Alasan Kenapa Timnas Norwegia Jadi Kekuatan Super, Ada Haaland dan Odeegard

Feature | 03 June 2020, 00:49
Alasan Kenapa Timnas Norwegia Jadi Kekuatan Super, Ada Haaland dan Odeegard

"Selain keduanya juga banyak bintang lainnya. Ini daftarnya."

Libero.id - Norwegia kini menjanjikan dengan generasi baru bakat yang terus berdatangan. Dengan Lars Lagerback sebagai pelatih - yang terkenal membawa Islandia ke perempat final Euro 2016 dengan menyisihkan Inggris - Norwegia bisa menjadi kuda hitam.

Norwegia belum pernah bermain di turnamen besar sejak Euro 2000, di mana sebuah tim beranggotakan Ole Gunnar Solksjaer, Henning Berg dan Tore Andre Flo tersingkir di babak grup.

Sejak itu mereka dipaksa menonton tetangga mereka di Skandinavia - Swedia, Denmark, dan bahkan Islandia - telah menikmati kesuksesan dan pengakuan di panggung internasional.

Tahun ini Norwegia bisa mengubah peta.

Momentum ada bersama mereka menjelang pertandingan play-off melawan Serbia menuju Eurp 2020. Erling Braut Haaland berada dalam kondisi panas termasuk 10 gol di Liga Champions bersama Salzburg dan Dortmund.

Bintang lain adalah Martin Odegaard, playmaker Real Madrid yang saat ini dipinjamkan selama satu musim di Real Sociedad.

Setelah tampil bagus dengan tim Belanda Heerenveen dan Vitesse, pemain berusia 21 tahun itu menghabiskan waktu dua tahun di San Sebastian.

Para ahli statistik mengklaim bahwa ia adalah playmaker terbaik di La Liga musim ini yang terlibat dalam 65% gol Sociedad.

Mereka juga punya striker lain yaitu Alexander Sorloth.

Alexander Sorloth yang saat ini bermain untuk Trabzonspor adalah top skor Liga Super Turki dengan 19 gol dalam 22 kali turun sebagai starter. Pemain yang sedang dipinjamkan oleh Crystal Palace itu memang tidak terlalu bagus ketika bermain di Liga Primer Inggris,tetapi naluri golnya ketika berada di Turki meningkat pesat.

Bahkan gol-gol yang ia ciptakan musim ini berasal dari open play serta positioning yang sangat baik, tidak jarang gol yang ia buat membawa poin penuh untuk klub berjuluk Karadeniz Fırtınası. Melalui kaki kanan, kaki kiri dan kepala, Sorloth bisa memanfaatkan semuanya menjadi gol.

Untuk timnas Norwegia sendiri, Sorloth sudah mengemas 22 caps sejak tahun 2016 lalu dengan mencetak 6 gol, 4 diantaranya ia cetak ketika kualifikasi Piala Eropa 2020. Memiliki tinggi badan 1,95 meter, Sorloth adalah tipikal striker yang ideal, bola atas atau bola bawah tidak menjadi masalah untuknya.

Kemudian ada Erling Haaland. Anak dari pesepakbola Alf-Inge Håland tersebut sekarang menjadi bintang baru di dalam dunia persepakbolaan, bahkan dalam beberapa minggu terakhir namanya selalu menjadi headline di media karena gol-gol yang ia ciptakan. Berbeda dengan ayahnya yang berposisi sebagai bek, Haaland mengambil posisi penyerang sebagai profesi yang ditekuninya.

Selain keduanya striker Joshua King terkenal di antara pengamat Liga Premier  sebagai salah satu penyerang terbaik. Sementara gelandang Sander Berge dikaitkan dengan sejumlah klub besar dan akhirnya pindah ke Sheffield United pada Januari.

Lebih jauh ke belakang, bek Kristoffer Ajer telah tampil gemilang di Celtic dan bek sayap Haitam Aleesami dan Omar Elabdellaoui diketahui solid dan berpengalaman.

Jika timnas Norwegia benar-benar lolos ke fase grup Piala Eropa 2020, maka Top skor Liga Super Turki yang kemudian diduetkan dengan wonder kid yang paling dicari di Eropa akan menghasilkan mesin gol yang berbahaya untuk pertahanan lawan bahkan kemungkinan akan memberikan hasil positif jangka panjang untuk timnas berjuluk Løvene tersebut dalam beberapa tahun ke depan.

  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Komentar

(500 Karakter Tersisa)

Foto

10 Foto Ada Hegerberg, Pemenang Ballon d'Or Wanita Pertama

Klasemen