19 Pemain Chelsea yang Diangkut dari Klub Ligue 1, Hobi atau Cari Murah?

"Nyaris semuanya adalah superstar. Nama besar terbaru adalah Thiago Silva."

Feature | 29 August 2020, 02:07
19 Pemain Chelsea yang Diangkut dari Klub Ligue 1, Hobi atau Cari Murah?

Libero.id - Chelsea punya hubungan yang sangat dekat dengan klub-klub Ligue 1. The Blues termasuk tim Premier League yang sangat rajin mendatangkan pesepakbola dari Negeri Mode, baik produk lokal maupun pemain asing.

Kualitas yang bagus dan harga yang sesuai kantong menjadi alasan para alumnus Ligue 1 banyak diminati klub-klub Premier League, termasuk Chelsea. Pemain-pemain tersebut ada yang sukses di London Barat, tapi tidak sedikit yang harus terbuang. Beberapa diantaranya sanggup menjadi Legenda di Stamford Bridge dan dikenang hingga hari ini.

Untuk musim ini, Chelsea dirumorkan akan mendatangkan Thiago Silva dari Paris Saint-Germain. Bek asal Brasil itu berstatus free agent setelah kontrak kerja di Parc des Princes tidak diperpanjang. Jika semuanya lancar, Thiago akan mengikuti jejak 19 pemain Ligue 1 yang pernah dan sedang merumput di Chelsea.

Berikut ini 19 pemain lulusan Ligue 1 yang terbang ke Inggris untuk membela The Blues:

1. Tiemoue Bakayoko

Libero.id

Kredit: chelseafc.com

Bakayoko menyelesaikan kepindahan 40 juta pounds ke Chelsea pada 2017 setelah membantu AS Monaco memenangkan gelar Ligue 1 dan mencapai semifinal Liga Champions. Berposisi di lini tengah, Bakayoko dianggap sebagai pemain yang bagus pada eranya.

Sayang, Bakayoko gagal untuk membenarkan label harga mahalnya. Dia tidak mampu bersinar dan harus menghabiskan dua musim terakhir dengan status pinjaman di AC Milan serta Monaco. Kemungkinan besar, Chelsea akan melepas Bakayoko pada transfer window musim panas ini.

2. David Luiz

Chelsea menjual Luiz ke PSG pada 2014. Tapi, Antonio Conte memutuskan untuk membawa bek asal Brasil tersebut kembali ke Stamford Bridge, dua tahun kemudian. Mantan pemain Benfica itu adalah sosok yang sangat tangguh sepanjang 2016/2017. Di periode kedua bersama The Blues, Luiz memenangkan Premier League, Piala FA, dan Liga Eropa.

3. Michy Batshuayi

Batshuayi bergabung dengan Chelsea seharga 33 juta pounds dari Olympique Marseille pada 2016 dan dianggap sebagai salah satu striker muda top Eropa ketika itu. Pemain internasional Belgia itu ikut membantu Chelsea menjuarai Premier League 2016/2017. Tapi, dia gagal membuktikan dirinya sebagai pemain reguler tim utama. Selama di London Barat, dia mencetak 25 gol dalam 77 penampilan. Batshuayi sudah beberapa kali dipinjamkan ke klub lain.

4. Radamel Falcao Garcia

Libero.id

Kredit: chelseafc.com

Setelah musim yang buruk dengan status pinjaman di Manchester United, Falcao kembali ke klub asalnya, Monaco. Ternyata, Chelsea juga berminat mengontrak Falcao. Dia bergabung ke Stamford Bridge dengan status pinjaman selama satu musim dari Monaco. Hasilnya, sang striker hanya mencetak 1 gol dalam 12 penampilan untuk klub pada 2015/2016.

5. Papy Djilobodji

Setelah gagal merekrut John Stones pada 2015, Chelsea panik dan memutuskan untuk mendatangkan pemain yang relatif tidak dikenal dari FC Nantes pada hari terakhir transfer window.  Berposisi sebagai, Djilobodji ternyata hanya membuat satu penampilan sebagai pemain cadangan saat Chelsea melawan Walsall. Setelah itu, dia dipinjamkan pada musim dingin dan dijual pada musim panas 2016.

6. Kurt Zouma

Zouma datang dari Akademi Saint-Etienne. Sebelum memilih Chelsea pada Januari 2014 dengan 12 juta pounds, Zouma sempat dikaitkan dengan beberapa klub besar Eropa. Awalnya, Zouma tidak terlalu bagus karena sering cedera. Dia juga sempat dipinjamkan ke Stoke City dan Everton. Tapi, di era Frank Lampard, Zouma justru menjadi pemain reguler tim utama.

7. Cesar Azpilicueta

Azpilicueta tiba di Chelsea dari Marseille pada musim panas 2012. Bek serba bisa ini telah menjadi andalan bagi The Blues selama delapan tahun terakhir. Dia mampu mencatatkan lebih dari 350 penampilan di semua kompetisi. Yang terpenting, dia juga berkembang menjadi pemain yang tangguh di Premier League.

8. Eden Hazard

Libero.id

Kredit: losc.fr

Hazard pertama kali menarik perhatian dunia melalui penampilan yang memukau di Lille. Lalu, Chelsea datang dan berhasil mengalahkan Manchester United serta Manchester City untuk mendapatkan tanda tangan Hazard pada 2012. Pemain internasional Belgia itu kemudian berkembang menjadi salah satu pesepakbola terbaik di Eropa. Dia membantu The Blues memenangkan 2 gelar Premier League, 2 Liga Eropa, dan 1 Piala FA. Hazard bermain 7 tahun di Stamford Bridge.

