Sebelum Latih Persib Bandung, Inilah Sederet Rekor Buruk Luis Milla

"5 klub pernah ditangani Milla. Seperti apa persisnya?"

Biografi | 24 August 2022, 13:46
Sebelum Latih Persib Bandung, Inilah Sederet Rekor Buruk Luis Milla

Libero.id - Persib Bandung dengan mantap telah memilih eks pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla sebagai juru taktik baru menggantikan Robert Rene Alberts.
Kedatangan sosok yang pernah memperkuat Barcelona dan Real Madrid itu diumumkan oleh Maung Bandung lewat sosial media, pada Jumat (19/8/) lalu.

Sepanjang sejarah klub yang berdiri pada 1933 (89 tahun) itu, tentunya sudah puluhan pelatih berbagai karakter yang silih berganti menahkodai Persib.

Sementara di sisi lain, Persib Bandung akan menjadi klub keenam bagi Luis Milla dalam karier kepelatihannya.

Di level tim nasional, Milla pernah membawa juara Timnas Spanyol U-21 di ajang Euro U-21 2011 yang diperkuat oleh David de Gea, Juan Mata,Thiago Alcantara, dan lainnya.

Milla juga pernah pernah melatih Timnas Indonesia U-23 (16 besar Asian Games 2018 dan senior ( Medali Perunggu Sea Games 2017).

Kembali ke level klub, sebelum nanti sepenuhnya melatih Persib, menarik untuk melihat bagaimana statistik Luis Milla saat melatih klub-klub sebelumnya. Berikut daftar klub dan statistik yang ditorehkan Legenda sepakbola Spanyol itu.

1. UD Pucol (2006-2007) | Tercera Division

Pengalaman pertama Luis Milla sebagai pelatih dicatatkannya pada musim 2006-2007. Adalah Pucol klub yang berasal dari Valencia, klub kecil itu waktu itu berkompetisi di Tercera Division alias  kasta keempat Liga Spanyol.

Milla tercatat memimpin tim tersebut sebanyak 42 pertandingan dengan rincian 14 kemenangan, 9 kali imbang, dan 19 kali kekalahan.

2. Getafe CF (2007-2008) | La Liga Spanyol

Setelah kontraknya tak diperpanjang, Luis Milla mendapat kesempatan untuk mengembangkan ilmu kepelatihannya  bersama Getafe CF, kali ini sebagai asisten pelatih. Namun itu tetap posisi yang bergengsi mengingat ia menangani klub La Liga Spanyol alias kasta tertinggi.

Kala itu, pelatih kepala Getafe CF adalah rekan satu tim Milla sewaktu masih bermain untuk Barcelona dan Real Madrid yakni Michael Laudrup.

Tercatat mulai Juli 2007 sampai dengan Juni 2008, keduanya membawa Getafe memainkan 59 laga di berbagai ajang, dengan catatan 25 kali menang, 15 laga imbang, dan 19 kali kekalahan. Namun paling tidak Getafe bisa tembus perempat final Piala UEFA yang kini disebut Liga Europa.


(gigih imanadi darma/gie)

Selanjutnya

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network