Kisah Striker Asia Pencetak Gol Terbanyak Dunia Setelah Cristiano Ronaldo

"Rekor dia dihitung untuk pemain yang masih aktif. Bukan Ali Daei, bukan pula Kiatisuk Senamuang."

Feature | 12 June 2020, 15:23
Kisah Striker Asia Pencetak Gol Terbanyak Dunia Setelah Cristiano Ronaldo

Libero.id - Sunil Chhetri adalah satu di antara pemain yang memiliki kontribusi besar terhadap dunia sepak bola, khususnya di India. Pemain yang akrab disapa Captain Fantastic itu sekarang sudah menyentuh umur 35 tahun dan dirinya berulang kali dikabarkan akan pensiun, namun kabar angin itu tak pernah kunjung menjadi kenyataan karena Chhetri ingin kakinya sendiri yang lebih banyak bicara.

Dalam  Facebook Live dengan Federasi Sepak bola India atau yang lebih dikenal dengan All India Football Federation (AIFF), pemain dengan 115 caps bersama timnas India itu angkat bicara soal masa depannya,

"Saya menikmati sepakbola saya dan tidak akan pergi dalam waktu dekat," ujar Chhetri yang mengindikasikan bahwa ia akan terus bermain selama tiga hingga empat tahun lagi.

Pencetak gol terbanyak timnas Blue Tigers itu juga menambahkan bahwa ia tak ingin mematok angka kapan dirinya pensiun,

"Saya tidak ingin memasukkan angka (berapa lama saya akan terus bermain). Tetapi saya menikmati sepakbola saya dan saya tidak akan pergi dalam waktu dekat (pensiun)," lanjut Chhetri dalam obrolan langsung di halaman Facebook tim sepak bola India.

"Saya memberi tahu istri saya bahwa saya merasa sangat bugar. Saya akan menantang Udanta dan Ashique Kuruniyan (baik rekan setim India dan Bengaluru FC) untuk lari cepat. Kecuali seorang Sahal (Abdul Samad) mencetak banyak gol dan mendorong saya jauh (dari tim nasional), saya akan berada di sana, bermain untuk tim "

12 Juni 2005 adalah pertandingan internasioanl pertama Chhetri bersama timnas India, dimana dalam pertandingan tersebut, dirinya berhasil mencetak gol melawan Pakistan yang berakhir dengan skor imbang 1-1 di Quetta.

Sejak itu, ia telah memainkan 115 pertandingan dan mencetak 72 gol. Dia adalah pencetak gol terbanyak internasional kedua di antara pemain yang masih aktif, di belakang mega bintang asal Portugal Cristiano Ronaldo dan di atas maestro Argentina, Lionel Messi.

"Saya beruntung telah bermain 15 tahun untuk negara saya. Ini adalah mimpi, 3-4 tahun lebih mungkin dan itu akan menjadi (hampir) 20 tahun. Siapa yang akan berpikir untuk bermain 20 tahun sehingga saya bisa meraih mimpi.”

Kendati tak mematok angka kapan dirinya pensiun, Chhetri kemungkinan besar tidak dapat bermain di pertandingan Piala Dunia 2022 karena timnas India sendiri dipastikan tidak akan lolos setelah hanya mampu bercokol di posisi ke-4 dalam grup E kualifikasi. Sementara untuk edisi tahun 2026, itu terlalu jauh buat Chhetri.

Bicara soal Piala Dunia 2026, jika dirinya memang tidak bisa bermain, maka ia berharap bisa menjadi penonton India ketika negaranya lolos,

"Saya tidak tahu tentang Piala Dunia 2026. Tetapi saya ingin melihat Thir Anirudh mengirim umpan silang ke Jhingan dan saya ingin menontonnya itu dari tribun penonton,” tutup Chhetri.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network