Hasilnya? Analisis Data Calon Juara Liga Champions 2021/2022

Libero.id - Babak 16 besar Liga Champions segera bergulir. Klub-klub terbaik yang telah lolos dari fase penyisihan grup akan saling bertemu untuk saling menyingkirkan satu sama lain dalam pertandingan yang dihelat kandang-tandang.

Seperti musim-musim sebelumnya, perjalanan untuk mengangkat trofi "Si Kuping Besar" tidak singkat dan mudah. Setiap orang tentu menjagokan klub kesayangannya masing-masing untuk bisa sampai ke puncak dan keluar sebagai kampiun.

Tapi, jauh lebih netral dan ilmiah kalau kita mengetahui klub mana yang kira-kira akan juara, dengan cara melihat data-data yang tersedia. 

Untuk melakukan hal itu, sebuah platform bertajuk Five Thirty Eight mencoba untuk menggunakan analisis data  yang menggunakan algoritma kompleks. Mereka memproyeksikan siapa yang paling mungkin memenangkan kompetisi antarklub bergengsi di Benua Biru tersebut.

Menarik bukan? Benar sekali! Dan, berdasarkan analisis data matematika itu, Manchester City mendapatkan kehormatan untuk berada di puncak tangga.

Tim besutan Pep Guardiola saat ini sedang dalam performa yang impresif. The Citizens memimpin perburuan gelar Liga Premier. Dan, dengan semangat yang sama, tentu saja mereka tidak akan melewatkan kesempatan untuk menjuarai Liga Champions pertama dalam sejarah.

Man City harus menghadapi beberapa perlawanan yang sengit dari klub lain di fase grup. Tapi, ada alasan bagus untukberpikir bahwa mereka akan belajar dari kesalahan masa lalu. Dan, melawan FC Porto di babak 16 besar, di atas kertas seharusnya mudah.

Menariknya, analisis ini akan menjadi bacaan yang mengerikan jika anda adalah penggemar Manchester United. Pasalnya, data menunjukkan The Red Devils akan kesulitan melangkah lebih jauh di Liga Champions. Atletico Madrid diramalkan siap menjegal Cristiano Ronaldo dkk.

Hal yang sama terjadi pada Paris Saint-Germain (PSG) atau Real Madrid. Untuk melaju lebih jauh, keduanya telah terhambat oleh undian ulang UEFA. Pasalnya, PSG akan menjadi lawan Madrid, dan ini seperti final dini.

Namun, terlepas dari itu semua, pada akhirnya, Liga Champions dapat memberikan begitu banyak kejutan, kejutan, dan drama sehingga kita tidak bisa sepenuhnya bergantung pada proyeksi statistik. Apalagi, sepakbola bukan matematika yang hasil akhirnya tidak selalu benar.

Berikut ini peringkat 16 tim calon juara Liga Champions musim ini berdasarkan analisis data:

16. Lille (1%)
15. Sporting Lisbon  (1%)
14. Red Bull Salzburg (1%)
13. Benfica (1%)
12. Juventus (1%)
11. Manchester United (1%)
10. Inter Milan (2%)
9. Villarreal (2%)

8. Atletico Madrid (2%)
7. Paris Saint-Germain (4%)
6. Real Madrid (4%)
5. Chelsea (10%)
4. Ajax Amsterdam (13%)
3. Liverpool (14%)
2. Bayern Muenchen (20%)
1. Manchester City (25%)

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network