Kabar Terkini 15 Lulusan Akademi Manchester United yang Diberi Debut Louis van Gaal

"Marcus Rashford dan Jesse Lingard sepertinya harus berterima kasih ke pelatih Belanda itu. Tapi ada juga yang nyasar ke India."

Feature | 27 July 2020, 09:27
Kabar Terkini 15 Lulusan Akademi Manchester United yang Diberi Debut Louis van Gaal

Libero.id - Dua tahun Louis van Gaal melatih tim utama Manchester United, boleh dibilang tak ada yang bisa dibanggakan, kecuali 1 trofi Piala FA musim 2015-2016. Van Gaal mencatat statistik 103 pertandingan dan hanya 54 yang berhasil dimenangi.

Tetapi satu warisan abadi dari laki-laki Belanda di Old Trafford adalah komitmennya terhadap para talenta muda akademi MU.

Marcus Rashford melakukan debutnya di bawah Louis van Gaal dan dia bukan satu-satunya anak muda yang diberi kesempatan oleh pelatih asal Belanda berusia 68 tahun itu. Secara total, ada 15 pemain akademi yang diberikan debut oleh Van Gaal. Ini bukti tak terbantahkan betapa ia punya keseriusan dan tingkat percaya besar kepada para pemain muda.

Setelah tak melatih MU, Louis van Gall memutuskan pensiun, dan inilah jejak atau kondisi terkini 15 pemain muda yang pernah “mencicipi” rumput Old Traffod:

1. Marcus Rashford

Libero.id

Kredit: manutd.com

Sebagaimana yang disinggung, nama pertama adalah bintang MU saat ini, Marcus Rashford. Striker muda Inggris itu, masuk starting line-up dalam pertandingan Liga Eropa melawan Midtjylland. Dia menggantikan tugas Anthony Martial yang kala itu mengalami cedera dalam pemanasan. Kini Rashford justru menjadi rekan tetap Martial di depan, sebagai juru gedor utama MU.

2. Jesse Lingard

Setelah dipinjamkan ke Leicester City, Birmingham City dan Brighton, Van Gaal memilih untuk memberikan kesempatan Lingard dalam debutnya melawan Swansea pada 2014. Sayangnya, niat baik Van Gaal tidak berjalan sesuai rencana, Lingard mengalami cedera dalam pertandingan itu dan United kalah 1-2.
Ketika ia kembali dari cederanya, Lingard dipinjamkan separuh musim ke Derby County dan kembali ke United. Sampai sekarang Lingard masih terus berjuang untuk tampil pada level yang konsisten.

3. Andreas Pereira

Libero.id

Kredit: manutd.com

Pemain tengah bernama Andreas Pereira ini memainkan pertandingan awalnya di United pada pertengahan Maret 2015, saat menghadapi Tottenham. Bersama Van Gaal ia tampil sebanyak 13 kali, sebelum akhirnya berpindah-pindah dalam status pemain pinjaman.

Pemain Brasil ini pernah dipinjamkan ke Granada dan Valencia. Saat ini Pereira berada di Old Traffod lagi dan beberapa kali jadi pilihan Ole meskipun dia tidak bermain reguler sebagai starting line-up.

4. Timothy Fosu-Mensah

Libero.id

Fosu Mensah

Sejauh ini riwayat bermain Fosu-Mensah adalah 22 pertandingan, dan 10 di antaranya didapat berkat kepercayaan Van Gaal kepadanya. Namun Fosu-Mensah harus terima nasib ketika Jose Mourinho mengambil alih klub. Dia kemudian dipinjamkan agar mendapat pengalaman lebih, dua tahun terakhir Fosu-Mensah membela Crystal Palace pada 2017/18 dan Fulham setelahnya.

Cedera ligamen membuat Fosu-Mensah harus absen selama 12 bulan, tetapi dia baru berusia 22 tahun. Jalan pemain Belanda itu masih panjang di United.

5. Cameron Borthwick-Jackson

Libero.id

Kredit: manutd.com

Man United memberi Borthwick-Jackson kontrak jangka panjang setelah ia membuat 14 penampilan mengesankan di tim utama pada musim 2015/16, tetapi perkembangannya terhenti sejak itu.

Ia lalu dipinjamkan ke Wolves, Leeds United dan Tranmere, dan yang terbaru ia dipinjamkan ke Oldham Athletic pada musim panas ini.