9. Florent Malouda

Setelah memenangkan empat gelar Ligue 1 berturut-turut bersama Olympique Lyon, Malouda menyelesaikan kepindahan ke Chelsea pada 2007 senilai 13 juta pounds. Pemain sayap itu menghabiskan enam musim di Stamford Bridge yang gemilang. Malouda mambantu The Blues memenangkan 1 gelar Premier League, 3 Piala FA, dan 1 Liga Champions.

10. Michael Essien

Chelsea memecahkan rekor transfer internal untuk mengamankan tanda tangan Essien pada 2005. Nilai transfernya dari Olympique Lyon senilai 24,4 juta pounds. Pemain internasional Ghana itu menjadi bagian dari trio lini tengah yang luar biasa bersama Claude Makelele dan Frank Lampard. Dia membantu klub memenangkan gelar Premier League berturut-turut pada 2005/2006 dan 2006/2007. Dia membuat lebih dari 250 penampilan selama 8,5 tahun di Chesea sebelum bergabung dengan AC Milan pada 2014 dan sempat mencicipi bermain di Persib Bandung.

11. Didier Drogba

Libero.id

Didier Drogba

Drogba? Tidak perlu dijelaskan lagi sumbangsihnya untuk Chelsea. Prestasinya sudah menjadi rahasia umum. Yang perlu diketahui adalah pemain Pantai Gading itu datang ke London Barat dari Marseille pada 2004 dengan mahar 24 juta pounds.

12. Petr Cech

Libero.id

Petr Cech

Sama seperti Drogba, tidak ada yang perlu dijabarkan dari sepak terjang Cech bersama Chelsea. Hampir semua piala dia persembahkan untuk Roman Abramovich. Yang perlu diketahui suporter adalah Cech bergabung ke Chelsea dari Rennes dengan biaya 7 juta pounds pada 2004.

13. Alexei Smertin

Didatangkan seharga 3,45 juta pounds dari Girondins de Bordeaux pada 2003 oleh Claudio Ranieri, Smertin menghabiskan musim pertamanya dengan status pinjaman di Portsmouth. Gelandang itu berjuang sangat keras untuk berusaha mendapatkan satu tempat tim utama arahan Jose Mourinho. Sayang, dia gagal dan akhirnya dijual ke Dynamo Moscow pada 2006.

14. Jean-Yves Anis

Anis bergabung dengan Chelsea dari Rennes pada 2002. Tapi, meninggalkan London Barat 12 bulan kemudian setelah gagal tampil satu kali pun untuk tim senior. Adaptasi yang buruk plus perbedaan kompetisi membuat bek asal Pantai Gading tersebut harus menyingkir ke Partick Thistle di Liga Skotlandia.

15. William Gallas

Libero.id

Kredit: premierleaue.com

Gallas memulai karier bersama tim cadangan Caen sebelum bergabung dengan Marseille untuk selanjutnya mencicipi Liga Champions. Tampil bagus di Stade Velodrome, Gallas kemudian bergabung dengan Chelsea lewat transfer 6,2 juta pounds pada 2001. Setelah mempersembahkan beberapa piala, Gallas memutuskan pindah ke Arsenal. Uniknya, sebagai bek, Gallas justru mengenakan nomor punggung 10 warisan Dennis Bergkamp.

16. Pierre Issa

Menjadi anggota skuad Marseille yang dikalahkan Parma di final Piala UEFA 1998/1999, Issa kemudian dipinjam Chelsea pada 2001. Tapi, pemain asal Afrika Selatan yang berposisi sebagai bek tengah tersebut gagal membuat satu pun penampilan kompetitif untuk The Blues. Issa lalu pindah ke Watford pada 2001. Di tempat itu, dia juga tidak mampu menampilkan permainan yang bagus sehingga terlempar dari sepakbola Eropa untuk merumput di Lebanon.

17. Laurent Charvet

Sebelum Roman Abramovich datang, Chelsea lebih sering meminjam pemain. Contohnya, Chavert. Berposisi sebagai fullback kanan, Charvert dipinjam The Blues dari Cannes pada 1998. Dia sempat bermain 11 kali untuk Chelsea dan mencetak gol dalam kekalahan melawan West Ham United serta Leeds United. Chavert juga menjadi pemain cadangan yang tidak tampil saat final Piala Winners kontra VfB Stuttgart. Setelah itu, dia bermain untuk Newcastle United dan Manchester City.

18. Bernard Lambourde

Di datangkan dari Bordeaux, Lambourde bermain selama 4 tahun di Chelsea. Dia juga sempat dipinjaman ke Portsmouth. Defender kelahiran Guadeloupe itu duduk di bench ketika The Blues memenangkan Piala Super Eropa 1998 dan Charity Shield 2000. Dari London Barat, Lambourde kembali ke Ligue 1 membela Bastia.

19. Frank Leboeuf

Libero.id

Kredit: twitter.com/chelseaFC

Leboeuf adalah sosok populer di Stamford Bridge. Bek asal Prancis tersebut membuat lebih dari 200 penampilan selama lima musim di klub London Barat tersebut. Dia menyumbang 24 gol dari lini belakang, mengambil lebih dari 20 penalti, dan memberikan beberapa trofi penting. Setelah puas di Chelsea, Leboeuf kembali ke Prancis membela Marseille sebelum mengasingkan diri di Timur Tengah.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network