6. Saidy Janko

Satu-satunya pengalaman bermain Saidy Janko di tim utama Man United, adalah pada saat Setan Merah mengalami kekalahan memalukan 0-4 dari MK Dons di Piala Liga.

Janko yang bermain buruk, diganti di babak pertama. Pemain berposisi bek kanan ini lalu dipinjamkan ke Nottingham Forest and Young Boys pada tahun 2018.

7. Guillermo Varela

Libero.id

Guillermo Varela

Varela sebenarnya pemain pertama yang dibeli oleh David Moyes dari klub Uruguay, Penarol. Tetapi bek sayap itu harus menunggu sampai Van Gaal tiba untuk melakukan debutnya. Varela membuat 11 penampilan di musim terakhir Van Gaal melatih. Tahun-tahun berikutnya Varela dipinjamkan ke klub Jerman, salah satunya ke Eintracht Frankfurt, dan Sekarang pesepakbola 27 itu bermain untuk FC Copenhagen.

8. Paddy McNair

Berikutnya adalah Paddy McNair, pemain jebolan akademi yang menghabiskan 12 tahun bersama Man United ini dimainkan sebanyak 27 kali oleh Louis Van Gaal. Setelah meninggalkan Setan Merah, McNair diangkut oleh Moyes ke Sunderland pada 2016 dan bergabung dengan Middlesbrough pada musim 2018.

9. Tom Thorpe

Tom Thorpe hanya memainkan satu penampilan untuk Setan Merah lalu mencoba peruntungan di Birmingham, Rotherham, Bradford dan Bolton. Pemain 27 tahun asal kini berstatus  tanpa klub, sejak meninggalkan klub Liga Super India, ATK dua tahun lalu.

10. Tyler Blackett

Libero.id

Kredit: express.co.uk

Blackett bermain 12 kali untuk United di 2014/15 lalu musim berikutnya dipinjamkan dengan harapan menambah pengalaman lebih banyak bersama Celtic. Namun ternyata itu tak sejalan dengan niat, Blackett terbukti tidak produktif bersama Celtic, dan Blackett harus  dijual ke Reading pada musim 2016.

11. Reece James

Reece James menjalani debutnya bersamaan dengan Janko, saat MU harus dipermalukan 0-4 oleh MK Dons. Dia menyelesaikan masa peminjaman di Carlisle, Rotherham dan Huddersfield sebelum bergabung dengan Wigan dengan kontrak permanen pada 2015. James sekarang bermain untuk Doncaster Rovers setelah menghabiskan musim 2018/19 di Sunderland.

12. Donald Love

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Donald Love memainkan 2 laga di bawah asuhan Van Gaal,  setelahnya memilih bergabung bersama mantan pelatih MU lainnya yakni David Moyes di Sunderland pada 2016.

Dia adalah bagian dari tim Sunderland yang harus merasakan degradasi lalu setahun berselang kembali ke Liga Premier. Pada paruh musim 2019, Donald Love mencetak gol bunuh diri melawan Liverpool di Piala FA.

13. Regan Poole

Poole adalah pemain pengganti terakhir yang dimainkan oleh Van Gaal dalam kemenangan atas Midtjylland dan itu  menjadi satu-satunya penampilan Poole untuk Setan Merah. Bek tengah Wales itu sekarang bermain di League One untuk Milton Keynes Dons

14. James Weir

Libero.id

Kredit: express.co.uk

Debut seorang James Weir adalah kata lain dari pertama dan terakhir, ya, Weir hanya memainkan satu laga untuk United. Kemudian Weir menandatangani kontrak dengan Hull City pada tahun 2016,setelah melewati serangkaian cedera, James Weir lalu bergabung dengan Bolton pada  2019. Kontrak pemain berusia 24 tahun itu berakhir pada Januari 2020 dan ia telah mencapai kesepakatan dengan  klub Slovakia Pohronie.

15. Joe Riley

Nama terakhir adalah Joe Riley, ia memainkan dua penampilan untuk United dalam waktu empat hari pada musim 2016, termasuk dalam kemenangan 5-1 atas Midtjylland.

Anak muda itu sayangnya harus mengalami cedera, dan cedera itulah yang memotong masa peminjamannya di Sheffield United pada tahun 2017.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network